Ingin membangun bisnis bersama pasangan tanpa adanya perselisihan? Ini tipsnya

Dapat membangun bisnis yang sukses bersama orang yang dicintai adalah sebuah kebanggaan dan pencapaian terbesar dalam hidup setiap orang. Banyak manfaat yang akan didapat Anda berdua, keluarga, dan keturunan Anda nantinya.

1,279 views   |   7 shares
  • Apakah Anda berdua sebagai pasangan suami istri memiliki keinginan atau impian yang besar di masa depan untuk menjadi sukses bersama? Bagaimana kalau memiliki bisnis bersama? Pernahkah terbesit dalam ingatan Anda tidak mau lagi menjadi bawahan orang lain dengan hanya mengandalkan gaji yang pas-pasan? Sedangkan kebutuhan keluarga di masa kini semakin meningkat.

  • Telah banyak bisnis keluarga yang sukses dewasa ini. Tujuan lain yang dilakukan pasangan suami istri membangun bisnis bersama adalah untuk memberikan warisan kepada keturuanan mereka kelak. Jika bisnis keluarga dapat dibangun dengan baik, tidak menutup kemungkinan, bisnis tersebut dapat semakin sukses, bahkan di tangan generasi-generasi penerusnya.

  • Akan tetapi, membangun bisnis bersama pasangan ternyata memiliki tantangan tersediri. Hal yang paling sulit dihindari dalam membangun bisnis bersama pasangan adalah "perselisihan". Anda tentu tidak ingin hal ini mengagalkan upaya Anda untuk membangun bisnis yang sukses bersama pasangan Anda bukan?

  • 1. Meyamakan visi dan misi

  • Sebelum membangun usaha dengan pasangan, hal pertama yang harus Anda pastikan terlebih dahulu adalah, apakah Anda berdua telah memiliki visi dan misi yang sama. Meskipun Anda berdua adalah suami istri, bukan berarti Anda berdua selalu memiliki kesamaan visi dan misi dalam hal lain bukan? Perbedaan visi dan misi dapat menghambat perkembangan bisnis yang akan Anda berdua jalankan. Untuk itu, berkomitmenlah dalam memutuskan bisnis apa yang ingin Anda berdua bangun, dan pastikan tujuannya adalah untuk kesejahteraan Anda berdua.

  • 2. Profesional

  • Dalam berbisnis dengan pasangan atau orang yang kita cintai, terkadang kita sulit menjadi tidak egois dalam hal-hal tertentu. Hal ini karena tidak adanya sikap professional yang terjalin. Jika Anda ingin membangun bisnis dengan pasangan Anda. Bersikaplah professional, mengenyampingkan perasaan, dan berbesar hati dalam menerima kritikan dan masukan satu sama lain. Dalam berbisnis bersama pasangan, jangan pernah menganggap pasangan Anda adalah teman hidup Anda. Tetapi Anda harus menganggap pasangan Anda adalah rekan bisnis Anda, yang sama-sama memiliki peran penting dalam bisnis yang Anda berdua bangun tersebut.

  • 3. Melakukan rapat bersama

  • Dalam membahas bisnis yang sedang Anda berdua jalankan baik masalah keuangan atau rencana ke depan, lakukan hal ini dengan cara rapat bersama. Dalam melakukan rapat bersama, bahas segala hal secara professional. Jangan melakukan bisnis hanya bermodal bicara dan perkiraan saja. Milikilh catatan dan rencana yang jelas. Dengan sering melakukan rapat bersama, tidak hanya akan membantu Anda berdua menuju kesuksesan bisnis bersama, tetapi juga dapat mengurangi persilisihan di antara Anda berdua.

  • Advertisement
  • 4. Jangan saling menyalahkan jika ada masalah

  • Memang sulit untuk menerima kesalahan orang lain, apalagi kesalahan pasangan kita sendiri. Yang ada ketika pasangan kita melakukan salah sedikit, kita akan langsung berkomentar atau semakin menyalahkannya. Tetapi berbeda halnya dalam berbisbnis. Ketika salah satu di antara Anda berdua melakukan kesalahan jangan langsung terbawa perasaan untuk menyalahkan. Anda berdua harus bisa berpikir profesional, mencari tahu penyebab masalah, dan menyelesaikan masalah tersebut bersama-sama. Demi kebaikan bisnis yang telah Anda berdua bangun.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Ingin membangun bisnis bersama pasangan tanpa adanya perselisihan? Ini tipsnya

Dapat membangun bisnis yang sukses bersama orang yang dicintai adalah sebuah kebanggaan dan pencapaian terbesar dalam hidup setiap orang. Banyak manfaat yang akan didapat Anda berdua, keluarga, dan keturunan Anda nantinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr