5 hal yang harus tidak Anda lakukan dalam pernikahan

Pernikahan merupakan sebuah hal yang sakral dimana dalam menjalaninya membutuhkan upaya dari kedua pihak untuk mampu menciptakan sebuah keluarga yang berhasil.

2,860 views   |   15 shares
  • Pernikahan bukanlah institusi yang mudah terutama ketika pasangan mengambil sikap acuh tak acuh. Banyak pasangan membebankan segala urusan pernikahan pada satu orang saja. Atau, mereka tidak menganggap serius pernikahan mereka. Padahal, menikah membutuhkan perhatian dan pengayoman. Pernikahan merupakan sebuah hal yang sakral dimana dalam menjalaninya membutuhkan upaya dari kedua pihak untuk mampu menciptakan sebuah keluarga yang berhasil.

  • Awal pernikahan saya cukup sulit. Kami berdua telah bercerai sebelumnya. Ketika kami memutuskan untuk menikahm kami berdua telah bersalah karena mengulangi kesalahan yang terjadi pada pernikahan kami sebelumnya, yaitu kurangnya komunikasi dan harapan yang terlalu tinggi. Ketika kami menyadari bahwa kejadian itu terulang lagi, kami bersepakat mengambil langkah mundur dan mengevaluasi kembali hubungan kami. Apakah kami meninggalkan pernikahan atau berusaha keras untuk menuju keluarga yang sehat?

  • Sambil berusaha menuju pernikahan yang sehat, kami menyadari bahwa kami mengarah pada suatu keadaan dengan cara yang salah. Kami telah jatuh ke beberapa perangkap dalam pernikahan yang sudah banyak terjadi.

  • Berikut ini adalah beberapa penyebab permasalahan dalam pernikahan:

  • Tidak menghargai pasangan

  • Terkadang pasangan menikah bisa saling mengata-ngatai atau mengutuk hanya untuk melepas frustasi. Daripada saling menghina, lebih baik saling bicara. Pada saat marah inti pembicaraan terdengar hampir tidak masuk akal, tapi percakapan yang sopan dan jujur akan membawa hal baik dalam sebuah percakapan.

  • Kurang berterima kasih pada apa yang pasangan berikan

  • Berterima kasihlah kepada apa yang pasangan berikan kepada Anda. Banyak pasangan beranggapan bahwa sejak mereka sudah menikah, pasangan diharapkan untuk melakukan hal-hal tertentu. Hal tersebut belum tentu demikian. Ketika suami saya melakukan sesuatu untuk saya atau saya melakukan sesuatu untuknya, kami selalu mengucapkan terima kasih. Sebagai contoh, suatu ketika pada saat suami saya membantu pekerjaan sekitar rumah, dimana pada saat itu saya sedang ada urusan lain. Saya selalu mengucapkan terima kasih. Saya tidak terlalu mengharapkan hal itu darinya.

  • Menyela perkataan pasangan di dalam sebuah percakapan

  • Jika Anda menyela pasangan ketika dia sedang menceritakan pekerjaan yang melelahkan pada hari itu, atau Anda terlihat malas untuk mendengarkannya - ini merupakan hal yang kasar dan ceroboh. Berikan kesempatan untuk pasangan berbicara, namun jika memang Anda harus memotong pembicaraan lakukanlah dengan sopan dan tidak mengecewakannya.

  • Advertisement
  • Menceritakan keburukan pasangan kepada orang lain

  • Salah satu kesalahan terbesar dalam sebuah pernikahan ialah menceritakan keburukan pasangan kepada orang lain, bahkan terhadap anggota keluarga yang lain ataupun temannya. Anda membiarkan orang lain tahu bahwa Anda memiliki sedikit kebanggaan terhadap pasangan. Anda nampaknya juga sama sekali tidak menghargai pernikahan Anda. Hindari mengupas kembali masa lalu pasangan Anda dan menggunakannya sebagai bahan untuk mengatakan hal-hal negatif. Jika Anda tidak memiliki hal positif untuk dikatakan, cobalah untuk tidak mengatakan apa-apa.

  • Bertengkar di hadapan anak-anak

  • Anak-anak diibaratkan layaknya spons. Mereka akan menyerap segala sesuatu yang mereka lihat dan mereka dengar. Jika Anda dan pasangan sedang dalam satu ruangan saat mengalami perselisihan berat bersama-sama dengan anak-anak juga, maka hal itu akan mempengaruhi mereka. Mereka khawatir apakah orang tua mereka akan bercerai atau mungkin akan mulai membangun kembali keluarga yang sehat.

  • Amarah dan kekerasan tidak memiliki tempat di dalam pernikahan. Pernikahan adalah tentang rasa hormat, dukungan dan cinta. Ini tentang dua orang yang mengambil langkah terbaik mereka ke depan. Seorang suami dan istri hendaknya harus selalu bekerja sama, dan tidak bertentangan satu sama lain.

  • Artikel ini diterjemahkan oleh Andrean Setyadharma dari artikel asli berjudul "5 things you should never do in a marriage" karya Mayra Bitsko.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Mayra Bitsko is a freelance writer, the author of A Second Chance and The Past Beckons and holds a master's degree in business administration-accounting.

5 hal yang harus tidak Anda lakukan dalam pernikahan

Pernikahan merupakan sebuah hal yang sakral dimana dalam menjalaninya membutuhkan upaya dari kedua pihak untuk mampu menciptakan sebuah keluarga yang berhasil.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr