Pentingnya medical check up untuk balita Anda

Medical check up pada balita Anda merupakan suatu langkah penting untuk memastikan ia tumbuh dan berkembang sesuai dengan periode usianya. Lakukan secara rutin setiap tahun dan jangan menundanya hingga saat anak Anda sudah terlanjur sakit.

1,055 views   |   11 shares
  • Bagi sebagian masyarakat, mereka belum menyadari pentingnya medical check up. Hal ini dikarenakan biaya yang tidak sedikit untuk pemeriksaan tubuh secara menyeluruh, tak jarang pula ada yang melakukan medical check up di saat mereka sudah divonis memiliki penyakit tertentu. Keadaan ini merupakan situasi yang banyak dialami baik orang dewasa atau lansia, tapi tahukah Anda jika medical check up secara berkala juga perlu dilakukan untuk si kecil?

  • Medical check up pada balita Anda merupakan suatu langkah penting untuk memastikan ia tumbuh dan berkembang sesuai dengan periode usianya. Prosedur medical check up untuk balita diawali dengan tanya jawab sekitar kesehariannya seperti perilaku, kemampuan motorik, pola tidur, pola makan hingga kemampuannya untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

  • Selanjutnya tanya jawab akan membahas tentang riwayat kesehatan baik kesehatan si kecil maupun keluarganya, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui adanya penyakit yang memiliki kemungkinan diturunkan kepada si kecil seperti asma atau alergi sehingga penanganan dan pengobatan dapat Anda lakukan sesegera mungkin. Setelah itu berlanjut pada pemeriksaan fisik seperti mata, gigi, dan lain – lain.

  • Sebenarnya saat lahir hingga umur 5 hari, bayi sudah menjalani medical check up yang bersifat screening, hal ini dilakukan untuk mendeteksi penyakit atau kelainan bawaan, contohnya hipoteroid yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada otak bayi. Selanjutnya bayi akan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin bersamaan dengan imunisasi wajib hingga ia berumur 18 bulan.

  • Saat periode pemberian imunisasi, dokter akan melakukan pengukuran tinggi, berat badan, lingkar kepala dan akan membandingkannya dengan grafik untuk memastikan apakah perkembangan anak Anda masih dalam batas grafik pertumbuhan bayi yang normal atau tidak.

  • Setelah imunisasi wajib selesai, medical check up sebaiknya dilakukan setiap tahun sesuai dengan periode umur si kecil. Secara umum, saat bayi Anda akan memasuki usia 1 tahun hingga 3 tahun, ia akan menjalani tes laboratorium berupa pemeriksaan hematologi untuk mendeteksi gangguan anemia dan pemeriksaan urine, fungsi hati, dan ginjal. Memasuki usia pra - sekolah, umur 3 - 5 tahun, pemeriksaan mencakup kondisi nutrisi, saluran cerna, mata, telinga - hidung - tengggorokan (THT), pemeriksaan darah dan radiologi.

  • Jika anda bingung saat ingin memulai medical check up untuk si kecil, Anda bisa survey ke beberapa rumah sakit, pilihlah rumah sakit yang memiliki Pusat Tumbuh Kembang Anak. Mintalah jadwal untuk konsultasi kondisi anak Anda dengan dokter spesialis anak dan mintalah untuk didampingi psikolog untuk melihat perilaku dan psikologis anak. Ciptakan suasana yang menyenangkan untuk si kecil, misalnya sambil bermain dan berbincang santai. Selanjutnya mereka akan merekomendasikan Anda, tes kesehatan apa saja yang harus dilakukan sesuai dengan kondisi kesehatannya.

  • Advertisement
  • Selain itu, pastikan rumah sakit yang Anda pilih juga memiliki layanan medical check up untuk anak - anak dan pertimbangkan biaya yang harus Anda siapkan. Ada beberapa rumah sakit yang menyediakan paket dengan harga yang bervariasi, tergantung dengan jumlah pemeriksaan dan jumlah dokter spesialis yang terlibat. Jika Anda memiliki budget yang terbatas, konsultasikan dengan dokter, tes apa yang bisa dtitunda. Lakukan medical check up satiap tahun agar Anda dapat memantau tumbuh kembang anak dan jangan menundanya hingga saat anak Anda terlanjur sakit.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Setelah melahirkan Raphael, Celerina memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga dan mengurus buah hatinya tanpa bantuan baby sitter. Disinilah ia kemudian menemukan passion-nya yang baru yaitu memasak khususnya menu MPASI (Makanan Pendamping ASI)

Pentingnya medical check up untuk balita Anda

Medical check up pada balita Anda merupakan suatu langkah penting untuk memastikan ia tumbuh dan berkembang sesuai dengan periode usianya. Lakukan secara rutin setiap tahun dan jangan menundanya hingga saat anak Anda sudah terlanjur sakit.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr