5 pilihan olahraga untuk menjaga kebugaran ibu hamil

Menurut Maharsi Patanjali, bapak dari yoga, berlatih yoga setiap hari dapat membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan, di antaranya mampu membuat tubuh mencapai relaksasi dan kebugaran secara fisik serta pikiran.

318 views   |   0 shares
  • Hamil bukan alasan bagi ibu untuk malas berolahraga – sebab rutin berolahraga mampu meningkatkan kebugaran fisik serta kesehatan janin yang di kandung. Hal ini didukung sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Elise Labonte-LeMoyne, Ph.D, seorang ahli kinesiologi dari University of Montreal yang mengatakan, "Olahraga selama masa kehamilan memberikan banyak manfaat kesehatan bagi ibu dan anak. Terutama pada usia 10 hari setelah dilahirkan, anak cenderung memiliki tingkat perkembangan otak yang jauh lebih optimal jika dibandingkan dengan ibu yang tidak pernah melakukan olahraga sama sekali."

  • Elise mencoba menawarkan lima olahraga yang cocok dilakukan selama masa kehamilan seperti dikutip dari laman Boldsky.com, seperti berikut ini:

  • Jalan kaki

  • Beberapa wanita mungkin merasa khawatir kaki akan menjadi bengkak jika terlalu lama berjalan. Namun, menurut Elise, di usia kandungan 0-24 minggu olahraga jalan kaki adalah cara paling mudah yang bisa dilakukan oleh setiap ibu hamil untuk melatih fisiknya agar selalu bugar.

  • Pilates

  • Seorang instruktur pilates, Shalini Bhargava menjelaskan, pilates dapat membantu mengurangi ras sakit akibat kram otot perut saat terjadi kontraksi. Tidak hanya itu, pilates juga dapat membuat ibu tetap merasa rileks saat menghadapi proses persalinan.

  • Senam kegel

  • Senam kegel pertama kali dikembangkan pada tahun 1950-an oleh seorang dokter spesialis kebidanan dan penyakit kadungan, Dr. Arnold Kegel. Senam kegel memiliki manfaat untuk melatih otot dasar panggul, menguatkan uretra, kandung kemih, rahim dan dubur. Latar belakang diciptakannya senam kegel sendiri berawal dari rasa prihatin Dr. Arnold Kegel melihat banyaknya wanita tidak mampu menahan keluarnya air seni ketika menghadapi proses persalinan.

  • Senam Yoga

  • Menurut Maharsi Patanjali, bapak dari yoga, berlatih yoga setiap hari dapat membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan, di antaranya mampu membuat tubuh mencapai relaksasi dan kebugaran secara fisik serta pikiran. Tidak hanya itu, berlatih yoga dapat membawa kedamaian dan keseimbangan dalam batin seseorang, sehingga bisa terhindar dari segala bentuk kekhawatiran duniawi.

  • Renang

  • Renang merupakan olah raga paling minim cedera karena semua berat badan ditahan oleh air. Oleh karena itu, selama masa kehamilan ibu hamil sangat disarankan untuk melakukan olahraga ini minimal seminggu sekali agar kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga. Namun demikian, berenang tetap memiliki resiko, sehingga sebaiknya Anda meminta bantuan dari instruktur berpengalaman untuk memastikan Anda aman selama melakukan kegiatan tersebut.

  • Advertisement
  • Menjaga kebugaran tubuh selama masa kehamilan adalah sangat penting karena berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan ibu dan juga janin yang dikandung. Namun nyatanya masih banyak ibu hamil malas beraktivitas, mereka justru memilih berdiam diri di rumah tanpa mau melakukan aktivitas fisik sama sekali. Mulailah coba berusaha memperbanyak aktivitas fisik dengan berolahraga yang sudah disarankan di atas agar kehamilan Anda bisa berjalan dengan baik hingga proses persalinan nanti.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

5 pilihan olahraga untuk menjaga kebugaran ibu hamil

Menurut Maharsi Patanjali, bapak dari yoga, berlatih yoga setiap hari dapat membawa sejumlah manfaat bagi kesehatan, di antaranya mampu membuat tubuh mencapai relaksasi dan kebugaran secara fisik serta pikiran.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr