Nenek, Saya Ingin Cerita: Membangun Pusaka Melalui Tradisi

Apa cerita keluarga Anda? Apa yang terjadi dengan leluhur Anda, orang tua Anda, saudara Anda?

584 views   |   2 shares
  • Apa cerita keluarga Anda? Apa yang terjadi dengan leluhur Anda, orang tua Anda, saudara Anda?

  • Tradisi keluarga adalah penjelasan tentang jati diri kita sebagai keluarga dan apa yang telah kita alami. Ini biasanya dalam bentuk cerita dan inti dari sejarah keluarga. Apa tradisi keluarga Anda?

  • Saya telah mendengar beberapa cerita yang luar biasa dari banyak kelurga selama bertahun-tahun yang telah menjadi tradisi yang diturunkan dari mulut ke mulut selama banyak generasi. Itu dapat menjadi sumber kesenangan bagi keluarga.

  • Beberapa tradisi keluarga sangat lucu. Seorang teman menceritakan bagaimana anaknya selalu tidak bisa tenang selama Minggu malam. Suatu hari Minggu, dia muncul dengan baju tidur yang konyol, menyalakan radio dengan kecang dan mulai menari di ruang tamu. Anak-anak terkejut. Lalu mereka bergabung, tertawa dan berjoget bersama. Sebuah tradisi yang lahir saat itu juga. Sekarang tiap hari Minggu mereka semua mengenakan baju tidur yang konyol dan berjoget di ruang tamu.

  • Beberapa tradisi keluarga adalah serius. Kakek saya sering menceritakan kisah di masa Perang Dunia I. Dia berada di Prancis dan mengendarai truk besar di jalan. Tiba-tiba truknya mati. Dia mencoba untuk menyalakannya namun selalu gagal. Akhirnya, dalam keputusasaan dia turun dari truk dan berjalan ke arah depan untuk melihat masalahnya. Sewaktu dia berjalan, dia memerhatikan bahwa ban depan agak naik. Sewaktu melihat ke bawah truk, dia menyadari bahwa bannya berada di atas ranjau darat. Jika saja truknya berjalan beberapa cm saja, truknya akan meledak dan membunuhnya. Dia bersimbah keringat dan mengucapkan syukur dalam doa. Dia kembali naik ke truk. Dan mesin langsung nyala, dan dia mundur dengan sangat hati-hati. Dia selalu mengakhiri cerita dengan mengatakan, “Saya tahu Tuhan telah menyelamatkan saya dengan suatu tujuan yang penting.”

  • Pikirkan mengenai kisah tradisi keluarga Anda. Biasanya itu dimulai dengan “Ingat sewaktu...?” Lalu seluruh anggota keluarga mulai mengenang. Ketika ada kakek nenek, mereka mungkin memulai permbicaraan dengan, “Pernahkah saya menceritakan kepadamu sewaktu...?” Cerita itu sangat berharga. Itu dapat panjang atau pendek; lucu atau terharu. Beberapa sangat bermakna atau konyol. Namun demikian, itulah cerita keluarga Anda — jati diri Anda dan pengalaman Anda.

  • Kisah ini adalah alat pengajaran yang sangat berharga. Anda dapat menggunakannya dalam berbagai macam situasi. “Anda mengingatkan saya kepada nenek. Dia suka memanggang kue seperti kamu. Masih ingat cerita ketika dia membuat kue bolu dari pisang di pinggi rel kereta dan memenangkan uang 1 juta rupiah dari festival jajanan dan dengan itu membiayai kuliahnya? Dia sangat kreatif dalam memasak sama seperti kamu.” Momen mengajar yang hebat.

  • Advertisement
  • Melalui cerita ini, Anda telah diajar untuk suka memanggang kue, suka untuk memasak di rumah, menajdi kreatif dalam menyelesaikan masalah, masuk ke dalam pikiran kreatifnya, nilai dari kuliah, dan bahwa Tuhan menjawab doa dengan cara yang unik dan kasih dari nenek yang periang di satu cerita. Wow! Itu merupakan satu paket momen mengajar yang luar biasa!

  • Menyenangkan untuk memiliki cerita. Anda mengulangnya lagi dan lagi, “Anak-anak, itu hebat ya waktu Hendri menang kejuaraan provinsi. Kamu hebat Hendri, ketinggalan poin di empat permainan, lalu menggila di permainan ke lima. Luar biasa. Sarah, ingat wajahnya ketika dia lompat dengan piala di tangannya? Hebat banget.” Sungguh tradisi baru hebat yang kamu buat untuk keluarga. Cerita yang menginspirasi “Hendri Si Kuda Hitam yang Juara”.

  • Jadi Anda sedang mengerjakan “Rencana” dan Anda membagikan cerita dari Paman Otis yang Hebat dan Model T. Anda mengajar mengenai merapikan tempat tidur, dan si kecil Jason mulai tertawa dan berkata, “Ingat Paman Edward menceritakan kepada kita mengenai saat dia terjepit kasur ketika kasur lipatnya rusak?”

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "Grandma, tell me a story Building a legacy through family lore" karya Merrilee Boyack.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Merrilee Boyack is a mom of four sons, grandma to two and an attorney, author, and professional speaker. Email at: maboyack@gmail.com. Website: MerrileeBoyack.com

Nenek, Saya Ingin Cerita: Membangun Pusaka Melalui Tradisi

Apa cerita keluarga Anda? Apa yang terjadi dengan leluhur Anda, orang tua Anda, saudara Anda?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr