Anak yang sering dipeluk ayahnya akan tumbuh menjadi anak yang kuat

Pelukan merupakan ungkapan rasa sayang, rasa cinta dan bentuk kepedulian kita yang sesungguhnya terhadap orang lain. Begitu juga yang dirasakan oleh setiap orangtua.Memeluk anak mereka adalah kebiasaan yang bisa memberikan kebahagiaan dan ketenangan.

49,224 views   |   1,222 shares
  • Pada umumnya, manusia membutuhkan sentuhan fisik dari orang lain yang bisa mempengaruhi aspek emosionalnya. Salah satu sentuhan yang paling sering manusia lakukan, namun terkadang disepelekan yaitu memeluk. Pelukan merupakan ungkapan rasa sayang, rasa cinta dan bentuk kepedulian kita yang sesungguhnya terhadap orang lain. Begitu juga yang dirasakan oleh setiap orangtua. Memeluk anak mereka adalah kebiasaan yang bisa memberikan kebahagiaan dan ketenangan tersendiri. Pelukan bukan hanya ungkapan rasa sayang, pelukan orangtua kepada anaknya memiliki manfaat dan keajaiban yang luar biasa bagi perkembangan anak baik fisik maupun kejiwaannya. Walaupun terdengar mudah untuk dilakukan, banyak juga orangtua yang tidak terbiasa memeluk anak-anaknya, apalagi bagi sosok seorang ayah. Kesempatan untuk memeluk anaknya mungkin akan jarang. Karena umumnnya, seorang ayah akan menghabiskan waktunya dengan bekerja di luar rumah. Sehingga, waktu bertemu anak sedikit terbatas atau karena alasan lainnya. Itu sebabnya, jika Anda diberi kesempatan untuk memeluk anak Anda, peluklah mereka. Biasakan memberikan pelukan sejak anak-anak masih kecil, sehingga ketika dewasa nanti anak tidak canggung dan tetap merasa nyaman ketika dipeluk oleh ayah atau ibu mereka.

  • Peran ayah dan ibu harus sama-sama seimbang akan hal ini. Ayah dan ibu memiliki energi positifnya masing-masing yang dapat ditransfer melalui sebuah pelukan. Jika selama ini, sosok ibulah yang sering memeluk anak, maka ayah pun jangan mau kalah. Pelukan ayah juga sama pentingnya. Anak-anak membutuhkan pelukan dan dekapan dari kedua orangtua mereka bukan hanya ibu atau ayah saja.

  • Pelukan dari figur ayah yang berani, tangguh dan bertanggung jawab ternyata mampu mentransfer sifat kuat dan berani juga kepada anaknya. Anak yang sering dipeluk ayah akan tumbuh menjadi anak yang mandiri dan tidak penakut. Anak akan lebih kuat dalam berinteraksi dengan kehidupan sosialnya di luar rumah. Kekuatan pelukan seorang ayah sangat dibutuhkan oleh anak perempuan buat bekalnya di kemudian hari. Anak perempuan yang sering dipeluk ayahnya akan selalu merasa ada sosok laki-laki yang akan melindunginya sampai ia besar nanti. Dan bagi anak laki-laki, kekuatan pelukan ayah akan membantunya tumbuh menjadi anak yang dewasa dan bertanggung jawab. Bahkan, ketika dewasa nanti banyak anak perempuan yang berpikir untuk menentukan kriteria calon suaminya kelak memiliki sifat dan sikap seperti ayahnya.

  • Selain membentuk karakter positif, sebuah pelukan dan dekapan hangat orangtua terhadap anaknya dapat:

  • Advertisement
  • 1. Memperkuat ikatan batin. Artinya antara orangtua dan anak, akan merasakan hubungan emosional yang kuat ketika terjadi sesuatu pada orangtua atau anaknya.

  • 2. Membuat anak merasa dicintai dan diihargai. Sudah pasti semua anak yang menerima pelukan hangat dan tulus dari orangtuanya akan merasakan hal tersebut. Sehingga memberikan perasaan tenang pada anak.

  • 2. Membuat anak menjadi percaya diri. Anak yang terbiasa dipeluk akan jauh lebih percaya diri dan mudah bersosialisasi dengan lingkungannya.

  • 3. Menghilangkan stres. Anak yang sering merasakan pelukan orangtuanya mampu menekan stres dan depresi yang akan munncul. Pelukan akan membuat anak lebih tenang.

  • 4. Menjadi pribadi yang lemah lembut dan penyanyang. Kebanyakan orang mengaitkan bahwa anak yang sering dipeluk akan membentuk karakter anak menjadi manja dan cengeng. Jangan salah artikan itu, justru anak akan tumbuh menjadi anak yang lemah lembut dan penyayang.

  • 5. Sebagai obat penyembuh. Dalam keadaan sakit, anak membutuhkan obat yang dapat menyembuhkannya. Pelukan ibu dapat membantu proses pemulihan anak dengan mentransfer rasa empati pada anak. Sebuah pelukan juga dapat meningkatkan sistem imun pada anak. Pelukan mampu menjadi obat penyembuh luka fisik dan batin, jika diberikan dengan tulus.

  • 6. Meningkatkan kecerdasan anak. Anak yang selalu mendapatkan pelukan dari orangtuanya akan jauh bersemangat menjalani aktivitasnya termasuk dalam belajar. Anak akan mudah menerima perlajaran dan lebih berkonsentrasi menghadapi tekanan, sehingga ia pun tumbuh menjadi anak yang cerdas.

  • 7. Meredakan emosi anak

  • Dalam keadaan marah atau emosi, anak membutuhkan sentuhan lembut atau interaksi yang positif dari orangtua bukan sebaliknya. Anak akan bertambah marah bahkan berani berontak ketika Anda menanggapi kemarahannya dengan membalasanya dengan kemarahan, kekerasan atau perkataan kasar. Cara terbaik meredakan emosi mereka adalah merangkulnya dengan sabar dan beri pengertian yang mudah mereka terima. Pelukan akan mengurangi ketegangan saraf dan meluluhkan hati yang keras.

  • Jadikan pelukan bagian dari rutinitas orangtua sehari-hari. Bukan hanya kuantitas tetapi yang lebih penting adalah kualtitas. Dengan begitu, anak dan Anda akan lebih sering dan lebih banyak merasakan manfaatnya

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Anak yang sering dipeluk ayahnya akan tumbuh menjadi anak yang kuat

Pelukan merupakan ungkapan rasa sayang, rasa cinta dan bentuk kepedulian kita yang sesungguhnya terhadap orang lain. Begitu juga yang dirasakan oleh setiap orangtua.Memeluk anak mereka adalah kebiasaan yang bisa memberikan kebahagiaan dan ketenangan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr