10 tips pernikahan untuk didengar oleh setiap istri

Kegagalan yang pernah kita lalui akan membentuk sebuah keputusan tentang bagaimana cara memperlakukan pasangan, dan juga harus penuh dengan kejujuran.

894 views   |   18 shares
  • Seorang pria yang pernah bercerai menampilkan sebuah tulisan di blog mengenai beberapa saran tentang pernikahan. Saya sangat kagum dengan si penulis ini. Dibutuhkan sebuah keberanian untuk dapat bangkit dan menerima kenyataan dari sebuah kegagalan. Hal ini sungguh patut dihargai untuk dapat bangkit dan mengatakan bagaimana Anda akan melakukan sesuatu yang berbeda.

  • Satu hal yang dipasangnya yaitu kekurangan, bagaimanapun juga itu adalah perspektif seorang perempuan. Setelah saya baca posting ini, saya ingin mengambil beberapa waktu dan menulis beberapa hal yang telah saya pelajari 10 tahun terakhir.

  • Kenyataanya saya kini dalam pernikahan ketiga. Ketika orang belajar tentang saya dari fakta ini, reaksi mereka biasanya cukup canggung. Seolah-olah mereka menunggu saya untuk merasa malu atas pengakuan saya. Sementara itu dari dua kisah perceraian saya merupakan hal yang paling menyakitkan dalam hidup saya, saya hanya akan merasa malu jika saya melewatinya tanpa bisa mengatakan bahwa saya telah belajar dari dua hal tersebut.

  • Saya dan suami saya sama-sama telah bercerai sebelum kami menikah, dan ini membawa sebuah perspektif yang unik dalam hal tata cara dari begaimana memperlakukan pasangan. Janganlah salah paham terhadap pernikahan yang kurang sempurna, kegagalan yang pernah kita lalui akan membentuk sebuah keputusan tentang bagaimana cara memperlakukan pasangan, dan juga harus penuh kejujuran. Saya amat senang telah melewati hal ini. Kami telah belajar lebih baik dan sekarang harus bisa berbuat lebih baik.

  • Dari hal itu, di sini saya mempersembahkan tips pernikahan yang bijaksana versi saya dari seorang wanita yang telah berhasil mengarungi lautan suram perceraian.

  • 1. Menghormati suami Anda

  • Peringatan, jangan mengatakan "Hormati suami Anda jika ia telah berpenghasilan." Rasa dihormati adalah hal terbesar yang ingin pria dapat di dunia ini, terutama rasa hormat dari istrinya. Perangkap yang akan menjerat kita semua yaitu jika kita beranggapan akan patut memberikan rasa hormat ketika mereka dapat menghasilkan pendapatan.

  • Ya, kita ingin suami membuat keputusan yang dapat memicu rasa hormat kami, tetapi pada kenyataanya suami Anda adalah manusia. Seorang manusia tidak akan luput dari kesalahan. Ini adalah orang yang telah ANDA pilih untuk berjalan bersama Anda selama sisa hidup, dan untuk dijadikan pemimpin keluarga Anda serta ingin dihormati atas apa yang dia miliki.

  • Menurut saya ketika rasa hormat diberikan pada saat yang tidak sepantasnya, justru akan memotivasinya untuk mendapatkannya. Hal itu tidak berarti Anda harus berpurta-pura beranggapan pilihannya adalah yang baik meskipun sebenarnya itu tidak. Hal-hal tersebut harus dikomunikasikan dengan baik, dan Anda berkesempatan untuk menyampaikan beda pendapat dengan rasa hormat. Hal itu akan membuatnya berpikir di dunia memang ada perbedaan.

  • Advertisement
  • 2. Jagalah hatimu

  • Rumput tetangga tidaklah hijau. Janganlah percaya dengan berbagai kebohongan seperti sosok yang ramping, gaji tinggi, mobil mewah, atau rumah gedung maka Anda akan menjadi wanita yang bahagia. Di dunia ini setiap hal atau orang pun akan menjadi pengingat bahwa Anda tidak pernah memiliki yang terbaik dari yang terbaik. Jalani setiap keberkahan kehidupan Anda dengan penuh rasa syukur.

  • Saya mengerti akan perjuangan kita untuk memiliki suatu hal. Ada kalanya saya sendiri juga suka tempat tinggal dengan luas lebih dari 300 meter persegi, tapi hal itu belum tentu dapat memenuhi kebutuhan dalam suatu hubungan. Menjaga hati dari setiap hal atau orang yang akan membawa pengaruh buruk baik bagi Anda atau suami Anda akan lebih baik bagi hubungan ini. Akan datang kepada Anda sesuatu yang lebih dari apa yang Anda miliki sekarang, namun jika Anda tipe orang tidak pernah puas maka Anda akan selalu bingung untuk selalu mendapatkan sesuatu yang lebih.

  • 3. Tuhan, suami, anak-anak... dan lain sebagainya

  • Saya tahu bahwa ini bukanlah filsafat popular, terutama di kalangan ibu-ibu. Cobalah dengarkan saya. Bukan sebuah rahasia bahwa iman sangat penting, sehingga Tuhan akan datang paling pertama dalam kehidupan. Dan terlepas dari keyakinan, suami akan datang sebelum anak-anak, terkecuali jika Anda mendapatkan suami yang kasar (dalam hal ini, saya menghimbau Anda untuk mencari informasi lain selain dari artikel saya untuk mendapatkan pandangan yang belum saya berikan). Seorang ayah yang bijak tidak akan mengesampingkan dan mengabaikan hak untuk anaknya dan mendahulukan kehendaknya sendiri.

  • Ketika Anda naik sedang naik pesawat, pramugari dituntut melakukan persiapan darurat sebelum lepas landas. Ketika menjelaskan bagian cara menggunakan masker oksigen, para penumpang dihimbau untuk memasangkannya terhadap anak mereka yang masih kecil setelah dirinya sendiri. Dari hal itu apakah karena mereka pikir Anda lebih penting daripada anak Anda? Tentu tidak sebenarnya. Alasan dari hal ini yaitu bagaimana Anda akan memasangkan masker itu secara efektif kepada anak Anda jika Anda sendiripun tidak bisa bernapas. Ini adalah sebuah hal yang juga berlaku bagi pernikahan dan pengasuhan, Anda tidak dapat secara efektif mendidik anak-anak jika pernikahan Anda sendiri berantakan. Hal itu juga akan datang di waktu ketika anak-anak Anda akan meninggalkan rumah untuk mengejar impian mereka sebagai orang dewasa. Jika Anda masih belum bisa merawat hubungan Anda menjadi abadi dengan pasangan, Anda sama juga akan memiliki sarang dan hati yang kosong.

  • Advertisement
  • 4. Maafkan

  • Tidak ada yang sempurna di dunia ini, semua orang membuat kesalahan. Jika Anda membudayakan maaf untuk segala sesuatu dari kesalahan besar menjadikannya sebagai gangguan kecil (setiap hari, saya harus memaafkan suami saya yang selalu meninggalkan handuk basah di meja kamar mandi) maka Anda akan mencegah tumbuhnya kebencian dalam diri Anda.

  • 5. Komunikasi terhenti

  • Dulu saya memiliki kebiasaan buruk yaitu tidak mengutarakan perasaan saya. Saya bermain hanyalah sesuai standarnya "Anda harus tahu mengapa aku marah", ternyata hal itu sangatlah tidak adil. Pria tidak sensitif seperti wanita dan kebanyakan mereka tidak tahu bahwa mereka sudah tidak sensitif. Saya masih harus banyak belajar dari hal ini, terkadang suami saya masih membongkar sesuatu dari saya. Tetapi saya mencoba untuk selalu mengingat bahwa saya harus mengkomunikasikan perasaan yang saya rasakan.

  • 6. Jadwal rutin berkencan

  • Untuk hal yang satu ini adalah hal yang umum, namun ini begitu penting adanya. Jangan pernah hentikan jadwal berkencan Anda dengan pasangan, bahkan sekadar menonton film atau beberapa hal rutin lainnya yang biasa Anda lakukan bersama, semuanya sangat penting. Bicarakan tentang Anda dan dia, bukan tagihan, tugas, atau anak-anak. Saya dan suami saya sering melamun tentang masa depan kami, atau terkadang merencanakan liburan impian yang kami inginkan. Kami menyatukan emosi dan sering belajar bersama tentang sesuatu yang baru dari kami bahkan setelah melewati empat tahun kebersamaan kami sekalipun.

  • 7. Jangan pernah mengatakan "Huruf C"

  • Jika Anda mengatakan "cerai", berarti Anda berpikir ke sana. Tenang dan jangan gegabah, mengancam perceraian bukan pencipta keadilan. Saya banyak melakukan ini di pernikahan saya sebelumnya. Saya sama sekali tidak membanggakan hal tersebut, tetapi justru saya banyak belajar dari hal itu menjadi lebih baik. Saya menyakiti sudah terlalu dalam dan saya masih ingin menyakitinya lagi, akan tetapi justru saya tidak pernah merasa lebih baik.

  • 8. Pelajari bahasa cintanya

  • Setiap orang memiliki bahasa cinta. Cara pandang Anda terhadap cinta berbeda dari cara pasangan Anda merasakan cinta. Apakah dia suka kata-kata yang sedikit gombal, atau mungkin ia dapat lebih merespon ketika mendapatkan hadiah dari Anda? Apapun bahasa cintanya pelajari dan gunakanlah.

  • 9. Jangan bicarakan keburukannya

  • Saya mengalami kesulitan pula dalam mempelajari hal ini. Kunjungi seorang konselor, itu akan lebih baik jika Anda sedang melalui hal tersulit dan membutuhkan saran. Konseling keluarga merupakan alternatif yang terbaik, namun ingatlah bahwa anggota keluarga atau teman-teman sekalipun belum tentu dapat memberikan saran yang objektif kepada Anda. Kebanyakan jika mereka mendengar hanya satu sisi, kemungkinan mereka justru menganggap negatif pasangan Anda dan meninggalkan kesan negatif meskipun Anda berdua sudah melewatinya. Melindungi citra keluarga dari orang-orang terdekat itu akan lebih baik, dan carilah tempat yang htepat untuk mendapatkan saran yang objektif bagi permasalahan keluarga.

  • Advertisement
  • 10. Memilih untuk mencintai

  • Ada saat-saat dalam pernikahan dimana Anda tidak merasakan cinta lagi, tetapi harus memilih untuk mencintai. Pernikahan adalah komitmen. Dalam keadaan sakit atau sehat, baik atau buruk, mereka telah mengucapkan janji suci dan telah bersumpah atas nama Tuhan. Mereka tidak mengatakan " jika Anda memiliki waktu yang buruk" tetapi "di masa yang baik dan yang buruk," menjelaskan bahwa suatu saat AKAN menjadi buruk dan memang tidak bisa dihindari. Jadi memilih untuk mencintai itu adalah jalan terbaik menuju keabadian cinta dalam hubungan Anda dan pasangan.

  • Artikel ini diterjemahkan oleh Andrean Setyadharma dari artikel asli berjudul "10 marriage tips every wife needs to hear" karya Karen Lodato.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Pernikahan dan perceraian adalah dua hal yang pernah dialami dalam hidup Karen Lodato. Ia berbagi lewat tulisan-tulisannya yang berisi tentang pengalamannya membangun keluarga dan rumah tangga serta bagaimana menjalani kesempatan ke-2. Karen dapat Anda temui di blog pribadinya, www.eighthrising.com

10 tips pernikahan untuk didengar oleh setiap istri

Kegagalan yang pernah kita lalui akan membentuk sebuah keputusan tentang bagaimana cara memperlakukan pasangan, dan juga harus penuh dengan kejujuran.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr