Belajar untuk menyayangi orang yang tidak menyenangkan

Tak perlu diragukan, menunjukkan cinta satu sama lain, bisa jadi hal terindah dalam interaksi antar manusia. Namun hal ini akan terasa amat berat jika dilakukan pada orang yang menyebalkan. Tulisan berikut akan membantu kita menjalani tantangan ini.

2,340 views   |   79 shares
  • Merupakan hal yang wajar jika mendengar keluhan seseorang, yang membenci orang lain karena ia merasa tidak disayangi. Memang ada beberapa orang yang terlalu keji untuk menerima kebaikan atau kasih sayang dari orang lain di sekitarnya. Namun hal ini sebetulnya menarik, sebab di sinilah cinta memberikan tantangan agar kita mampu mengatasinya.

  • Mencintai seseorang yang juga mengasihi Anda, adalah hal biasa. Memang seharusnya begitu. Tetapi cinta yang sebenarnya adalah tetap menyayangi orang yang tidak menyenangkan dan bahkan menunjukkan kebencian pada Anda. Ini adalah cinta yang paling baik untuk dilakukan. Tidak mudah, memang, melakukan perbuatan baik ini sebab butuh kekuatan hati untuk tetap menunjukkan cinta pada tipe orang seperti itu.

  • Rasanya setiap agama mengajarkan untuk melakukan perbuatan tersebut, bahkan memberikan ganjaran yang amat tinggi bagi mereka yang mampu mengamalkannya. Tetap berprilaku baik dan mencintai orang yang, sebetulnya, wajar saja jika dibenci. Ide-ide berikut ini telah terbukti akan membantu Anda melakukannya:

  • Kita harus benar-benar mengerti, arti cinta yang sebenarnya

  • Cinta memiliki begitu banyak pengertian, di dalamnya ada beberapa elemen yang perlu dilakukan, yakni: tidak bersyarat, tidak egois, dan penuh kebajikan. Siapa pun yang mencintai seseorang harus menunjukkan kasih sayang tanpa syarat dan tak hanya memikirkan diri sendiri, agar bisa memenuhi syarat kebaikan. Tentunya harus lengkap dengan ketulusan dan tidak mencari keuntungan materi apa pun. Menunjukkan cinta kepada seseorang dan hanya mengharapkan keuntungan berupa rasa bahagia di hati karena telah melakukan kebaikan. Cinta sejati amat tulus, tidak egois dan tidak pernah bersyarat.

  • Kita harus memiliki hati yang mudah memaafkan

  • Cinta yang penuh pengertian akan mengantarkan Anda, ke tahapan; menunjukkan cinta lewat perbuatan. Inilah yang dinamakan; mewujudkan kebajikan. Dan poin pertama dari tindakan ini adalah, hati yang mudah memaafkan.

  • Di tahap ini, ingatlah bahwa orang yang membenci Anda akan selalu menemukan kesempatan dari hal terkecil, untuk menyakiti Anda, tanpa merasa bersalah. Maka, berurusan dengan orang yang seperti itu membutuhkan hati yang amat besar. Memiliki hati yang senantiasa penuh maaf, diperlukan agar mampu menemukan jalan apa pun untuk memaafkan siapa pun yang menyakiti kita dan melakukan cara untuk melawan kejahatan.

  • Tidak mudah, tentunya. Namun tetap berbuat baik adalah cara terbaik dalam merespons tindakan jahat dalam bentuk apa pun. Penulis terkenal di Abad ke-19, Henry Wheeler Shaw pernah mengatakan "Tidak ada balas dendam yang lebih baik dari memaafkan". Meski ada dorongan yang begitu besar dalam hati untuk membalas perbuatan buruk itu, ingatlah bahwa memaafkan merupakan satu-satunya jawaban. Musuh Anda pun akan merasa terusik, jika Anda tetap berbuat baik meski ia telah menjahati Anda.

  • Advertisement
  • Kita harus memiliki kesabaran tanpa batas

  • Membalas perbuatan keji dan mengganggu dengan kasih sayang, pasti akan menyebabkan penderitaan yang berlangsung lama pada kita. Tetapi kisah sejati dari kesabaran sesungguhnya amat menarik: rasa sabar adalah tindakan berupa menghormati dan mengagumi, dan setiap kali kita memaafkan seseorang yang telah menyakiti kita, justru akan menumbuhkan bahkan meningkatkan kekuatan dalam diri sendiri.

  • Menunjukkan kesabaran harus terus dijaga dalam keseharian. Dengan cara inilah, kita bisa terus menunjukkan cinta kepada orang yang tidak pernah berbuat baik pada kita. Benjamin Franklin pernah mengatakan, "Ia yang memiliki banyak kesabaran, akan mendapatkan setiap keinginannya". Karenanya, orang yang gagal dalam mempertahankan kesabaran, juga akan gagal menunjukkan cinta kepada orang lain yang menyakitinya.

  • Hindari tindakan-tindakan yang menyalakan kebencian

  • Perilaku jahat dari orang yang tidak menyenangkan, seringkali dilakukan tanpa alasan. Bagaimanapun, kita harus melakukan perbuatan terbaik yang dapat meminimalisir, bahkan menghilangkan tindakan yang akan memancing mereka melakukan hal buruk itu. Contohnya, jika Anda tinggal satu rumah dengan si menyebalkan, dan harus bersaing memperebutkan kamar mandi setiap jam 6 pagi. Kalau Anda sudah tahu bahwa kejadian ini akan memancing keributan satu sama lain, ubahlah jam mandi Anda. Hindari masalah, sebisa mungkin. Ini bukan tanda bahwa Anda lebih lemah. Ini justru menandakan Anda lebih kuat.

  • Mencintai seseorang yang tidak mencintai Anda membutuhkan begitu banyak kekuatan hati. karena itulah, Mahatma Gandhi, pernah berkata, "Seorang pengecut tidak memiliki kemampuan untuk menunjukkan cinta; itu adalah tindakan si pemberani." Jika kita berhasil menunjukkan cinta kepada orang yang menyebalkan, kebahagiaan terbesar sudah dihadiahi pada kita.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Yasmina Hasni dari artikel asli "Learning to love an unloveable person" karya Michael Ohene Aboagye.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Michael Ohene Aboagye lives in Accra,Ghana. He holds a BA degree in communications from the prestigious Ghana Institute of Journalism.

Belajar untuk menyayangi orang yang tidak menyenangkan

Tak perlu diragukan, menunjukkan cinta satu sama lain, bisa jadi hal terindah dalam interaksi antar manusia. Namun hal ini akan terasa amat berat jika dilakukan pada orang yang menyebalkan. Tulisan berikut akan membantu kita menjalani tantangan ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr