Cara ampuh mengurangi konflik dalam pernikahan

Meskipun konflik itu adalah bumbu-bumbu dari sebuah pernikahan, namun, terlalu banyak konflik tanpa henti juga tidak begitu baik bagi sebuah pernikahan karena dapat mempengaruhi keharmonisan kehidupan rumah tangga.

1,422 views   |   2 shares
  • Memiliki hubungan pernikahan yang sehat bukan Anda dapat terbebas dari sebuah konflik. Memang, konflik itu adalah bumbu-bumbu dari sebuah pernikahan, namun,terlalu banyak juga tidak begitu baik bagi sebuah pernikahan. Karena ini dapat mempengaruhi keharmonisan kehidupan rumah tangga. Untuk itu, sebaiknya cobalah hindari atau mengurangi konflik dalam pernikahan Anda dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Komitmen

  • Selain cinta, sebuah pernikahan juga harus dilandasi oleh komitmen. Komitmen itupun bukan hanya sebuah peraturan atau kata-kata belaka, tetapi haruslah jelas dan kuat. Dengan terus menjunjung tinggi komitmen dalam penikahan, ini akan menjauhkan Anda dari sikap mudah menyerah apabila hubungan dilanda masalah. Mengapa? Karena setiap kali Anda dan pasangan menghadapi sebuah konflik, Anda berdua akan disadarkan untuk tidak lagi memikirkan diri sendiri, melainkan mengingat kembali janji komitmen pernikahan bahwa Anda berdua ingin bahagia bersama selamanya.

  • Menjaga komunikasi

  • Semua orang yang telah menikah tentu menyadari bahwa sebuah komunikasi selalu menjadi landasan pernikahan. Apa jadinya jika pasangan yang telah menikah tidak selalu berkomunikasi dengan baik terhadap satu sama lain? Tentunya ini akan menimbulkan banyak kesalahpahaman nantinya. Setelah menikah, Anda dan pasangan harus mengingat bahwa Anda berdua telah menjadi satu. Artinya, tidak ada lagi yang namanya mementingkan diri sendiri atau memikirkan diri sendiri. Segala sesuatunya harus dilakukan dan diputuskan secara bersama. Untuk itu jagalah selalu komunikasi, apapun yang terjadi. Dan untuk meningkatkan komunikasi yang baik, Anda berdua juga perlu meluangkan waktu bersama sebanyak mungkin, agar pernikahan kalian berjalan baik.

  • Saling menghargai

  • Betapapun banyaknya rintangan yang Anda hadapi dalam pernikahan Anda, jika Anda dan pasangan dapat saling menghargai satu sama lain, ini akan memudahkan kalian menghadapi setiap konflik dalam pernikahan kalian. Tunjukkan pada pasanganmu betapa Anda sangat menghargainya dengan cara mendengarkan setiap perkataannya, tidak menyela di saat dia sedang berbicara, dan memperlakukannya dengan sikap yang baik penuh kasih sayang, rasa hormat dan lemah lembut. Dengan melakukan hal ini, dijamin, Anda berdua akan berhasil mengurangi konflik dalam pernikahan kalian

  • Selalu mesra

  • Kemesraan juga menjadi kunci keharmonisan sebuah pernikahan. Jika pasangan suami istri tidak mesra, pernikahan itu akan terasa membosankan dan akibatnya Anda berdua akan sama-sama mudah sensitif dan mudah terpancing emosi. Untuk itu selalulah mesra dalam pernikahan Anda, misalnya dengan selalu berbicara mengunakan bahasa cinta dan romantis, selalu memberikan kasih sayang pada pasangan dengan sebuah pelukan hangat atau ciuman mesra, dan masih banyak lagi kemesraan lainnya yang dapat Anda dan pasangan dapat lakukan bersama.

  • Advertisement
  • Bagaimana konflik bisa masuk begitu saja, jika Anda berdua memiliki komitmen yang kuat, komunikasi yang lancar, saling menghargai dan selalu mesra? Untuk itu, terapkan selalu keempat hal penting diatas jika Anda menginginkan pernikahan yang bahagia.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Ezra adalah seorang suami yang bekerja dalam bidang digital marketing di sebuah perusahaan asing. Dia menggemari olahraga, traveling, membaca, menonton film, teknologi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Ikuti akun Twitternya di .

Cara ampuh mengurangi konflik dalam pernikahan

Meskipun konflik itu adalah bumbu-bumbu dari sebuah pernikahan, namun, terlalu banyak konflik tanpa henti juga tidak begitu baik bagi sebuah pernikahan karena dapat mempengaruhi keharmonisan kehidupan rumah tangga.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr