6 Langkah Mudah Menggunakan Internet untuk Menemukan Leluhur Anda

Yang dulunya membutuhkan penelitian rumit, silsilah telah menjadi lebih mudah diakses bagi mereka yang berminat berkat internet. Jumlah informasi yang diunggah secara teratur terus berkembang.

2,608 views   |   1 shares
  • Yang dulunya membutuhkan penelitian rumit, silsilah telah menjadi lebih mudah diakses bagi mereka yang berminat berkat internet. Jumlah informasi yang diunggah secara teratur terus berkembang.

  • Bertahun-tahun lalu, pencarian silsilah membutuhkan formulir rumit, perjalanan ke makam, perpustakaan dan sebagainya, bahkan terkadang menimbulkan beban keuangan yang cukup besar. Sekarang, dengan akses ke jaringan komputer, waktu yang Anda luangkan akan menghasilkan banyak. Catatan banyak hal dapat diperoleh secara dan silsilah pribadi dapat disimpan dengan aman di sana. Silsilah dapat menjadi kegiatan yang berguna dan menarik yang melibatkan seluruh anggota keluarga.

  • Memulainya sangat mudah. Anda hanya akan memerlukan sebuah program untuk menyimpan informasi yang telah Anda kumpulkan. Ada program-program seperti Family Tree yang dapat dimuat ke dalam komputer, atau Anda dapat memilih situs web seperti Ancestry.com untuk menyimpan data. Menyimpan informasi secara adalah masuk akal karena itu berarti tidak harus mengkhawatirkan menyimpan data cadangan.

  • Masukkan nama dan tanggal yang Anda ketahui dan Anda melakukannya! Anda hanya perlu menavigasi situs webnya. Untuk itu, berikut adalah beberapa tips berguna untuk memulainya:

  • Gunakan mesin pencari

  • Alat pertama dan yang paling berguna adalah pencarian web sederhana menggunakan Google, Bing, atau mesin pencarian lainnya. Pernahkah Anda meng-Google nama Anda sendiri untuk menemukan informasi apa yang tersedia secara tentang Anda? Itu adalah ide dasarnya, kecuali gunakan nama leluhur Anda. Tentu saja, semakin banyak informasi yang Anda punya ketika Anda memulai pencarian Anda, semakin baik hasilnya. Jika Anda punya nama belakang yang tidak biasa, Anda akan kagum melihat betapa cepatnya Anda dapat memperoleh informasi berguna. Namun, jika Anda punya nama belakang yang umum, Anda akan memperoleh data yang sangat banyak. Untuk membatasi masalah ini, tambahkan informasi penting seperti tanggal lahir atau meninggal leluhur Anda, alamat lengkap atau negara asal mereka. Semakin spesifik informasi yang Anda punya, semakin besar kemungkinan Anda untuk sukses.

  • Gunakan situs web silsilah yang sering digunakan

  • Saya pikir www.ancestry.com dan familysearch.org sangatlah berguna. Situs-situs ini berisi banyak informasi, memberikan akses ke catatan penting, data sensus, catatan imigrasi, catatan militer, dan silsilah keluarga. Situs-situs ini juga bagus karena Anda dapat menemukan salah satu dari garis leluhur Anda telah diteliti secara menyeluruh dan Anda dapat menerima manfaat dari pekerjaan orang lain hanya dengan menghubungkan nama-nama yang ada.

  • Advertisement
  • Selidiki catatan imigrasi

  • Untuk menemukan informasi mengenai leluhur yang Anda tahu telah bermigrasi ke Amerika Serikat ke Eropa pada abad 19 dan 20, www.ellisisland.org adalah situs web yang luar biasa. Anda dapat menemukan daftar penumpang, termasuk kapal laut yang ditumpangi leluhur Anda serta pelabuhan keberangkatan dan kedatangan mereka.

  • Carilah catatan foto

  • Harta dapat ditemukan di www.findagrave.com. Anda dapat mencari lokasi pemakaman leluhur Anda, dan seringkali ada foto atau informasi yang akan menuntun Anda ke petunjuk tentang tanggal lahir, pasangan, anak-anak, dan seterusnya.

  • Selidiki sumber-sumber negara

  • Jika Anda tahu di mana mereka lahir, hidup, atau meninggal, www.ancestralsearch.com mendaftarkan sumber web milik negara.

  • Selidiki arsip dan catatan sejarah

  • Setelah Anda punya beberapa petunjuk tentang leluhur Anda, Anda dapat belajar bahwa arsip gereja dan catatan sejarah sangatlah berguna. Misalnya, jika Anda tahu leluhur yang datang ke Amerika Serikat dari Jerman dan adalah anggota Gereja Moravian, Anda dapat mencari catatan sejarah yang berkaitan dengan migrasi orang-orang Jerman dan memeriksa catatan gereja untuk mencari tahu apakah Anda dapat memperoleh informasi mengenai leluhur Anda. Terkadang informasi ini berbahasa asing. Google Chrome adalah peramban internet yang secara otomatis menerjemahkan halaman web ke dalam bahasa Anda.

  • Jumlah informasi yang diunggah secara teratur terus berkembang, jadi janganlah menyerah. Seorang leluhur yang tidak dapat Anda temukan hari ini, Anda mungkin dapat menemukannya enam bulan dari sekarang. Dengan bantuan internet, siapa pun dapat melakukan silsilah. Hanya sedikit informasi dapat berkembang menjadi sebuah pohon yang penuh keberhasilan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "Use the Internet to find your ancestors in 6 easy steps" karya Charles Senseman.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Charles lives in Colorado with his wife Irina. They are parents to five children. He received his MA in Political Science from Indiana State University and his BS from Utah State University.

6 Langkah Mudah Menggunakan Internet untuk Menemukan Leluhur Anda

Yang dulunya membutuhkan penelitian rumit, silsilah telah menjadi lebih mudah diakses bagi mereka yang berminat berkat internet. Jumlah informasi yang diunggah secara teratur terus berkembang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr