Kaliper lemak tubuh

Dapatkah iklan TV tentang diet untuk menurunkan berat badan dipercaya? Mungkin saja, tetapi perlu diingat bahwa menurunkan berat badan dengan mengurangi kalori secara berlebihan yang dikorbankan lebih dahulu adalah jaringan otot tubuh.

1,443 views   |   2 shares
  • Dapatkah iklan TV tentang diet untuk menurunkan berat badan dipercaya? Kita sering mendengar tayangan iklan tentang diet untuk mengurangi berat badan seseorang. Seorang bintang TV atau penyanyi atau pemusik muncul di layar TV memperlihatkan tubuh mereka sebelum dan sesudah diet, dan berkata dengan bangga, "Saya telah kehilangan 5 (atau 10) kg dalam seminggu setelah mengikuti diet (ini dan itu)? Bahkan ada yang menambahkan, "Itu saya lakukan tanpa olahraga." atau "Saya tidak merasa lapar sama sekali." dan seterusnya.

  • Mengagumkan! Dan membuat kita semua yang menontonnya ingin membeli produk mereka dan mencoba sendiri. Memang itulah tujuan iklan tersebut. Mereka ingin menjual ide tersebut kepada penonton. Tetapi, apakah benar bahwa produk mereka akan menurunkan berat badan seseorang?

  • Mungkin saja, kalau diikuti dengan ketat dan disiplin seperti yang dianjurkan. Namun demikian, perlu diingat bahwa menurunkan berat badan dengan mengurangi kalori secara berlebihan yang dikorbankan lebih dahulu adalah jaringan otot tubuh sebelum lemak kita hilang.

  • Kalau mau benar, yaitu menghilangkan jaringan lemak dan tubuh tetap bugar, maka yang diukur bukan hanya berat badan, tetapi juga persentase jaringan lemak tubuh. Jadi, daripada beli timbangan badan lebih baik beli kaliper untuk mengukur ketebalan jaringan lemak tubuh tersebut. Dari tebalnya jaringan lemak tersebut maka dapat diketahui berapa persen lemak tubuh seseorang. Kalaupun berat badan kita bertambah, tetapi jaringan lemak tubuh kita makin susut, maka berarti jaringan otot tubuh kita makin besar, tubuh kita makin bugar, jalan kita makin tegap, dan seterusnya.

  • Mungkin alat tersebut tidak lazim untuk umum. Kebanyakan kita berpikir sulit menggunakannya. Tetapi, sebenarnya hanya dengan pengetahuan sederhana kita dapat menjadi 'ahli' dalam hal menggunakannya. Alat tersebut berbentuk seperti jangka dan pinset. Di situ ada skala dalam ukuran milimeter (lihat gambar atau ketik body fat caliper dalam kolom search pada www.google.com kemudian klik image). Untuk mengetahui berapa persen lemak tubuh seseorang, kunjungi tabel situs web berikut: http://www.accumeasurefitness.com/body-fat-measurement-charts-for-men-and-women.html

  • Advertisement
  • Berikut langkah-langkah untuk menggunakan sebuah kaliper pengukur lemak tubuh:

    • Sesuai dengan bentuknya, maka alat tersebut digunakan seperti kita menggunakan penjepit atau pinset.

    • Bagian yang akan diukur dijepit dengan jari telunjuk dan jempol, seperti kalau kita sedang mencubit seseorang, kemudian tariklah sedikit bagian yang dicubit tersebut supaya jari-jari kaliper tersebut dapat dijepitkan kepada bagian yang akan diukur. Meskipun namanya penjepit atau kaliper, tidak berarti harus dijepitkan dengan keras. Jari-jari kaliper cukup ditempelkan pada bagian yang akan diukur dan lihatlah pada skala yang tercantum di situ. Kalau tanda panah merujuk pada angka 10, misalnya, itu berarti 10 mm.

    • Gunakan tabel yang ada pada situs web atau cetakan yang sudah Anda buat dari situs http://www.accumeasurefitness.com/body-fat-measurement-charts-for-men-and-women.html. Gunakan tabel untuk pria atau wanita. Di sebelah kanan adalah usia seseorang, di lajur atas adalah jumlah tiga angka hasil pengukuran. Angka-angka pada kolom sisanya adalah persentase lemak tubuh Anda.

    • Bagian-bagian yang diukur adalah sebagai berikut (gunakan situs web berikut untuk gambarannya: https://www.muscleandstrength.com/tools/measure-bodyfat):

    • Pria: Sisi otot dada, perut, dan paha.

    • Wanita: Lengan atas pada bagian tricep, perut, dan paha.

    • Cara menghitung persentase lemak yang paling mudah adalah dengan menggunakan situs web berikut ini: http://www.weightrainer.net/skinfoldbf.html . Anda tinggal memasukkan angkanya ke dalam kolom yang disediakan, selanjutnya klik 'calculate' maka Anda dapat melihat hasilnya.

    • Cara lain adalah dengan menjumlahkan ketiga angka hasil pengukuran tadi, kemudian menentukan rata-ratanya. Misalnya, untuk pria usia 60 tahun didapatkan angka 20 mm. Lihat ke dalam tabel pria usia 56 tahun ke atas antara 19 hingga 21 mm, maka kadar lemak tubuhnya adalah 26-27%. Itu berarti lemak pria tersebut masih dalam taraf ukuran sedang.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Kaliper lemak tubuh

Dapatkah iklan TV tentang diet untuk menurunkan berat badan dipercaya? Mungkin saja, tetapi perlu diingat bahwa menurunkan berat badan dengan mengurangi kalori secara berlebihan yang dikorbankan lebih dahulu adalah jaringan otot tubuh.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr