5 langkah membangun rumah tangga bahagia dan kokoh

Tingkat kedewasaan seseorang tidak bisa diukur dari berapa usianya, tetapi hal ini membutuhkan tekad yang kuat dari dalam diri orang itu untuk menjadi lebih dewasa baik dalam bertingkah laku, berpikir serta bertutur kata.

6,943 views   |   62 shares
  • Ketika rumah tangga Anda sedang diterpa cobaan, mungkin Anda akan berusaha mencari nasihat dari orang lain atau mencari artikel-artikel di internet tentang bagaimana cara terbaik supaya bisa segera menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi. Namun, sebaik apapun nasihat yang Anda dapatkan, tapi jika jiwa Anda cemas, tidak bahagia, tidak tentram, dan sebagainya, maka akan sangat mustahil bagi Anda untuk mengatasinya.

  • Membangun kehidupan rumah tangga memang tidak seindah yang dibayangkan, banyak hal menjadi permasalahan yang membuat hubungan suami-istri harus mengalami berbagai macam cobaan. Cobalah lakukan 5 hal berikut agar rumah tangga Anda kembali bahagia dan semakin kokoh.

  • Tingkatkan kedewasaan diri

  • Tingkat kedewasaan seseorang tidak bisa diukur dari berapa usianya, tetapi hal ini membutuhkan komitmen yang kuat dari dalam diri untuk menjadi lebih dewasa baik dalam bertingkah laku, berpikir serta bertutur kata. Jangan terlalu khawatir ketika rumah tangga Anda sedang menghadapi masalah karena sebetulnya itu adalah sebuah cara supaya Anda berdua bisa semakin meningkatkan kedewasaan Anda, sehingga ketika menghadapi permasalahan yang lebih besar Anda berdua mampu menyikapinya dengan penuh kearifan dan kebijaksanaan.

  • Tingkatkan kematangan spriritual

  • Adalah sebuah fakta bahwa setiap orang yang mendekatkan diri kepada Tuhan jauh merasa lebih bahagia dalam kehidupannya, sehingga hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kondisi rumah tangga dan hubungan dengan seluruh anggota keluarga. Saat menghadapi masalah jangan pernah menjauhkan diri Anda dari rahmat Tuhan, tetapi semakin tingkatkan kematangan spiritual agar Anda bisa segera menemukan jalan keluar dari setiap persoalan yang sedang Anda hadapi.

  • Perbaiki pola pikir

  • Tindakan yang salah selalu diawali oleh pola pikir yang salah dan begitu pula sebaliknya. Maka dari itu, agar setiap persoalan yang sedang Anda hadapi tidak semakin bertambah berat, Anda terlebih dahulu harus mampu memperbaiki pola pikir Anda dalam menyelesaikan setiap persoalan. Dengan kata lain, berusahalah sebisa mungkin mengendalikan keadaan dan jangan biarkan keadaan yang mengendalikan Anda.

  • Kendalikan emosi negatif

  • Berbagai macam emosi negatif memiliki efek yang sangat merugikan. Kendalikan emosi Anda agar setiap persoalan yang sedang Anda hadapi tidak dapat memprovokasi Anda bertindak di luar kewajaran.

  • Selesaikan setiap persoalan secara bertahap

  • Setiap persoalan dalam hidup berumah tangga memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Berusahalah untuk menyelesaikan setiap persoalan secara bertahap dan janganlah terlalu memaksakan diri ketika persoalan yang sedang Anda hadapi tidak mampu Anda selesaikan.

  • Advertisement
  • Rumah tangga yang bahagia dan kokoh memang tidak bisa dibentuk dalam waktu singkat. Terkadang pula dibutuhkan kesabaran ekstra agar hasil yang diperoleh semakin memuasakan. Jangan malu untuk meminta bantuan dari orang lain ketika Anda merasa tidak mampu mengatasinya seorang diri. Terlebih lagi jangan pernah malu untuk memohon bantuan kepada Tuhan melalui doa, agar apapun persoalan yang sedang Anda hadapi boleh diringankan dan diberi petunjuk untuk mengatasinya.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

5 langkah membangun rumah tangga bahagia dan kokoh

Tingkat kedewasaan seseorang tidak bisa diukur dari berapa usianya, tetapi hal ini membutuhkan tekad yang kuat dari dalam diri orang itu untuk menjadi lebih dewasa baik dalam bertingkah laku, berpikir serta bertutur kata.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr