Yuk, ajak si kecil bergaya hidup sehat sejak dini!

Sebagai orangtua, kita perlu ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan si kecil. Cara yang paling mudah untuk mengantisipasi serangan penyakit pada si kecil adalah dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan hidup sehat sejak dini.

223 views   |   0 shares
  • Kuman nakal memang selalu mengintai si kecil dan membawa berbagai penyakit. Untuk itu, sebagai orangtua, kita perlu ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan si kecil. Cara yang paling mudah adalah menerapkan kebiasaan hidup sehat sejak dini agar daya tahan tubuh si kecil selalu terjaga. Mengajarkan si kecil kebiasaan sehat memang lebih mudah diucapkan dari pada dilakukan. Namun, tanamkalahn kebiasaan ini sejak dini agar si kecil dapat membawa kebiasaan tersebut hingga ia dewasa. Apa sajakah kebiasaan hidup sehat yang wajib si kecil ketahui?

  • Makan teratur

  • Biasakan pola makan yang teratur, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam di waktu yang tepat. Ketika si kecil memiliki pola makan yang teratur, energinya dalam beraktivitas akan terjaga. Kontrol cemilan yang berlebihan pada si kecil, apalagi pada malam hari.

  • Asupan gizi

  • Banyak anak yang tidak menyukai buah atau sayuran karena tidak dibiasakan sejak dini. Untuk itu, penting bagi orangtua memperhatikan asupan gizi yang sehat sejak anak masih bayi agar si kecil terbiasa dengan rasa dan teksturnya, dan mendapatkan protein, serat dan vitamanin yang cukup.

  • Mencuci tangan

  • Tangan yang kotor memberikan bakteri peluang untuk masuk ke tubuh. Sebagai orangtua, mulailah mengajarkan si kecil rajin mencuci tangan. Jelaskan pula pada si kecil pentingnya mencuci tangan, ketika sehabis bermain, makan atau dari luar rumah. Dan ajarkan si kecil mencuci tangan dengan teknik yang benar dan selama kurang-lebih 20 menit.

  • Sikat gigi

  • Kurangnya pemahaman orangtua akan pentingnya merawat kesehatan gigi si kecil dapat berdampak buruk bagi si kecil. Jika tidak dijaga dari sekarang, gigi si kecil nantinya akan rusak dan mengalami gangguan, yang akan dirasakannya saat dewasa. Untuk itu, mulailah mengajarkan kebiasaan si kecil menyikat gigi sebelum tidur. Dan jelaskan pentingnya mengapa kita harus menyikat gigi pagi dan malam hari.

  • Beraktivitas di luar rumah

  • Anak-anak saat ini banyak yang terpengaruh dengan perkembangan teknologi. Banyak juga anak-anak menjadi malas bergerak dan hanya bermain melalui tablet, komputer atau gadget lainnya. Jika kebiasaan ini tidak dihentikan, resiko anak terkena obesitas menjadi besar karena anak kurang gerak. Padahal, anak kecil justru harus lebih banyak bergerak dari pada orang dewasa. Oleh sebab itu, ajaklah si kecil bermain bermain di taman, bersepeda, dan sebagainya.

  • Tidur Cukup

  • Anak kecil lebih membutuhkan waktu lama untuk beristirahat. Tidur yang cukup membantu otak si kecil berkembang lebih maksimal. Kurang istirahat juga dapat membuat si kecil mudah mengantuk dan tidak fokus saat beraktivitas. Untuk itu, biasakanlah untuk mengatur jadwal si kecil agar dia memiliki tidur yang cukup pada siang dan malam hari.

  • Advertisement
Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Yuk, ajak si kecil bergaya hidup sehat sejak dini!

Sebagai orangtua, kita perlu ekstra hati-hati dalam menjaga kesehatan si kecil. Cara yang paling mudah untuk mengantisipasi serangan penyakit pada si kecil adalah dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan hidup sehat sejak dini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr