Bagaimana menjelaskan kepada anak remaja Anda tentang bahaya terorisme?

Pembicaraan di berbagai sudut kota mendadak berubah dari kelesuan ekonomi menjadi penembakan dan pemboman yang terjadi di jantung kota Paris beberapa waktu yang lalu.

233 views   |   7 shares
  • Semua media langsung meng-coverkejadian tersebut. Detektif diterjunkan untuk meneluri biang keladi tragedi kemanusiaan yang mengguncang benua Eropa bahkan dunia.

  • 1. Apakah terorisme itu?

  • Istilah teror menjadi marak dalam beberapa waktu terakhir ini setelah terjadinya bencana di Paris, Prancis. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, teror adalah usaha menciptakan ketakutan, kengerian, dan kekejaman oleh seseorang atau golongan biasanya dengan tujuan politik.

  • 2. Apakah yang menyebabkan menjadi teroris

  • Kemiskinan dan kesenjangan ternyata menjadi masalah sosial yang mampu memantik terorisme. Selain itu alasan lain yang sering muncul adalah radikalisme agama. Radikalisme agama sebagian ditumbuhkan oleh cara pandang dunia para penganutnya. Kesalahan dalam pemahaman jihad, teroris mengatasnamakan jihad dalam tindak terorisme. Radikalisme agama bisa terjadi di agama manapun dan ini terbukti dari serangkaian peristiwa yang terkadi di berbagai negara di Asia, Eropa, Amerika dan Afrika. Penyebab lain adalah kondisi masyarakat yang tertindas karena tindakan semena-mena oleh penguasa atau penjajah.

  • 3. Dampak yang ditimbulkan

  • Terorisme menjadi suatu ancaman nyata masyarakat saat ini. Aksi teror menyasar berbagai tempat dan kalangan, mulai dari tempat hiburan, restoran, hotel, tempat ibadah dan bahkan pos pengamanan yang dijaga polisi sekalipun tidak luput menjadi sasaran. Terorisme bukan saja telah menimbulkan keresahan bahkan kematian orang-orang yang tidak berdosa. Selain kekacauan fisik, terorisme juga menghambat kemajuan ekonomi. Investasi, perdagangan dan pariwisata akan menurun drastis akibat rasa takut para pelaku bisnis.

  • 4. Bagaimana mencegah anak terpengaruh

  • "Salah satu cara memutuskan mata rantai terorisme di Indonesia adalah dengan mencegah sedini mungkin terjadinya paparan ideologi terorisme, sejak dari anak-anak. Ketika ada potensi terjadinya indoktrinasi ideologi radikal pada anak, negara harus hadir untuk mencegahnya. Hal ini bagian dari upaya perlindungan anak yang diamanatkan undang-undang." Kata Wakil Ketua KPAI Asrorun Niam Sholeh.

  • Kasus terorisme yang melibatkan pelaku usia remaja tidak mungkin terjadi tanpa adanya indoktrinasi di saat usia anak-anak, baik lingkungan keluarga maupun di dalam pergaulannya. Banyaknya kasus pidana yang dikaitkan dengan terorisme oleh pelaku usia muda, kata Niam, menunjukkan kegagalan negara dalam memutus mata rantai terorisme di Indonesia. Untuk itu, perlu ada pendekatan persuasif, dengan program deradikalisasi berbasis pada keluarga.

  • Advertisement
  • 'Deradikalisasi yang menjadi program kontraterorisme tidak bisa hanya dilakukan pada orang dewasa. Perlu ada terobosan program yang berbasis keluarga, di mana orangtua disadarkan akan tanggung jawab pada anak", ujarnya.

  • Persemaian ideologi kekerasan atau terorisme umumnya tumbuh pada masa anak-anak dan remaja. Untuk itu, diperlukan program untuk menyelamatkan kalangan anak dan remaja dari paparan ideologi kekerasan.

  • Keluarga, terutama orangtua harus lebih giat memantau perkembangan perilaku dan pendidikan anak. Jika menemukan tanda-tanda perilaku radikal, orangtua mesti menarik anaknya dari jaringan ideologi kekerasan dan menanamkan nilai-nilai perdamaian dan kemanusiaan," katanya.

  • Belum lagi kita selesai meratapi teror yang terjadi di Paris, kita dikagetkan dengan aksi teror yang dilakukan oleh separang suami istri di kota San Benardino, Amerika Serikat. Sepuluh orang menjadi korban penembakan brutal. Tampaknya dunia harus bersatu-padu untuk menjinakkan faham radikal yang telah merusak tatanan masyarakat dan dunia.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Bagaimana menjelaskan kepada anak remaja Anda tentang bahaya terorisme?

Pembicaraan di berbagai sudut kota mendadak berubah dari kelesuan ekonomi menjadi penembakan dan pemboman yang terjadi di jantung kota Paris beberapa waktu yang lalu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr