4 hal yang dapat membuat anak Anda menangis diam-diam di malam hari

Bukalah mata Anda lebar-lebar untuk melihat apa yang Anda lakukan yang mungkin mengakibatkan anak Anda bersedih dan menangis diam-diam.

9,698 views   |   34 shares
  • Kadang orangtua tidak menyadari dampak tingkah laku tertentu terhadap anak-anak mereka. Orangtua yang penuh kasih tidak ingin mencederai anak secara fisik maupun mental, tetapi jika Anda tidak hati-hati, hal itu dapat terjadi. Perbuatan-perbuatan ini dapat menyebabkan anak-anak kecil yang sangat Anda cintai itu menangis di malam hari, tanpa Anda ketahui.

  • 1. Membiarkan anak menonton siaran berita yang menyedihkan

  • Anak-anak tidak mempunyai pengalaman untuk memproses berita tragis. Semuanya terasa nyata, seolah-olah hal itu terjadi di sebelah rumah atau hal itu dapat saja terjadi di rumah mereka sendiri. Bahkan walaupun mungkin saja terjadi, anak hendaknya tidak dibebani oleh kemungkinan ini. Mereka bisa merasa takut sekali. Perhatikan apa yang ditonton anak di TV dan apa yang Anda bicarakan di depan mereka.

  • Inilah kisah seorang wanita semasa kecilnya. Dia masih berumur lima tahun ketika anak satu-satunya sebuah keluarga terpandang diculik. Setiap hari berita ini menjadi bahan pembicaraan orang banyak. Karena anak itu diculik dari tempat tidurnya di malam hari, gadis cilik ini mengira dia akan menjadi korban berikutnya. Setiap malam selama beberapa waktu dia menangis sampai tertidur karena takut. Orangtuanya tidak menyadari dalamnya akibat kecemasannya.

  • Anak-anak kecil seringnya tidak tahu bagaimana membicarakan ketakutannya. Doronglah mereka agar memberi tahu Anda jika mereka takut. Orangtua harus peka terhadap hal ini dan melindungi mereka dari berita yang terlalu menyedihkan.

  • 2. Anda bertengkar dengan pasangan

  • Anda berdua bertengkar di dalam kamar dan mengira anak Anda tidak mendengarnya. Dinding kamar Anda tipis dan tidak kedap suara. Anak-anak dapat mendengarnya dan mereka tidak menyukainya. Mendengar pertengkaran itu, mereka mengira sesuatu yang buruk akan terjadi pada keluarga mereka. Jangan bebani mereka dengan perasaan seperti itu.

  • Anak-anak tidak dapat membedakan apakah teriakan Anda serius atau tidak. Bagi mereka semua itu serius. Tenangkan diri Anda dan bahaslah persoalan dengan baik-baik. Berjalan-jalanlah keluar atau naik kendaraan di mana anak-anak tidak dapat mendengar pertengkaran itu. Bukan berarti anak-anak tidak boleh mendengar orangtua berbeda pendapat. Ini sebetulnya baik bagi mereka. Yang menakutkan dan menyakiti perasaan mereka adalah teriakan, jeritan dan suara keras Anda berdua. Mereka mungkin membenamkan kepala mereka di bantal dan menangis karena mereka jarang melihat hasil pemecahan konflik ini.

  • Advertisement
  • 3. Anda menceraikan teman hidup

  • Inilah kesedihan terbesar bagi seorang anak. Jarang ada cara untuk mengurangi sakitnya pukulan ini. Ada saatnya ketika perceraian tidak dapat dihindari, namun kebanyakan masih dapat diselamatkan. Ketahuilah bahwa perceraian sangat menyakitkan bagi anak-anak. Ada yang berkata bahwa, "Kami terus bertengkar. Lebih baik bagi anak-anak bila kami berpisah." Ini sama sekali tidak benar. Dalam sebuah buku terlaris pilihan New York Times yang berjudul The Unexpected Legacy of Divorce,para pengarangnya berkata, "Bagi anak-anak perceraian mengubah hidup mereka selamanya. Mereka mulai melihat dunia tidak dapat diandalkan, tempat yang berbahaya karena hubungan terdekat yang ada dalam hidup mereka tidak lagi kokoh. Yang lebih sedih, pengalaman baru ini mengakhiri masa kanak-kanak mereka."

  • Seorang teman mengatakan bahwa dia berniat menceraikan suaminya dan dia berkata, "Anak-anak tidak akan apa-apa. Mereka kuat. Mereka akan segera dapat mengatasinya." Dia sama sekali tidak tahu apa yang dialami anak-anaknya. Selama beberapa waktu mereka menangis berpelukan setiap malam. Mereka tidak berani menangis di depan ibunya karena khawatir akan kecewa melihat mereka. Sampai sekarang masih terasa menyakitkan. Dan ibu mereka masih juga tidak tahu bagaimana dampak perceraian terhadap mereka. Mau tidak mau mereka bertanya, mengapa orangtua mereka tidak mencari jalan keluar demi anak-anak? Jika Anda mempertimbangkan untuk bercerai, kami menganjurkan agar Anda berusaha sekeras mungkin untuk memperbaiki pernikahan Anda. Jangan menjadi penyebab tangis mereka di malam hari.

  • 4. Anda mengatai anak dan kadang memukulnya

  • Menyebut anak Anda malas, bodoh, dan pengecut dapat menusuk hati mereka. Perhatikan apakah Anda pernah menyebut anak-anak Anda seperti itu ketika Anda sedang marah kepada mereka. Jika demikian, stop! Ini lebih menyakitkan daripada yang Anda kira! Hal ini tidak akan memberi ilham supaya mereka lebih maju, malah sebaliknya.

  • Jika Anda memukul anak-anak Anda, mereka akan belajar bahwa tidak ada salahnya memukul. Ini tidak benar! Anda boleh menerapkan disiplin yang tegas tanpa harus memukul anak-anak. Tetapkan batas-batas peraturan Anda secara tegas namun penuh kasih. Hasilnya akan jauh lebih positif dan tidak akan membuat mereka menangis sebelum tid ur.

  • Berikan anak-anak Anda kasih yang pantas mereka terima. Beritahu mereka dengan perkataan maupun perbuatan bahwa Anda mengasihi mereka. Mereka akan mengasihi Anda selamanya karena itu.

  • Advertisement
  • Artikel ini diterjemahkan oleh Irma Shalimar dari artikel asli berjudul "4 things parents do that cause their children to secretly cry in the night"_karya Gary dan Joy Lundberg

Bagikan pada teman dan keluarga..

Gary adalah terapis keluarga dan pernikahan berlisensi sementara Joy adalah penulis dan penyair. Mereka sering mengadakan seminar dan menulis buku tentang hubungan, salah satunya "I Don't Have to Make Everything All Better".

Situs: http://garyjoylundberg.com

4 hal yang dapat membuat anak Anda menangis diam-diam di malam hari

Bukalah mata Anda lebar-lebar untuk melihat apa yang Anda lakukan yang mungkin mengakibatkan anak Anda bersedih dan menangis diam-diam.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr