6 kunci kebahagiaan dalam hidup yang harus mampu kita lakukan

Kebahagiaan adalah hal yang paling dicari oleh setiap manusia. Kebahagiaan itu bisa kita rasakan ketika apa yang menjadi impian kita bisa sejalan dengan harapan kita bersama orang-orang yang kita cintai

9,427 views   |   111 shares
  • Kebahagiaan adalah hal yang paling dicari oleh setiap manusia. Kebahagiaan itu bisa kita rasakan ketika apa yang menjadi impian kita bisa sejalan dengan harapan kita bersama orang-orang yang kita cintai. Setiap orang memiliki standar kebahagiaannya masing-masing. Untuk mencapai kebahagiaan itu kita harus berperan di dalamnya. Kebahagiaan tidak bisa datang sendiri tanpa campur tangan kita. Kebahagiaan dapat kita ciptakan sendiri. Semua kembali pada pribadi kita masing-masing. Bagaimana cara kita mendapat kebahagiaan itu adalah pilihan kita.

  • Banyak orang berpikir, harta yang melimpah, kekayaan, jabatan yang tinggi, dan kedudukan sosial dapat membuat hidup seseorang bahagia. Namun, tidak semua orang dapat memanfaatkan semua itu untuk kebahagiaannya. Jika memang kekayaan merupakan sumber kebahagiaan, sudah tentu semua orang kaya akan bahagia dan orang yang tidak mampu secara materi jauh dari kebahagiaan. Benarkah seperti itu? Kenyataan yang terjadi tidak seperti demikian. Kekayaaan hanya merupakan kebahagiaan sementara.

  • Dari hal-hal kecil dan perbuatan kita sehari-hari sebenarnya kita mampu menciptakan kebahagiaan itu tanpa mengukur apa yang kita miliki. Hal-hal kecil dalam hidup adalah penting. Orang yang mampu melakukan dan menghargai hal-hal kecil dengan ikhlas, hidupnya cenderung lebih bahagia, lebih percaya diri, bisa berpikiran positif dan lebih produktif dalam menjalani hari-hari. Bentuklah pola pikir kita menjadi positif dan berusahalah menghilangkan pikiran negatif. Hambatan, masalah, dan tantangan yang muncul dari dalam diri kita maupun dari pihak lain bisa saja menghambat kebahagiaan kita. Namun, hanya kemauan kita sendirilah yang mampu mengatasi hal-hal itu.

  • 1.Jangan pernah bersedih secara berlebihan

  • Kesedihan hanya menghambat kebahagiaan kita. Bersedih berlarut-larut bahkan menangis berhari-hari, tidak akan mengembalikan keadaan. Justru membuat keadaan kita semakin terpuruk.

  • 2.Bisa tersenyum walaupun hati sedang terluka

  • Dalam keadaan bahagia atau pada saat hati kita senang, mungkin kita bisa tersenyum tanpa paksaan. Nah, bagaimana jika keadaan hati kita sedang sedih dan terluka? Apakah kita mampu untuk tersenyum? Sepertinya sulit kita lakukan. Sebenarnya, kebahagiaan yang sesungguhnya adalah jika kita mampu tersenyum di saat hati kita susah. Tersenyumlah dan bagikan kebahagiaan itu pada orang lain.

  • 3.Jangan membenci orang lain dengan alasan apapun

  • Semua orang pernah melakukan kesalahan. Atau mungkin, kita pernah merasakan rasa benci yang begitu kuat terhadap seseorang karena perbuatan buruknya kepada kita. Jangan biarkan rasa benci yang berlebihan itu menghalangi kesejahteraan hati kita. Yang ada kita rugi sendiri. Tetap ikhlas dan menerima kekurangan orang lain. Apapun alasannya itu, memaafkan jauh lebih bahagia ketimbang membenci.

  • Advertisement
  • 4.Berbuat baiklah setiap saat meskipun masalah datang silih berganti

  • Masalah boleh datang namun berbuat baik jangan pernah kita lupakan. Berbuat baiklah setiap hari. Perbuatan baik akan mendatangkan perasaan yang damai bagi kita yang melakukannya. Ada kebahagiaan tersendiri jika kita mampu melihat dan membuat orang lain bahagia karena perbuatan baik kita. Jangan mengharapkan balasan, tetapi lakukanlah dengan ikhlas.

  • 5.Perbanyaklah memberi walaupun Anda sedang susah

  • Lumrahnya orang akan merasa bahagia jika menerima sesuatu dari orang lain. Namun, apakah kita bisa merasa bahagia jika kita adalah orang yang memberi bukan yang menerima bahkan di saat kita susah? Berilah apa yang bisa kita berikan kepada orang yang membutuhkan. Satu hal yang dapat membuat kita bahagia, yaitu saat orang lain dapat merasakan manfaat pemberian kita apapun bentuknya.

  • 6.Berdoalah senantiasa untuk orang-orang yang Anda cintai

  • Kebahagiaan orang-orang di sekeliling kita juga merupakan kebahagiaan kita. Semuanya akan lebih lengkap dan sempurna jika kita bisa merasakan setiap kebahagiaan itu bersama mereka yang kita cintai. Berdoalah untuk mereka agar mereka senantiasa diberi kesempatan untuk bisa menikmati kebersamaan dengan kita dalam menggapai kebahagiaan demi kebahagiaan.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

6 kunci kebahagiaan dalam hidup yang harus mampu kita lakukan

Kebahagiaan adalah hal yang paling dicari oleh setiap manusia. Kebahagiaan itu bisa kita rasakan ketika apa yang menjadi impian kita bisa sejalan dengan harapan kita bersama orang-orang yang kita cintai
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr