Cara Membantu Anak-Anak Anda Memilih Alat Musik

Memilih sebuah alat musik seharusnya menyenangkan! Bicarakan dengan anak Anda tentang hal-hal yang dibutuhkan untuk belajar bermain sebuah alat musik serta kesabaran yang mereka butuhkan.

2,682 views   |   1 shares
  • Ketika saya kecil, salah satu perintah di dalam rumah kami adalah “Kalian harus belajar bermain piano.” Saya mulai belajar piano pada usia lima tahun, tetapi pendidikan musik saya tidak berhenti di situ. Musim panas sebelum saya berusia 10 tahun, saya juga diharuskan untuk memilih salah satu alat musik untuk dimainkan di sekolah. Saya sangat gembira dengan kesempatan boleh memilih hobi yang hanya untuk saya. Dengan dukungan dari orang tua saya, saya memilih biola, dan satu keputusan itu telah mengubah hidup saya. Saya mengambil musik sebagai jurusan tambahan sewaktu kuliah, bermain bersama sebuah orkes simfoni selama tujuh tahun, dan saya melanjutkan untuk melatih orang lain untuk bermain biola dan piano hingga saat ini.

  • Sementara kebanyakan anak tidak ingin memilih musik sebagai karir, bermain alat musik dapat membantu semua anak-anak membangun kepercayaan diri dan disiplin. Musik adalah cara yang baik untuk memperkenalkan anak-anak pada seni dan memberikan mereka keterampilan yang dapat mereka banggakan. Meskipun demikian, menentukan alat musik mana yang tepat untuk dimainkan oleh anak Anda dapat membingungkan. Ini adalah beberapa cara untuk membuat pilihan menjadi lebih mudah bagi setiap orang:

  • 1. Putuskan sekarang juga apakah ada alat musik yang tidak perlu dipertanyakan lagi

  • Jika Anda tidak ingin mendengar suara drum atau pasangan Anda berpikir bahwa terompet terlalu berisik, jangan tawarkan ini sebagai pilihan kepada anak-anak Anda. Juga, jika alat musik tertentu di luar kemampuan Anda membeli, pastikan alat musik itu juga keluar dari daftar.

  • 2. Kenalkan kepada keluarga Anda berbagai macam alat musik

  • Pergi dan tontonlah pertunjukkan, biarpun itu hanya kelompok anak-anak SMA. Tidak ada yang lebih baik bagi musisi masa depan Anda selain melihat dan mendengarkan musik yang sedang dipertunjukkan.

  • 3. Rencanakan untuk pergi ke toko alat musik

  • Biarkan calon musisi Anda memegang dan mencoba semua alat musik. Lihatlah alat musik mana yang membuat anak Anda tertarik, jika Anda belum memilikinya, pikirkan mana yang lebih masuk akal tentang harga, apakah membeli atau menyewanya.

  • 4. Pikirkan tentang kelebihan dan kekurangan anak-anak Anda

  • Jika Anda memiliki anak-anak yang bertubuh kecil, dia mungkin tidak akan berhasil dengan alat musik yang besar, seperti bas atau tuba. Juga, musik berdawai (biola, viola, cello, dan bas) dan piano membutuhkan kontrol motor yang baik. Sebaliknya, alat musik tiup (flute, klarinet, saxophone, obo, dan bassoon), dan alat musik brass (terompet, trombon, dan tuba) membutuhkan kekuatan nafas, dan alat-alat itu mungkin sulit untuk anak-anak yang mengalami gangguan pernafasan. Bicarakan kepada dokter anak untuk nasihat yang diperlukan. Pastikan anak-anak Anda memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi sukses, atau malah mereka menjadi frustrasi dan berhenti.

  • Advertisement
  • 5. Ikuti keinginan anak Anda

  • Hanya karena Anda selalu memimpikan bermain flute tidak berarti anak Anda akan merasakan hal yang sama. Sebagai orang tua, sangatlah mudah terperangkap dalam apa yang kita inginkan untuk anak kita, tetapi mereka akan bekerja dan belajar lebih keras dan cepat jika mereka merasa memiliki pilihan mereka. Mempelajari sebuah alat musik membutuhkan kerja keras, dan anak Anda akan berbuat sebaik mungkin jika mereka menyukai alat musik yang mereka mainkan.

  • Memilih sebuah alat musik seharusnya menyenangkan! Bicarakan dengan anak Anda tentang hal-hal yang dibutuhkan untuk belajar bermain sebuah alat musik serta kesabaran yang mereka butuhkan. Mereka harus memiliki pemikiran yang realistis tentang tujuan mereka melakukannya, tetapi Anda juga harus membantu mereka merasa gembira untuk mempelajari sesuatu yang baru. Antusiasme adalah prediksi nomor satu dari kesuksesan ketika memilih dan memulai alat musik baru.

  • Biarkan anak Anda menyenangi proses tersebut, dan beri mereka pilihan, dan Anda akan takjub seberapa cepat bakat mereka berkembang.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “How to help your child pick an instrument” karya Heather Hale.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Heather Hale is a fourth-generation Montanan, mom to three crazy boys, and wife to one amazing husband. She writes about passionate parenthood at moderatelycrunchy.com.

Cara Membantu Anak-Anak Anda Memilih Alat Musik

Memilih sebuah alat musik seharusnya menyenangkan! Bicarakan dengan anak Anda tentang hal-hal yang dibutuhkan untuk belajar bermain sebuah alat musik serta kesabaran yang mereka butuhkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr