Keberanian: Membantu Seseorang yang Anda Kasihi Melalui Masa Perceraian

Mari berbicara mengenai keberanian. Merriam-Webster mendefinisikan bravery sebagai kualitas yang membuat seseorang mampu untuk melakukan hal-hal yang berbahaya atau menakutkan.

692 views   |   shares
  • Mari berbicara mengenai keberanian. Merriam-Webster mendefinisikan sebagai kualitas yang membuat seseorang mampu untuk melakukan hal-hal yang berbahaya atau menakutkan. Kita sering berpikir mengenai tentara kita berperang di medan pertempuran sebagai keberanian, atau pemadam kebakaran yang memasuki gedung yang terbakar sebagai keberanian atau polisi dengan sadar melawan bahaya adalah keberanian.

  • Richard Gere mengatakan, “Saya tidak berpendapat bahwa keberanian adalah masalah kulit. Keberanian adalah mengenai sebuah ketersediaan diri untuk menunjukkan emosi yang diperlukan.”

  • Tunjukkan dan lawanlah emosi

  • Saya suka apa yang dikatakan Richard Gere. Mari berbicara mengenai keberanian dalam konteks perceraian. Saya berbicara kepada kelompok pemerhati. Banyak orang yang mereka dukung adalah orang yang sedang melalui masa perceraian, dan kami memiliki pembahasan luar biasa mengenai kebutuhan yang utama untuk menunjukkan emosi, dan untuk melawan emosi tersebut, ketika melalui masa perceraian.

  • Pertanyaannya adalah: Bagaimana kita dapat membantu orang-orang yang kita pedulikan ketika mereka menolak untuk menunjukkan emosi apa pun? Indera kita menyatakan bahwa mereka mengabaikan emosi mereka, dan berusaha untuk menjadi berani namun merasa ada sesuatu yang kurang.

  • Emosi bukanlah kelemahan

  • Orang-orang yang mengesampingkan semua emosi, dan yang menunjukkan dengan berani untuk hanya melewati hal-hal tanpa dengan jujur menunjukkan emosi yang tertentu sedang merugikan dirinya sendiri. Menunjukkan emosi bukan merupakan kruk. Itu bukan kelemahan. Itu bukanlah tanda bahwa Anda adalah orang yang lemah. Saya akan menyatakan bahwa kebenarannya adalah kebalikan dari itu semua.

  • Pembicaraan kita berpusat pada kebutuhan orang yang sedang melalui masa perceraian untuk menjadi cukup berani untuk melawan semua perasaan ditolak, kemarahan, sakit hati, kesuraman, dan duka, yang sesungguhnya mereka rasakan—perasaan sesungguhnya yang perlu untuk ditangani. Saya sering berkata bahwa jika perasaan disembunyikan dan tidak ditangani maka akan muncul lagi menjadi masalah di masa yang akan datang.

  • Biarkan diri Anda merasakannya

  • Richard Gere sedang menunjukkan sesuatu. Dia mengatakan bahwa keberanian adalah mengenai ketersediaan diri untuk menunjukkan perasaan yang diperlukan. Itu mengenai membiarkan dinding-dinding perlindungan itu runtuh sedikit, dan membiarkan diri Anda untuk merasakan semua perasaan, sesakit mungkin, sehingga Anda dapat menanganinya dengan sepenuhnya, dan yang lebih penting lagi, untuk sembuh dari itu, dan maju tanpa beban.

  • Advertisement
  • Saya dan kelompok tersebut di atas berbicara mengenai keseimbangan di antara seseorang yang menjadi lemah, tidak mampu berfungsi karena mereka tidak dapat menghentikan dinding emosi yang menghentikan mereka untuk maju, bagi mereka yang menjadi robot, tanpa memiliki perasaan apa pun.

  • Ada satu hal yang saya sarankan, dimana seseorang perlu berusaha. Bersihkan emosi itu. Biarkan mereka pergi, namun jangan biarkan emosi itu mengendalikan kehidupan Anda terlalu lama. Atasi emosi itu. Keluarkan. Biarkan itu menyembuhkan Anda. Pastikan bahwa pada akhirnya Anda membuat kemajuan dengan emosi Anda, dan bahwa mereka tidak lagi terus-menerus menjerumuskan Anda. Saya mengingat perasaan seperti saya akan mengambil dua langkah ke depan, dan kemudian satu langkah ke belakang, namun paling tidak saya membuat kemajuan.

  • Setiap orang memiliki garis waktu yang berbeda

  • Pembahasan penting lain yang kami miliki adalah bahwa waktu untuk berurusan dengan emosi ini akan berbeda untuk setiap orang. Tidak ada pertaturan―orang-orang berubah sesuai dengan keunikan dan kecepatan mereka masing-masing.

  • Aturan saya untuk penyembuhan emosi

  • Selama Anda menjadi berani, dan menunjukkan emosi, Anda perlu untuk maju dalam proses penyembuhan Anda. Itu mungkin akan memakan waktu sebulan, setahun, atau satu dekade, namun paling tidak milikilah momentum untuk maju. Tetap berada di tempat yang sama dan mundur bukanlah ide yang baik.

  • Perceraian tidaklah menyenangkan. Perasaan yang dibawa bersamanya tidak membahagiakan. Marah. Benci. Ditolak. Takut. Bersalah. Kesepian. Duka. Kadang-kadang mudah untuk berpura-pura bahwa perasaan ini tidak ada. Adalah mudah untuk memendamnya dan mengabaikannya. Perasaan-perasaan itu akan muncul suatu saat nanti. Itu akan kembali dan memburu Anda. Dan seperti yang telah saya katakan sebelumnya, siapa sih yang ingin merasakan atau berurusan dengan emosi ini lagi? Tidakkah itu sudah cukup?

  • Bagaimana menurut Anda? Bagaimana Anda akan berani dan mengatasi emosi yang datang bersama perceraian?

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "Bravery: Helping someone you love through divorce" karya Monique Honaman.

Baca, hidupkan, bagikan!

Monique is the author of "The High Road Has Less Traffic." She is the founding partner of ISHR Group, Monique is a leader among women, having received many awards. Follow her on FB at www.facebook/highroadlesstraffic and Twitter @highroadthebook.

Keberanian: Membantu Seseorang yang Anda Kasihi Melalui Masa Perceraian

Mari berbicara mengenai keberanian. Merriam-Webster mendefinisikan bravery sebagai kualitas yang membuat seseorang mampu untuk melakukan hal-hal yang berbahaya atau menakutkan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr