Kenali ciri-ciri pernikahan yang terancam tidak bahagia

Walaupun Anda telah berusaha melakukan yang terbaik, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri hubungan pernikahan Anda yang mulai mengarah ke arah ketidakbahagiaan.

13,025 views   |   54 shares
  • Pernikahan idaman semua orang adalah pernikahan yang diawali, dijalani dan diakhiri dengan tujuan mencapai kebahagiaan bersama orang yang Anda cintai. Sederet usaha, kesabaran dan pengorbanan pasti Anda dan pasangan akan lakukan untuk mendapatkan pernikahan yang bahagia. Namun, tidak satu orang pun yang tahu apa yang bisa terjadi dalam perjalanan pernikahan Anda ke depannya. Walaupun Anda telah berusaha melakukan yang terbaik, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri hubungan pernikahan Anda yang mulai mengarah ke arah ketidakbahagiaan. Dengan begitu, Anda bisa mencegah dan mempertahankan rumah tangga Anda jika suatu saat tanda-tanda tersebut menghampiri pernikahan Anda. Berikut ciri-ciri pernikahan yang terancam tidak bahagia :

  • 1. Komunikasi yang terhambat

  • Mengobrol, membicarakan masalah dan berbagi cerita kepada pasangan adalah cara yang paling tepat agar Anda tahu perasaan satu sama lainnya. Tanpa komunikasi yang intens Anda tidak akan tahu apa yang menjadi keinginan dan harapan dari pasangan Anda. Menjalin komunikasi yang baik dan terbuka sama saja meminimalisir terjadinya kesalahpahaman. Berusahalah untuk lebih sering berkomunikasi dengan pasangan Anda. Karena jika tiba-tiba komunikasi Anda berkurang bahkan jarang terjadi, Anda akan kehilangan masa-masa bahagia pernikahan Anda.

  • 2. Kurangnya waktu bersama pasangan

  • Ketika hubungan Anda bersama pasangan menjadi hambar dan tidak bergairah lagi, akan ada ketidaknyamanan yang terjadi jika Anda berada dekat dengan pasangan. Sebagian dari Anda tentu akan memilih untuk menghabiskan waktu tanpa pasangan. Mungkin Anda akan memilih untuk nongkrong bersama teman-teman daripada harus duduk nonton tv di rumah bersama pasangan. Dengan demikian kualitas kebersamaan Anda akan berkurang. Keadaan ini perlahan-lahan akan membawa pernikahan Anda menjadi tidak bahagia.

  • 3. Sering terjadi pertengkaran

  • Memang pertengkaran dalam setiap rumah tangga akan terjadi. Bohong kalau ada yang berkata hubungan yang harmonis tidak pernah mengalami pertengkaran. Semua pernikahan pasti mengalaminya. Kondisi seperti itu sangat wajar terjadi. Namun, jika pertengkaran yang terjadi justru berlanjut terus menurus dan sering terjadi inilah waktunya Anda harus berhati-hati karena ini pertanda hubungan Anda sedang mengalami krisis kebahagiaan.

  • 4. Hilangnya kemesraan dan keakraban

  • Umumnya Anda dapat menilai kebahagiaan suatu hubungan seseorang dengan melihat kemesraan dan keakraban yang terjalin antara suami dan istri. Dalam mencapai kebahagiaan keakraban sangat diperlukan untuk memperkuat kemesraan hubungan. Jika dalam kesehariaan Anda, keakraban di antara Anda berdua sudah sangat jarang muncul, maka itu tandanya pernikahan Anda sedang mengalami masalah.

  • Advertisement
  • 5. Tidak setia lagi terhadap pasangan

  • Pernikahan yang tidak bahagia dan diambang kehancuran sering ditandai dengan adanya perselingkuhan yang dilakukan oleh pihak suami atau istri. Kesetiaan seolah-olah mudah dipertaruhkan demi kebahagiaannya sendiri. Kebanyakan pasangan yang selingkuh akan mencari kebahagiaan pada orang lain yang dianggapnya dapat memberikan apa yang dibutuhkannya, karena ia merasa telah kehilangan rasa sayang dan perhatian dari pasangannya di rumah. Jika Anda mendapati pasangan Anda selingkuh, segera mencari penyelesaiannya agar Anda bisa memperbaiki pernikahan Anda.

  • 6. Suka berbohong

  • Kejujuran Anda kepada pasangan adalah fondasi pernikahan yang sangat penting dijaga untuk mempertahankan hubungan Anda agar selalu kokoh. Ketika suami atau istri mulai berani berbohong dan berusaha menutupi kesalahannya dengan berbagai alasan, waspadalah. Mungkin Anda merasa tidak nyaman lagi dengan pernikahan Anda sehingga keberanian untuk berbohong dapat dengan mudah Anda lakukan. Sampai kapanpun ketidakjujuran akan mengarah pada hubungan yang tidak bahagia.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Kenali ciri-ciri pernikahan yang terancam tidak bahagia

Walaupun Anda telah berusaha melakukan yang terbaik, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri hubungan pernikahan Anda yang mulai mengarah ke arah ketidakbahagiaan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr