5 cara orang dewasa menyakiti orangtua mereka tanpa menyadarinya

Apa yang Anda lakukan untuk mencerahkan kehidupan orangtua Anda di hari tuanya? Membawa sedikit cahaya dan kebahagiaan dalam hidup mereka akan meninggalkan warisan cinta dari anak-anak Anda.

9,844 views   |   69 shares
  • Pada umumnya sebagai seorang anak, tentulah kita wajib menghargai orangtua kita. Dan hal ini sangat tergantung bagaimana kita memperlakukan mereka. Orangtua tidak akan meminta kita untuk melakukan ini dan itu. Tetapi tanpa sadar terkadang kita sebagai anak yang telah beranjak dewasa, pernah membuat orangtua kita sakit hati.

  • Kami coba merumuskan menjadi 5 point. Jika Anda adalah orangtua dari anak-anak yang sudah beranjak dewasa. Anda mungkin akan mengenali beberapa point tersebut.

  • Sebagai orangtua yang sudah usia lanjut, kebutuhan fisik mereka mungkin sudah berubah. Tetapi kebutuhan akan cinta dari kita anak-anaknya tidak berubah. Dan bahkan kita seringkali lupa untuk memberikan sekedar perhatian pada mereka.

  • Mari kita kroscek satu persatu, apakah kita pernah melakukannya.

  • 1. Kita tidak banyak waktu untuk melihat kondisinya

  • Kesibukan bekerja terkadang membuat kita lupa menanyakan kabar orangtua kita. Untuk menelpon saja kita terkadang lupa, apalagi mengunjunginya dan membawakan makanan kesukaannya. Kita mungkin berpikir, mereka yang akan menghubungi kita, ketika mereka membutuhkan kita. Tetapi ketahuilah orangtua kita tidak akan melakukannya, karena mereka takut mengganggu kesibukan kita, dan takut menelpon di waktu yang salah.

  • Setiap orangtua pasti merindukan anaknya, dan mereka mengharapkan inisiatif Anda untuk melakukannya terlebih dahulu. Menanyakan kabar mereka terlebih dahulu, tanpa harus mereka memintanya. Saat Anda menghubunginya usahakan untuk selalu memberi kabar baik, karena kabar buruk hanya akan membuat orangtua kita semakin mencemaskan kita. Jika orangtua kita memberikan banyak nasihat, terimalah itu semua, ucapkan terima kasih atas perhatiannya kepada Anda. Tidak lupa juga mengatakan rasa kagum dan cinta Anda untuk mereka. Hal itu sederhana, tapi sangat berkesan di hati mereka, orangtua kita.

  • 2. Anda menghubungi orangtua, hanya ketika Anda membutuhkan uang

  • Beberapa anak hanya menghubungi orangtuanya ketika mereka membutuhkan uang. Jangan lakukan itu. Anda orang dewasa yang mampu mencari uang untuk diri Anda sendiri dan keluarga Anda. Orangtua Anda telah bekerja keras untuk apa yang telah mereka miliki saat ini. Jadi biarkan uang itu pun dipergunakan untuk kebutuhan mereka. Jangan meminta uang kepada orangtua Anda. Jika Anda memilih berutang dan meminjam uang maka bayarlah secepat mungkin uang orangtua Anda. Mereka membutuhkannya untuk kehidupan mereka sehari-hari atau untuk kesenangan mereka pribadi di hari tua.

  • Advertisement
  • 3. Anda lupa ulang tahun orangtua

  • Orangtua sangat suka apabila diingat pada hari khusus mereka. Seperti hari ulang tahun dan ulang tahun pernikahan. Tidak perlu ada perayaan khusus. Tapi sebagai anak, Anda tentu tahu harus berbuat apa agar hati kedua orangtua Anda merasa bahagia. Anda dapat memberikan mereka hadiah. Karena mereka pun sama dengan Anda yang senang apabila mendapatkan hadiah dari orang-orang tersayang. Jika Anda tidak punya cukup uang untuk mempersiapkan makan malam spesial dengan mereka, Anda dapat mengirimkan sebuah kartu ucapan. Tetapi jika posisi Anda berada dekat dengan mereka maka sempatkanlan untuk mengunjunginya, mengucapkan ucapan selamat secara langsung kepada mereka. Berikan pelukan dan ciuman sebagai wujud kasih sayang Anda. Biar mereka tahu bahwa Anda memikirkan mereka di sela-sela kesibukan Anda.

  • 4. Anda tidak pernah menawarkan bantuan kepada mereka

  • Anda mungkin berpikiran mereka tidak membutuhkan apa-apa, karena mereka tidak pernah memberi tahu Anda hal tersebut. Orangtua kita mungkin takut, jika mengganggu waktu dan pekerjaan kita. Bagaimana jika Anda yang terlebih dahulu menawarkan bantuan kepada mereka, menanyakan apa yang mereka butuhkan. Misalnya saja menawarkan bantuan untuk membersihkan ruangan di lantai 2. Sedikit perhatian dari Anda, dapat membuat orangtua kita merasa dihargai.

  • 5. Anda tidak mengikutsertakan mereka dalam acara keluarga Anda

  • Mereka tidak perlu diikutsertakan dalam segala sesuatu di setiap acara Anda. Tetapi undanglah mereka pada acara utama yang Anda adakan. Mereka ingin menjadi bagian dari acara-acara khusus yang terjadi di keluarga kecil Anda. Seperti makan malam saat liburan, konser anak-anak Anda pada sebuah pertunjukan, syukuran keagamaan, atau pernikahan anak-anak Anda. Biarkan orangtua kita merasakan kebersamaan dengan keluarga kecil kita. Meskipun itu hanya undangan makan malam di akhir minggu, hal itu akan membahagiakan hati mereka. Begitu pula saat mereka mengundang Anda makan malam di rumah mereka. Penuhilah undangan tersebut dan datanglah dengan keluarga kecil Anda.

  • Apakah ini yang Anda inginkan?

  • Lihatlah bagaimana Anda memperlakukan orangtua Anda dan tanyakan pada diri Anda sendiri jika ini adalah cara yang Anda inginkan dari anak-anak Anda ketika mereka dewasa. Anak-anak Anda akan mencontoh dan bersikap sama kepada Anda, persis seperti cara Anda memperlakukan orangtua Anda saat ini. Mereka akan meniru apa yang Anda lakukan, sehingga sebelum semuanya terlambat Anda dapat mengubah sikap Anda kepada orangtua Anda. Jika selama ini terlalu cuek dan tidak perhatian, mulailah hari ini dengan menelpon dan menanyakan kabarnya.

  • Advertisement
  • Artikel ini diterjemahkan oleh Irni Fatma Satyawati dari artikel asli berjudul "5 ways adult children hurt their parents without realizing it" oleh Gary and Joy Lundberg.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Gary adalah terapis keluarga dan pernikahan berlisensi sementara Joy adalah penulis dan penyair. Mereka sering mengadakan seminar dan menulis buku tentang hubungan, salah satunya "I Don't Have to Make Everything All Better".

Situs: http://garyjoylundberg.com

5 cara orang dewasa menyakiti orangtua mereka tanpa menyadarinya

Apa yang Anda lakukan untuk mencerahkan kehidupan orangtua Anda di hari tuanya? Membawa sedikit cahaya dan kebahagiaan dalam hidup mereka akan meninggalkan warisan cinta dari anak-anak Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr