Memilih tayangan televisi yang tepat untuk perkembangan anak

Jika setiap orangtua cukup waspada untuk melakukan pengawasan pada apa yang ditonton oleh anak serta membuat batasan waktu juga jenis tayangannya, maka anak-anak akan memperoleh manfaat yang luar biasa.

1,056 views   |   0 shares
  • Setiap stasiun televisi didirikan untuk sebuah maksud tertentu, selain untuk mengedukasi masyarakat kebanyakan juga memiliki tujuan bisnis agar bisa meraih keuntungan sebesar-besarnya. Oleh sebab itu, setiap program dibuat dengan sedemikian rupa agar diminati oleh pemirsa dan sepanjang mendapat tanggapan positif dari masyarakat tayangan tersebut akan tetap dilanjutkan bahkan dikembangkan.

  • Tentunya tidak menjadi masalah sejauh program-program yang disajikan dapat berguna untuk masyarakat terutama mampu mendidik anak-anak. Namun, kenyataannya tidak demikian, saat ini ada banyak tanyangan TV justru tidak berpihak pada anak-anak karena menyajikan cerita-cerita berbau kejahatan dan tindak kekerasan.

  • Maka dari itu setiap orangtua wajib melindungi putra-putri mereka agar tidak sampai terpengaruh oleh tayangan-tayangan TV yang tidak mendidik, jika dibiarkan tayangan-tayangan tersebut mampu menstimulasi anak untuk:

    • Bertindak agresif

    • Membangkitkan emosi negatif

    • Menurunkan tingkat kepekaan terhadap kekerasan

    • Menghilangkan kendali terhadap perilaku agresif, dan

    • Menganggapnya sebagai satu-satunya cara menyelesaikan konflik.

  • Peran orangtua

  • Memilihkan tayangan TV yang cocok untuk anak adalah salah satu cara termudah orangtua bisa lakukan agar perkembangan emosi dan mental mereka tidak terganggu. Adapun beberapa jenis tayangan TV yang disarankan, misalnya:

    1. Tayangan keagamaan yang mampu memperkuat keimanan anak

    2. Tayangan ilmu pengetahuan seperti sains, dunia binatang, alam atau ruang angkasa

    3. Tayangan yang menonjolkan unsur-unsur budaya

    4. Tayangan pendidikan yang mampu membantu anak menguasai berbagai mata pelajaran

    5. Tayangan-tayangan inspiratif, kreatif , inovatif, dan sebagainya.

  • Program-program tersebut mampu membangkitkan minat di dalam diri anak agar tahu lebih banyak dan menunjukkan kepadanya bahwa dunia sebetulnya sangat luas daripada yang bisa ia pahami. Namun demikian, tetap harus dipertimbangkan program apa yang pantas diberikan sesuai untuk usia setiap anak.

  • Untuk usia anak prasekolah disarankan memberikan tayangan TV berulang dengan alur cerita yang sederhana, jalan ceritanya lambat tapi tetap mudah dipahami. Sedangkan untuk anak usia sekolah disarankan memberikan tayangan yang mampu memperkuat minat dan hasrat akan nilai-nilai positif. Selain itu, orangtua juga harus bisa membuat peraturan-peraturan yang berisikan daftar kualitas tayangan mana yang boleh ditonton dan mana yang tidak boleh ditonton dan kemudian jelaskan alasannya dengan masuk akal.

  • Advertisement
  • Waspadalah

  • Televisi dapat menjadi sarana pendidikan yang luar biasa, tapi juga bisa menjadi sangat merusak. Tapi jika setiap orangtua cukup waspada untuk melakukan pengawasan pada apa yang ditonton oleh anak serta membuat batasan waktu juga jenis tayangannya, maka anak-anak akan memperoleh manfaat yang luar biasa pula.

  • Di samping itu, menonton TV secara bijaksana bersama dengan anak akan memberikan kesempatan kepada orangtua untuk mengajarkan kepada mereka nila-nilai kebenaran. Ini adalah kesempatan berharga untuk membuat mereka semakin memahami kehidupan, memahami dunia, mengasihi sesama, mencintai budaya dan terlebih mengasihi Tuhan sebagai sumber segala kehidupan.

  • Jangan sia-siakan waktu Anda untuk lebih banyak melungkan waktu bersama ketika anak-anak masih kecil. Ini adalah kesempatan paling langka dan juga sangat berharga. Akan menjadi seperti apa anak-anak Anda kelak tergantung dari bagaimana pola Anda mengasuh saat ini. Semoga Anda bisa membentuk putra dan putri Anda menjadi pribadi-pribadi baik yang tidak hanya mampu mengasihi dirinya sendiri, tapi terlebih juga mampu mengasihi orang-orang di sekelilingnya.

Bantu kami menyebarkan

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Memilih tayangan televisi yang tepat untuk perkembangan anak

Jika setiap orangtua cukup waspada untuk melakukan pengawasan pada apa yang ditonton oleh anak serta membuat batasan waktu juga jenis tayangannya, maka anak-anak akan memperoleh manfaat yang luar biasa.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr