3 Cara Membantu Siswa Anda Berhasil dalam Tes

Cara belajar membuat catatan yang akan menolong siswa selalu berhasil dalam ulangan mereka. Memang artikel ini tidak lengkap, tetapi cukup untuk mengawali cara belajar yang efektif.

965 views   |   2 shares
  • Apakah demi kebaikan atau keburukan, tes telah menjadi bagian penting dalam lingkungan akademis. Penerimaan mahasiswa hampir tidak mungkin tanpa kemampuan tersebut. Ini menimbulkan kekhawatiran ketika hal tersebut menentukan keberhasilan akademis anak-anak kita. Bagaimana kita membantu anak-anak kita menjadi terpil dalam mengikuti tes?

  • Sebagai seorang guru, saya tidak memiliki banyak waktu untuk setiap siswa kecuali mereka memilih menemui saya sebelum atau sesudah sekolah. Namun demikian, ada banyak cara mengambil tes yang dapat Anda ajarkan kepada anak-anak Anda yang akan membantu memperbaiki nilai mereka. Cara satu-satunya untuk benar-benar memastikan keberhasilan anak Anda adalah membantu mereka mengembangkan kemampuan belajar yang memberi mereka kemampuan lebih untuk tes mereka.

  • Menyaring informasi

  • Para siswa dihujani oleh informasi yang tak terkira banyaknya dari para guru, buku teks dan sumber-sumber lain. Untuk pelajar baru hal tersebut merupakan sesuatu yang sulit dipahami. Mereka mungkin tidak mampu menentukan mana informasi yang penting. Langkah pertama dalam belajar secara efektif adalah menentukan apa yang paling penting.

  • Sumber yang paling dapat diandalkan adalah guru. Penuntun belajar adalah sumber yang menentukan informasi apa yang paling penting dan dapat dengan mudah diperoleh di internet. Sekolah memiliki seperangkat standar untuk masing-masing bahan yang tertulis tentang apa yang diharap agar dipelajari oleh siswa. Periksalah standar tersebut untuk mengetahui apa yang diharapkan dari siswa.

  • Membuat catatan

  • Banyak siswa tidak memahami pentingnya membuat catatan. Namun demikian, membuat catatan yang baik adalah suatu langkah belajar yang baik dan penting. Catatan akan memberi sebuah kerangka untuk dipelajari. Catatan juga membantu siswa memahami apa yang penting dalam pandangan guru dan buku teks dan seringkali memberi sebuah pemahaman tentang apa yang mungkin keluar di ulangan.

  • Ada banyak tehnik membuat catatan yang dapat ditemukan di internet. Cara tersebut biasanya mengikuti dua format: garis besar dan pemetaan. Garis besar lebih banyak tentang metoda linear pengorganisasian catatan. Metoda ini paling banyak digunakan siswa sebab metoda ini cepat dan mudah ketika membuat catatan di kelas. Namun demikian, metoda ini tidak baik untuk penyerapan informasi.

  • Sebaliknya, pemetaan menggunakan cara alami otak untuk mengingat. Daripada pendekatan garis besar linear, pemetaan menggunakan pola radial, yang dimulai dari kunci kata/kalimat yang dikembangkan menjadi cabang-cabang ide hingga ke anak cabang. Pemetaan juga menggunakan gambaran secara visual tentang informasi yang enak dan lebih lama dapat diingat. Cara tersebut membutuhkan beberapa latihan, tetapi siswa yang mahir menggunakan pemetaan dapat meningkatkan daya resap yang berarti. Pada awalnya siswa akan membuat catatan garis besar di kelas, kemudian dipindahkan menjadi bentuk pemetaan ketika sedang belajar. Pemetaan adalah sejenis teknik membuat catatan yang digunakan istri saya dan saya untuk mengajar anak-anak di rumah.

  • Advertisement
  • Menghafal

  • Cara menghafal informasi yang paling sederhana adalah mengulang-ulang, di mana siswa membaca catatan beberapa kali sebelum ulangan. Sementara metoda ini baik untuk banyak siswa, baru-baru ini studi menyarankan tehnik lain yang lebih efektif dalam membantu siswa menghafal informasi yang disebut . Dalam metoda ini, siswa tidak hanya mengulang-ulang informasi, tetapi juga membuat kuis sendiri yang mirip dengan bahan dalam tes. Siswa yang menggunakan dapat meningkatkan cara menghafal mereka secara signifikan.

  • Ada banyak cara ini. Banyak penuntun belajar yang menyajikan latihan tes yang dapat digunakan. Jika latihan tersebut tidak ada, siswa dapat menuliskan informasinya di atas kartu indeks disertai sebuah pertanyaan tentang informasinya. Mereka dapat mengulangnya lewat kartu-kartu tersebut, menjawab setiap pertanyaan dan menyisihkan kartu indeks yang tidak berhasil dijawabnya untuk diulang kembali pada saat berikutnya. Metoda ini tidak hanya membantu mereka menentukan informasi apa yang sulit buat mereka untuk diingat, tetapi juga dapat membantu siswa merasa yakin ketika sedang ulangan, karena telah berpengalaman dengan pertanyaan yang sama. Sebagai seorang guru, saya telah mengajarkan metoda kartu indeks ini berkali-kali kepada siswa yang mengalami kesulitan dengan ulangan di masa lampaunya dan mereka dapat berhasil.

  • Ketika ulangan tiba, siswa akan kurang stresnya dan lebih pasti untuk berhasil jika kebiasaan belajar yang baik ini diterapkan. Yang lebih penting daripada sekadar lulus testing, para siswa akan memperoleh kemampuan yang dibutuhkan untuk belajar, mengorganisasi dan menggunakan informasi, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan untuk lingkungan kerja zaman sekarang.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli “3 Ways to help your student ace a test” karya Sean Fletcher.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Sean Fletcher is an educator and writer. He is also a devoted husband and father of five. Contact him at seanwfletcher@hotmail.com

3 Cara Membantu Siswa Anda Berhasil dalam Tes

Cara belajar membuat catatan yang akan menolong siswa selalu berhasil dalam ulangan mereka. Memang artikel ini tidak lengkap, tetapi cukup untuk mengawali cara belajar yang efektif.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr