Apakah Anda termasuk tipe suami yang takut istri?

Apakah Anda pernah menonton tayangan atau sinetron yang berjudul suami-suami takut istri? Atau pernahkah Anda mempunyai cerita tentang pengalaman teman-teman Anda yang ternyata mereka termasuk dalam kategori suami yang takut sama istrinya?

5,774 views   |   30 shares
  • Apakah Anda pernah menonton tayangan atau sinetron yang berjudul suami -suami takut istri? Atau pernahkah Anda mempunyai cerita tentang pengalaman teman-teman Anda yang ternyata mereka termasuk dalam kategori suami yang takut sama istrinya? Ataukah Anda sendiri yang mengalaminya?. Entah apa yang ada dipikiran ketika melihat dan menyaksikan pasangan suami istri seperti itu. Ternyata kejadian ini bukan hal baru di dunia pernikahan. Umumnya, pria atau suamilah yang memiliki kedudukan tertinggi di dalam rumah tangga karena merekalah yang bertanggung jawab dan berkewajiban memimpin anggota keluarganya. Dan sebagai istri, Anda harus mengerti bahwa posisi Anda ada di bawah nauangan suami. Namun kenyataannya, masih banyak suami yang belum mampu memimpin istrinya. Yang terjadi justru sebaliknya. Istri menjadi lebih dominan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan seorang suami menjadi tunduk bahkan takut pada istri. Untuk mengidentifikasi apakah Anda termasuk tipe suami yang takut pada istri Anda, berikut beberapa ciri-cirinya:

  • 1. Mengiyakan atau menyetujui semua ucapan istri

  • Tidak menyetujui ucapan atau pendapat istri kadang kala dapat membuat istri menjadi kecewa, marah atau sedih. Tetapi mengiyakan bahkan menyetujui semua ucapan istri justru bukanlah hal yang baik. Ada saat di mana Anda merasa pendapat istri bertolak belakang dengan hati nurani Anda dan tidak nyaman bagi Anda, tetapi Anda sepertinya sulit untuk berkata tidak pada istri Anda.

  • 2. Sulit mengutarakan pendapat sendiri

  • Sudah dipastikan suami yang takut istri akan sulit mengutarakan pendapatnya. Dan jikalau pendapat Anda diperlukan, pastinya pendapat yang sejalan dengan keinginan istri Andalah yang diterima. Istri yang dominan, akan terus berbicara tentang pendapatnya dan suami yang takut istri akan mengalah, diam dan mau tidak mau harus menerima pendapat istri.

  • 3. Pergaulan Anda dibatasi istri

  • Baru nongkrong sebentar saja bareng teman-teman kantor sudah ditelpon istri dan disuruh pulang dengan berbagai alasan. Anda merasa ruang pergaulan Anda sudah tidak bisa seasik dulu. Karena gerak gerik pribadi Anda dibatasi oleh sang istri. Mulai dari waktu, kegiatan, tempat bahkan kerabat pun dibatasi. Dan yang dapat Anda lakukan hanya mengangguk.

  • 4. Selalu memenuhi permintaan istri

  • Jika Anda adalah suami yang selalu menuruti dan memenuhi semua permintaan istri, bisa jadi Anda terlalu memanjakan istri atau sebaliknya Anda takut jika istri Anda menjadi marah dan mengamuk. Menjadi suami penurut terhadap semua keinginan istri, akan membuat istri menjadi egois dan bisa semena-mena terhadap Anda. Dan Andalah yang menjadi korban. Bersikap bijaklah terhadap permintaan istri yang berlebihan.

  • Advertisement
  • 5. Mengerjakan pekerjaan rumah

  • Umumnya sudah menjadi tugas istri mengerjakan pekerjaan rumah, memberikan kenyamanan dan menciptakan kebersihan rumah. Namun sudah tidak wajar lagi, ketika seorang istri mengalihkan semua tugas rumah tangga tersebut kepada suaminya karena alasan yang tidak wajar.

  • 6. Istri selalu menjadi pengambil setiap keputusan

  • Jika dalam mengambil setiap keputusan yang berhubungan dengan rumah tangga didominasi istri, waspadalah. Sama halnya Anda hanya menuruti permintaan istri dan pasrah atas setiap keputusan yang diputuskan istri. Dan jika berdebat, Andalah yang kalah.

  • 7. Malas berada di rumah

  • Perlu dipertanyakan jika ada suami yang malas pulang cepat ke rumah sehabis pulang kerja. Ia merasa akan lebih nyaman menghabiskan waktu di luar rumah. Secara tidak langsung ia menunjukkan bahwa dirinya merasa tertekan atas sikap istri yang sudah seperti bos besar menindas bawahannya.

  • 8. Istri yang cemburuan

  • Istri yang bersikap cemburuan yang berlebihan bisa membuat suami menjadi was-was dan akhirnya menjadi takut. Ini dapat dilihat dari kebiasaan istri yang suka mengontrol aktivitas suami tanpa mengenal waktu dan kondisi.

  • Tentu setiap pasangan menginginkan hubungan keluarga yang bahagia. Dan untuk mewujudkannya antara suami istri harus saling melengkapi, saling kerjasama dan saling menghormati sebagaimana mestinya. Anda harus menjadi suami dan istri yang ideal bukan yang dominan. Sehingga terjadi keselarasan dalam hubungan Anda bersama pasangan.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Apakah Anda termasuk tipe suami yang takut istri?

Apakah Anda pernah menonton tayangan atau sinetron yang berjudul suami-suami takut istri? Atau pernahkah Anda mempunyai cerita tentang pengalaman teman-teman Anda yang ternyata mereka termasuk dalam kategori suami yang takut sama istrinya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr