Musim hujan datang. Apa yang perlu diantisipasi demi keselamatan semua?

Tidak ada yang akan menyelamatkan kita kecuali kita menjaga diri, sebagai penunjuk bahwa kita sangat menghargai kehidupan ini yang telah Tuhan berikan kepada kita.

689 views   |   0 shares
  • Hujan sangat dinanti oleh semua orang ketika musim kemarau sudah terlalu lama. Tapi, hati-hati, tidak sedikit korban musibah yang terjadi saat musim hujan. Inilah tips mengantisipasi kerugian secara fisik maupun materi yang terjadi akibat musibah-musibah di musim hujan.

  • Kecelakaan berkendara

  • Jagalah point-point berikut untuk membantu meminimalisir kecelakaan pada diri Anda.

    1. Kondisi ban kendaraan harus terjaga, jangan sampai sudah terlalu halus permukaannya.

    2. Lampu kendaraan dan klakson dalam keadaan baik dan normal.

    3. Konsentrasi lebih saat berkendara, dan atasi terlebih dahulu rasa kantuk.

    4. Gunakan sandal atau sepatu yang tidak licin jika terkena air pada saat berkendara.

    5. Gunakan perlatan keselamatan seperti helm dengan kaca helm yang tidak berwarna, gunakan mantel hujan yang pas ukuran. Upayakan pula mantel hujan tidak sampai terlalu bergerak bebas sampai ke roda belakang.

  • Korsleting listrik

  • Pastikan rumah dalam keadaan tidak bocor pada saat hujan mulai membasahi rumah Anda. Ditakutkan apabila ada sambungan atau kabel listrik rumah yang terbuka akan menjadi musibah yaitu korsleting listrik atau hal buruk lainnya yang disebabkan oleh hal itu.

  • Rumah tergenang air luapan

  • Pada saat musim kemarau mungkin rumah Anda akan terbebas dari kebanjiran, namun tidak menutup kemungkinan itu terjadi jika sampai selokan atau sungai terhambat alirannya akibat sampah dan kotoran lainnya. Bersihkan setiap aliran air di sekitar rumah Anda, atau galakkan acara pembersihan selokan pada daerah setempat untuk meminimalkan kerugian dari luapan saluran air saat hujan. Sebagai manusia yang mencintai kebersihan lingkungan hindari buang sampah tidak pada tempatnya terutama di setiap saluran air di depan rumah Anda.

  • Tersambar petir

  • Zaman sekarang hampir setiap orang menggunakan alat komunikasi secara nirkabel yakni menggunakan sinyal, sedangkan sinyal yang dihasilkan secara kimia merupakan konduktor bagi ratusan bahkan jutaan mega watt listrik yang dari petir. Anda pasti tidak ingin bahaya menimpa orang-orang tercinta Anda, maka dari itu bilang tidak menggunakan alat tersebut saat hujan kepada Anda dan mereka. Cari tempat yang lebih aman dan hendaknya di dalam rumah, dan tidak di dekat jendela.

  • Kita hidup di dunia dikelilingi oleh banyak sekali hal buruk yang membahayakan jiwa kita, kita tidak bisa menghindari dari takdir yang telah dibuat oleh Sang Pencipta. Maka dari itu tidak ada yang akan menyelamatkan kita kecuali kita mengantisipasi dan menjaga diri, sebagai penunjuk bahwa kita sangat menghargai kehidupan ini yang telah Tuhan berikan kepada kita. Semoga keselamatan selalu menemani kita semua.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya adalah ayah dari seorang putra usia 2,5 tahun, saya saat ini bekerja di kantor pos. Di waktu luang saya memanfaatkan waktu untuk menulis dan bermain dengan putra saya. Semoga tulisan-tulisan saya dapat menginspirasi para pembaca.

Musim hujan datang. Apa yang perlu diantisipasi demi keselamatan semua?

Tidak ada yang akan menyelamatkan kita kecuali kita menjaga diri, sebagai penunjuk bahwa kita sangat menghargai kehidupan ini yang telah Tuhan berikan kepada kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr