Petunjuk Mengatur Rumah dengan Murah

Tidaklah mudah untuk menjadi tertib.

637 views   |   shares
  • Menjadi teratur tidaklah selalu mudah. Dengan keluarga yang sibuk, tampaknya sulit untuk menjadi selalu teratur. Dan dengan anggaran belanja keluarga yang ketat, diperlukan ide untuk mengatur rumah dengan murah. Berikut adalah beberapa gagasan yang tidak saja murah, namun juga mudah untuk dilakukan.

    • Kumpulkan wadah kecil. Stoples kecil, seperti yang digunakan untuk wadah makanan bayi atau selai, dapat dicuci dan digunakan kembali untuk mengorganisir barang-barang yang kecil seperti pembersih kuping, penjepit rambut, paku payung, atau penjepit kertas. Wadah itu juga dapat digunakan untuk bumbu dapur, yang harganya lebih murah bila dibeli dalam jumlah besar, lalu pindahkan ke wadah yang lebih kecil. Wadah asli dapat disimpan sampai Anda perlu mengisi lagi wadah kecil. Berhatil-hatilah karena bumbu dapur dapat kehilangan kesegaran dan rasa kalau disimpan lama.

    • Sewaktu Anda membaca majalah, guntinglah artikel, resep dan gambar yang menarik bagi Anda. Simpanlah guntingan ini dalam suatu tempat dan daur ulang sisa dari majalah itu. Dengan cara ini, jika Anda ingat sesuatu yang menarik dari terbitan majalah yang lama, Anda tidak perlu mencarinya dari tumpukan majalah untuk menemukannya.

    • Mengatur lemari baju dengan menyelipkan semua kain seprai untuk satu tempat tidur dalam satu paket. Hanya letakkan seprai yang sesuai ukuran, ratakan lipatan seprai, serta satu sarung bantal di dalam sarung bantal yang lain.

    • Ketika Anda menggantung pakaian Anda setelah dipakai atau dicuci, letakkan jauh di bagian kanan belakang. Secara perlahan, sewaktu Anda memakai dan menggantung pakaian yang sudah dicuci, akan tampak mana pakaian yang tidak pernah Anda pakai, pakaian itu akan tergantung di bagian kiri lemari Anda. Ini akan memudahkan Anda saat Anda ingin mengurangi isi lemari Anda.

    • Anda tahu kantong plastik dengan resleting? Itu adalah wadah yang bagus dan dapat menyimpan banyak hal. Sebagai contoh, coba aturlah kain serbet Anda dengan meletakkannya di kantong plastik, beri label dengan jumlah serbet di dalamnya. Rajutan dan bahan jahitan yang tak selesai dapat pula diletakkan di kantong plastik, sehingga semuanya terkumpul dan mencegah jarum-jarum Anda hilang.

    • Simpanlah semua informasi penting Anda di satu tempat sehingga mudah ditemukan. Anda dapat melakukan ini dengan membuat map informasi, berilah tanda yang memisahkan setiap bagian. Catat nomor telepon penting (sekolah, anggota keluarga, dokter, dan lain-lain), nomor asuransi, akte lahir dan surat nikah, dan lain-lain. Untuk melindunginya, simpanlah map itu dalam brankas tahan api.

  • Advertisement
  • Kunci bagi pengaturan yang hemat adalah kreativitas. Selalu buka mata Anda untuk mencari cara-cara baru yang menyederhanakan teknik Anda. Ingatlah, jika sistem Anda terlalu rumit, mungkin akan menyulitkan ketika kehidupan makin sibuk.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandi Pagalla dari artikel asli "Home Life" karya Margot Hovley.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Margot Hovley telah menerbitkan dua novel dengan Kovenan Komunikasi: "Sudden Darkness" (2012) & "Glimmering Light" (2014).

Situs: http://www.margothovley.com

Petunjuk Mengatur Rumah dengan Murah

Tidaklah mudah untuk menjadi tertib.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr