5 langkah mencegah kegemukan

Apa pun yang ideal menjadi dambaan setiap insan, tidak terkecuali urusan berat badan. Usahakan Body Mass Index Anda antara 19-25.

12,860 views   |   23 shares
  • Apa pun yang ideal menjadi dambaan setiap insan, tidak terkecuali urusan berat badan. Sebagai acuan, para ahli menemukan rumus mengukur berat badan ideal yang disebut Body Mass Index(BMI) atau Index Masa Tubuh (IMT). Rumus tersebut adalah berat badan dibagi tinggi kali tinggi (kg/m2). Bila hasilnya kurang dari 18, maka disebut kurus, 19-25 sedang, 25-30 gemuk, 30 ke atas obesitas.

  • Contoh: 1. Berat badan 55 kg, tinggi badan = 156 cm, Rumus: 55: (1,56 M X 1.56M) = BMI 22,6 (berat badan sedang) 2. Beart badan 70 kg, tinggi = 152 cm, Rumus: 70:(1,52 M X 1,52M) BMI 30.3 (obesitas)

  • Bila Anda berada di kisaran gemuk atau di atasnya, maka perlu menyimak artikel ini dan melakukannya dengan tekun untuk mencapai berat badan ideal.

  • 1.Makan dengan teratur

  • Aku iri dengan berat badan suamiku. Dengan tinggi badan 169 cm, IMTnya berada di kisaran 19-20 sejak aku bertemu pertama kali dengannya bahkan sampai hari ini setelah kami menikah selama 30 tahun. Aku memperhatikan dia selalu makan pagi, siang dan malam pada waktu yang sama setiap hari. Selain makan teratur, dia selalu mengingatkanku agar 'makan untuk hidup dan bukan hidup untuk makan'. Artinya memilih jenis makanan yang menyehatkan tubuh bukan yang menyenangkan lidah. Sesekali boleh saja asal tidak berubah menjadi kebiasaan. Hindari melewatkan waktu makan. Ada anjuran untuk makan pagi seperti pangeran, makan siang seperi raja, makan malam secukupnya.

  • 2.Setia membawa ransum dari rumah

  • Banyak dari Anda mengandalkan makan siang dari kantin atau warung-warung makan terdekat. Kebanyakan yang disajikan mengandung kadar lemak dan kalori tinggi. Karena rasa menjadi hal utama bagi para pedagang makanan, sehingga penggunaan bumbu penyedap sangat dimungkinkan. Suamiku memilih membawa ransum makan siangnya dari rumah. Selain ditanggung bersih, makanannya dipersiapkan mengandung unsur 4 sehat, sekaligus tidak menggunakan penyedap rasa dan selalu fresh.

  • 3.Lakukan gerakan

  • Dengan biaya perumahan di kota yang terus meningkat dan tidak dapat lagi dijangkau oleh para pekerja golongan menengah ke bawah, sangat mungkin Anda tinggal jauh dari tempat kerja dan harus menempuh perjalanan panjang. Belum lagi kemacetan di kota besar seperti Jakarta, Anda akan duduk berjam-jam dalam perjalanan. Setelah tiba di kantor Anda akan duduk lagi. Nah, dengan kondisi ini Anda harus pandai-pandai mengambil kesempatan agar bisa bergerak dan berjalan sewaktu melakukan pekerjaan. Bila ada kesempatan ke kamar kecil yang jaraknya lebih jauh, lakukan itu. Sewaktu istirahat makan siang, jangan habiskan waktu untuk main facebook atau ngrumpi, sisihkan untuk berjalan-jalan. Kegiatan ini selain menyehatkan dan membakar kalori, juga memompa darah ke otak sehingga Anda akan merasa lebih segar dan siap menyelesaikan perkerjaan di hari itu dengan baik.

  • Advertisement
  • 4. Hindari camilan

  • Untuk beberapa orang kalimat itu nampaknya mudah dilakukan, sejatinya tidak demikian. Perlu disiasati agar tidak tergoda untuk nyamil. Setelah makan siang, atau minum minuman manis, segeralah menyikat gigi, lalu makan mintpenyegar mulut. Di saat gigi Anda dalam keadaan bersih dan bau mulut yang segar, tanpa Anda sadari dengan sendirinya Anda akan menolak bila ada yang menawarkan camilan. Rasa takut gigi akan kotor lagi dan bau segar hilang secara spontan akan menimbulkan penolakan.

  • 5.Minum yang banyak

  • Cara yang sederhana ini akan menjaga kondisi berat badan Anda di batas normal. Yang perlu diingat agar minum air segar alami, bisa juga ditambahkan rasa rempah atau teh hijau. Hindari minuman manis, apalagi soft drink. Usahakan untuk menempatkan botol minum dalam jangkauan Anda agar mudah meraihnya. Cukup air akan membuat Anda segar dan berenergi.

  • Cara di atas tidak dimaksudkan agar tubuh Anda langsing seperti model majalah mode. Tujuannya menjaga agar berat badan Anda berada di kisaran sedang dan dapat menikmati hari-hari Anda tanpa keluhan yang berarti.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

5 langkah mencegah kegemukan

Apa pun yang ideal menjadi dambaan setiap insan, tidak terkecuali urusan berat badan. Usahakan Body Mass Index Anda antara 19-25.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr