Hindari hidup malas dengan 9 cara berikut

Kemalasan bukanlah suatu penyakit, kemalasan adalah musuh terbesar yang seringkali menyerang kehidupan manusia namun sangat sulit untuk dihindari. Ketika rasa malas itu muncul, cobalah mengatasinya dengan melakukan beberapa hal ini.

8,805 views   |   23 shares
  • Kemalasan bukanlah suatu penyakit, kemalasan adalah musuh terbesar yang seringkali menyerang kehidupan manusia namun sangat sulit untuk dihindari. Malas bukan hanya berarti berdiam diri dan tidak melakukan kegiatan apa-apa. Menunda-nunda pekerjaan atau melakukan sesuatu dengan setengah hati adalah bagian dari kemalasan. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang merasa malas untuk melakukan suatu aktivitas. Ketika virus kemalasan itu datang di saat yang tidak tepat dan Anda pun hanyut di dalamnya, Anda tidak akan bisa mencapai semua hal yang berarti yang seharusnya bisa Anda capai saat itu juga. Karena kemalasan hanya menghasilkan hal yang sia-sia, membuang waktu produktivitas Anda dan membuat kehidupan Anda tidak optimal.

  • Orang yang hidupnya penuh kemalasan akan jauh dari keberhasilan. Kemalasan menjadi salah satu penghambat dan penghalang Anda dalam meraih cita-cita Anda. Ketika rasa malas itu muncul, cobalah mengatasinya dengan melakukan beberapa tips berikut:

  • 1. Bangkitkan semangat kembali

  • Hanya orang yang penuh semangatlah yang akan nyaman melakukan suatu pekerjaan tanpa harus bermalas-malasan. Ketika kemalasan itu muncul, itu artinya semangat Anda sudah mulai redup dan berkurang. Katakan pada diri Anda sendiri dan yakini bahwa Anda bisa, Anda mampu untuk bangkit dan mengalahkan rasa malas tersebut.

  • 2. Ingat tanggung jawab Anda

  • Ketika seseorang dibebani oleh suatu tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan, secara otomastis ia juga dibebani oleh tanggung jawab. Tanggung jawab wajib dipenuhi. Orang yang mengabaikan tanggung jawabnya, tidak akan menghargai dirinya sendiri. Sehingga orang lain pun akan hilang kepercayaan terhadapnya. Pikirkan kembali apa yang akan terjadi jika Anda tidak melakukan tanggung jawab tersebut.

  • Apakah akan ada dampak buruk dan kerugian yang Anda dan orang lain alami jika Anda tidak melakukannya?

  • 3. Lakukan gerakan fisik

  • Jika rasa malas itu menghampiri Anda, cobalah bangkit dari tempat Anda dan mulailah menggerakkan anggota tubuh Anda secara teratur. Olah fisik secara tepat dan teratur adalah cara yang baik untuk meningkatkan energi Anda yang mulai berkurang. Tubuh yang tidak fit akan menghambat Anda untuk beraktivitas sepanjang hari.

  • 4. Beristirahatlah sejenak

  • Rasa malas sering kali ditandai dengan perasaan mengantuk dan pada akhirnya orang lebih memilih untuk tidur. Mengantuk yang disebabkan oleh kurangnya waktu istirahat Anda, membuat Anda tidak fokus dan tidak konsentrasi lagi pada kegiatan Anda. Jika demikian terjadi, ambillah sedikit waktu untuk beristirahat sejenak. Pastikan Anda memiliki kualitas tidur yang cukup agar Anda tidak merasa ngantuk ketika harus bekerja.

  • Advertisement
  • 5. Coklat dan air putih secukupnya

  • Mengonsumsi sebatang coklat, atau segelas air putih pada saat rasa malas itu datang, disinyalir dapat membangkitkan gairah dan kepercayaan diri Anda kembali. Makanan dan minuman tersebut dapat mengubah mood Anda menjadi lebih baik.

  • 6. Pikirkan manfaat dan hasilnya akhirnya

  • Seperti ada pepatah mengatakan bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian. Seperti itulah kehidupan ini. Untuk mencapai semua hal yang terbaik dalam hidup Anda, pastinya perlu usaha dan kerja keras yang lebih. Nah, bagaimana Anda bisa mencapainya jika salah satu alasan Anda menjadi malas karena Anda menemui kesulitan pada kehidupan Anda. Pikirkanlah manfaat dan hasil akhirnya di kemudian hari, pikiran ini dapat memotivasi Anda untuk lebih fokus pada masa depan Anda daripada kemalasan saat ini.

  • 7. Buat daftar kegiatan sebelum memulai hari Anda

  • Hidup yang lebih terorganisir dan terjadwal akan meminimalisir kemalasan itu mencul. Membuat daftar kegiatan setiap sebelum tidur dapat membantu Anda menghalau rasa malas di sepanjang hari esok yang akan Anda jalani. Segala sesuatu yang telah tersusun rapi dapat membantu Anda memutuskan tindakan apa yang dapat Anda lakukan selanjutnya. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk Anda menunda-nunda, karena Anda telah tahu langkah apa yang harus Anda lakukan lagi.

  • 8. Sadarlah akan waktu yang terus berjalan

  • Banyak hal positif yang dapat Anda lakukan dengan waktu yang Anda miliki saat ini. Jangan biarkan waktu berlalu begitu saja tanpa tindakan apa-apa. Jika Anda tidak ingin kewalahan dengan pekerjaan yang akan menumpuk nantinya, cobalah untuk melakukan selangkah demi selangkah. Jangan mengabaikan waktu yang ada karena sadarlah waktu akan terus berjalan. Dengan melihat jam akan memaksa Anda untuk lebih cepat menyelesaikan pekerjaan.

  • 9. Cari teman

  • Pada titik kemalasan yang paling parah yang Anda alami terkadang Anda membutuhkan orang lain untuk memberikan semangat dan memotivasi Anda mengatasi kemalasan Anda. Teman yang baik pastinya akan mendorong Anda agar dapat mencapai kesuksesan.

  • Jadilah seseorang yang aktif dan produktif setiap hari, namun sangat dianjurkan juga Anda meluangkan waktu pada saat libur untuk beristirahat dan bermalas-malasan melepaskan semua kepenatan rutinitas Anda.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Hindari hidup malas dengan 9 cara berikut

Kemalasan bukanlah suatu penyakit, kemalasan adalah musuh terbesar yang seringkali menyerang kehidupan manusia namun sangat sulit untuk dihindari. Ketika rasa malas itu muncul, cobalah mengatasinya dengan melakukan beberapa hal ini.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr