9 tips menghadapi suami egois

Menghadapi suami yang selalu bersikap egois memang sangat menyebalkan dan bisa membuat para istri menjadi sakit hati. Walaupun sulit untuk diterima, Anda harus tetap menerima sikap egois suami Anda dengan lapang dada.

58,546 views   |   223 shares
  • Menghadapi suami yang selalu bersikap egois memang sangat menyebalkan dan bisa membuat para istri menjadi sakit hati. Walaupun sulit untuk diterima, Anda harus tetap menerima sikap egois suami Anda dengan lapang dada. Karena bagaimanapun buruknya suami, Anda sudah dipersatukan dalam ikatan suci pernikahan. Bukan berarti Anda hanya bisa pasrah dan diam dengan perlakuan suami yang begitu , tetapi Anda harus tahu bagaimana cara mengatasi sifat egois yang dimiliki suami agar Anda tidak makan hati sendiri.

  • 1. Lebih bersabar

  • Walaupun kedengarannya mudah diucapkan, tetapi bersabar adalah suatu yang hal yang tidak gampang untuk dilakukan. Apalagi dalam menghadapi suami egois, Anda membutuhkan kesabaran yang ekstra. Saat suami mulai marah, dengarkan dia sampai ia selesai kemudian jika keadaan sudah mulai reda, mulailah dengan pembicaraan yang lebih santai. Yakin dengan begitu, suami Anda akan bersikap lebih santai juga.

  • 2. Harus peka

  • Sebagai istri, Anda harus bisa lebih peka dan tanggap atas perubahan sikap yang dialami suami Anda. Mungkin saja ia terjebak dalam suatu masalah berhubungan dengan pekerjaannya atau masalah lainnya yang mengakibatkan suami Anda menjadi lebih egois dari sebelumnya. Sifat egois terkadang timbul dari pikiran yang stres dan dari kejenuhan rutinitas yang membosankan.

  • 3. Tumbuhkan kembali rasa cinta

  • Pernahkah Anda berpikir, mengapa sekarang-sekarang ini suami Anda berubah menjadi sosok yang egois?. Anda harus ingat, suami menjadi egois bisa jadi karena kesalahan Anda. Mungkin saja Anda melupakan kebersamaan Anda bersama suami karena disibukkan dengan urusan anak dan pekerjaan rumah sehingga suami merasa Anda kurang perhatian lagi kepadanya. Saat suami Anda bisa merasakan cinta Anda kembali, biasanya ia akan menjadi lebih lembut dan peduli terhadap Anda.

  • 4. Sampaikan kritik dengan tepat

  • Saat suami dalam keadaan emosi dan keegoisannya semakin memuncak, kritikan atau bantahan Anda tidak akan ada gunanya. Bahkan kemungkinan terburuknya, pertengkaranlah yang akan terjadi. Namun jika sikapnya sudah sangat keterlaluan, ada baiknya Anda mengkritiknya. Lakukanlah dengan cara yang baik dan pada waktu yang tepat pula. Sampaikanlah dengan kata-kata yang mudah diterima suami tanpa harus menyudutkannya. Sehingga ia tahu maksud Anda dan berusaha agar tidak egois lagi.

  • 5. Menarik kembali perhatian suami

  • Ambil hatinya dulu agar suami Anda percaya bahwa Anda mau mendengar segala sesuatu yang ingin dia ceritakan. Dengan begitu dia merasa lebih nyaman untuk berbagi cerita dengan Anda dengan penyampaian dan sikap yang lebih baik tanpa harus emosi.

  • Advertisement
  • 6. Ungkapkan perasaan

  • Beberapa istri cenderung lebih memilih memendam perasaannya sendiri untuk menghindari terjadinya keributan dengan suami. Namun, hal tersebut sesungguhnya akan berakibat buruk pada diri Anda sendiri. Memendam perasaan akan membuat hari-hari Anda semakin tertekan dan tentunya makan hati akibat ulah suami yang egois. Ada baiknya, Anda memberikan penjelasan, mengungkapkan semua unek-unek Anda pada suami pada saat Anda berdua sedang bersantai agar suami dapat menerima bahwa ternyata sikap atau keputusannya yang egois dapat merugikan Anda dan anak-anak.

  • 7. Berikan pujian bila ada perubahan kecil

  • Pujian yang tulus akan membuat suami merasa dihargai dan perlahan-lahan sifat egois itu akan berubah ke perubahan yang lebih baik lagi. Jangan sekali-kali mencoba untuk mengubah sifat seseorang sesuai keinginan Anda. Yang harus Anda lakukan hanya membuatnya menyadari dan mengerti apa keinginan Anda melalui pendekatan yang tepat dalam bentuk pujian dan apresiasi.

  • 8. Sedikit tegas namun tidak bersikap keras

  • Marah dengan sikap suami yang egois tidak akan membuat suami menjadi lebih lunak. Lebih baik Anda menghadapi sifat egois suami dengan bersikap tegas namun bukan bersikap keras. Orang yang keras kepala dan egois lebih tepat dihadapi dengan kasih sayang. Karena jika Anda bersikap keras, suami semakin tidak peduli.

  • 9. Melayaninya dengan baik

  • Walaupun Anda memiliki suami yang cenderung egois, bukan berarti Anda berhenti untuk melayaninya dengan baik. Salah satu cara menaklukkan hati suami Anda adalah melayaninya dengan keikhlasan. Dengan cara tersebut, mungkin saja hati suami akan sedikit luluh dan tidak egois lagi.

  • Tetaplah bersabar menghadapi setiap sifat dan sikat egois seseorang. Yakinlah semua orang pasti akan berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Dibutuhkan waktu untuk itu dan dalam menjalaninya tentunya ada proses yang harus kita lalui.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

9 tips menghadapi suami egois

Menghadapi suami yang selalu bersikap egois memang sangat menyebalkan dan bisa membuat para istri menjadi sakit hati. Walaupun sulit untuk diterima, Anda harus tetap menerima sikap egois suami Anda dengan lapang dada.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr