Sering bertengkar dengan pasangan? Mungkin Anda lupa melakukan hal-hal ini!

Pernikahan yang solid bukan berarti kebal terhadap pertengkaran lho. Dalam pernikahan, pertengkaranlah yang paling sering muncul tanpa pernah kita sadari. Hal-hal kecil sekalipun, tanpa Anda sadari dapat menjadi sumber perdebatan.

46,968 views   |   241 shares
  • Pernikahan yang solid bukan berarti kebal terhadap pertengkaran lho. Dalam pernikahan, pertengkaranlah yang paling sering muncul tanpa kita sadari. Hal-hal kecil pun dapat menjadi sumber perdebatan. Terkadang meskipun Anda dan pasangan sudah berkomitmen untuk meminimalisir pertengkaran, pertengkaran tetap ada. Komitmen tidaklah cukup untuk menghindari sebuah pertengkaran. Dibutuhkan tindakan nyata untuk mewujudkan pernikahan yang damai dan harmonis. Jika Anda sering bertengkar dengan pasangan Anda, mungkin Anda melupakan hal-hal penting berikut ini.

  • Bicara dengan lemah lembut

  • Emosi yang memuncak bisa membuat orang secara tidak sadar menggunakan nada tinggi saat berbicara. Ketika Anda melakukan hal ini, Anda justru akan semakin terbawah emosi, dan pasangan Anda juga akan tersinggung dengan ucapan Anda. Dan hal ini justru akan memperparah situasi. Untuk itu, hindarilah berbicara dengan emosi, dan biasakan berbicara lemah lembut dalam keluarga Anda, bagaimanapun situasinya.

  • Berusahalah mengalah

  • Ketika masalah muncul dalam pernikahan, pernahkah Anda mencoba mengalah untuk meredamkan suasana? Memang sangat sulit untuk mengalah ketika Anda sendiri merasa tidak salah. Tetapi apa salahnya, Anda belajar mengalah demi ketentraman pernikahan Anda? Biarkan keadaan tenang terlebih dahulu, barulah Anda membicarakan permasalah tersebut dengan pikiran yang tenang.

  • Selalu mengenang masa-masa ini

  • Setelah menikah selama bertahun-tahun masih sempatkah Anda berdua duduk berdampingan, merilekskan tubuh dan bersantai-santai ria sambil bernostalgia masa-masa indah dahulu? Jika kebiasaan ini sudah tidak lagi Anda lakukan, mulailah kembali membangun kebiasaan ini sekarang juga untuk memperkuat ikatan pernikahan.

  • Jangan menyela pembicaraan

  • Mungkin, dalam momen-momen tertentu Anda tidak menyadari bahwa Anda sering menyela pembicaraan pasangan Anda. Memang benar, ketika sudah menikah, kita akan menjadi lebih egois apalagi ketika kita sudah mengetahui kelemahan pasangan kita. Kita pasti akan menjadi semakin egois dalam hal-hal tertentu. Jangan lakukan kebiasaan ini, jika Anda ingin terhindar dari sebuah pertengaran dalam hubungan pernikahan Anda. Semua orang tentu tidak suka disela saat berbicara. Begitupun Anda atau pasangan Anda bukan?

  • Terbuka

  • Dalam pernikahan, keterbukaan akan segala hal dapat menghindarkan kita dari perselisihan dengan pasangan kita. Jangan sekali-sekali menyembunyikan sesuatu atau berbohong terhadap pasangan Anda. Baik itu kebohongan kecil sekalipun karena ini salah satu penyebab mengapa banyak pasangan suami istri sering bertengkar.

  • Advertisement
  • Jangan menyimpan dendam

  • Pernahkah Anda mengatakan, "Aku memaafkanmu", tetapi dalam hati, Anda menyimpan perasaan sakit hati atau dendam terhadap pasangan Anda. Jangan menumpuk-numpuk masalah hingga menjadi gunung berapi, yang siap meletus dan mengeluarkan apinya. Jangan menyimpan dendam atau masalah dalam hati Anda, karena ketika Anda tidak menahannya lagi, Anda akan meledak-ledak bagaikan gunung api tersebut. Masalah tidak untuk disimpan karena hanya akan meninggalkan luka. Dan pada akhirnya akan menimbulkan pertengakar juga bukan? Untuk itu, selalu terbuka akan perasaan Anda terhadap pasangan Anda.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Sering bertengkar dengan pasangan? Mungkin Anda lupa melakukan hal-hal ini!

Pernikahan yang solid bukan berarti kebal terhadap pertengkaran lho. Dalam pernikahan, pertengkaranlah yang paling sering muncul tanpa pernah kita sadari. Hal-hal kecil sekalipun, tanpa Anda sadari dapat menjadi sumber perdebatan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr