5 alasan keliru ingin segera mengakhiri masa lajang

Jangan jadikan usia sebagai masalah yang harus Anda takuti, tetapi akhirnya justru makan hati akibat mengorbankan perasaan yang seharusnya bisa Anda hindari.

2,464 views   |   6 shares
  • Memasuki babak baru dalam kehidupan berumah tangga adalah harapan hampir setiap orang. Namun, tidak setiap orang beruntung bisa segera menemukan jodoh dan akhirnya melangsungkan pernikahan.

  • Ada banyak persoalan menjadi penghambat mengapa seseorang mengalami kesulitan menemukan jodoh sesuai yang diharapkan. Akibatnya, banyak di antara mereka hanya sekedar menikah demi alasan-alasan tertentu yang sebetulnya harus dihindari.

  • Jika Anda serius ingin segera mengakhiri masa lajang dan hidup berumah tangga, maka sebisa mungkin hindarilah alasan-alasan berikut ini:

  • Usia

  • Sebetulnya tidak ada batasan usia berapa sebaiknya seseorang harus menikah. Namun, desakan dari orangtua, cibiran dari tetangga dan teman bagaikan sebuah vonis yang sangat menyayat hati. Keputusan menikah sejatinya terletak di tangan Anda, hanya Anda yang bisa menentukan kapan seharusnya Anda menikah dan siapa calonnya. Jadi, jangan jadikan usia sebagai masalah yang harus Anda takuti, tetapi akhirnya justru makan hati akibat mengorbankan perasaan yang seharusnya bisa Anda hindari.

  • Harta dan kekayaan

  • Mempertimbangkan unsur bobot dalam banyak hal memang sangat membantu dalam mensejahterakan seseorang dalam kehidupan. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang justru harus merasakan penderitaan akibat terlalu ambisius mengejar harta dan kekayaan. Sejatinya menikah adalah masalah hati sedangkan harta dan kekayaan bisa Anda cari bersama pasangan, tetapi kedamaian hati tidak bisa dibeli oleh keduanya.

  • Pendidikan

  • Menikah dengan seseorang yang memiliki gelar tinggi dalam pendidikan memang sangat membanggakan. Namun berhati-hatilah, belum tentu seseorang dengan pendidikan yang tinggi memiliki budi pekerti serta ketulusan dalam mencintai Anda. Intinya, tidak masalah pendidikan calon Anda tinggi atau rendah, yang harus betul-betul Anda perhatikan di sini adalah apakah calon Anda betul-betul mencintai Anda dan mau bertanggung jawab serta bersedia bekerja keras untuk membahagiakan dan memenuhi kebutuhan Anda dan keluarga nantinya.

  • Hamil di luar nikah

  • Semoga hal ini tidak menimpa Anda! Tetapi tetap saja banyak kasus muda-mudi menikah karena faktor yang satu ini. Menikah sejatinya bukanlah karena faktor nafsu, tetapi lebih karena perasaan nyaman dan kedekatan hati serta perasaan Anda dengan calon pasangan Anda. Sedangkan menikah akibat hamil di luar nikah hanyalah sebuah cara untuk menutupi aib keluarga dan kedua pasangan, sehingga bisa segera diterima oleh masyarakat.

  • Advertisement
  • Menikah dini

  • Saat ini masih banyak kasus anak-anak dinikahkan bahkan sebelum mereka menginjak masa remaja. Alasannya banyak mulai dari perjodohan, tidak ingin dibilang tidak laku, atau karena supaya bisa melihat keturunan sedikit lebih lama. Perlu diketahui bahwa menikah di usia yang belum matang memiliki banyak sekali risiko, di samping karena perkembangan kepribadian yang masih labil, juga fungsi organ-organ reproduksi belum berkembang secara maksimal, sehingga sangat berbahaya bagi wanita jika sampai terjadi kehamilan.

  • Membangun sebuah rumah tangga bukanlah ajang untuk coba-coba karena akan ada banyak hal Anda temui di dalam kehidupan sebagai suami-istri. Oleh karena itu, menikahlah hanya dengan seseorang yang betul-betul Anda cintai karena setiap dari Anda berhak merasakan kebahagiaan. Janganlah terburu-buru ingin menikah, jika Anda masih ragu dengan calon pasangan Anda. Selidikilah terlebih dahulu dengan seksama karakter, kepribadian, pekerjaan dan sebagainya dari calon pendamping Anda supaya Anda tidak menyesal nantinya.

Bantu kami menyebarkan

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

5 alasan keliru ingin segera mengakhiri masa lajang

Jangan jadikan usia sebagai masalah yang harus Anda takuti, tetapi akhirnya justru makan hati akibat mengorbankan perasaan yang seharusnya bisa Anda hindari.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr