Kuatkan hubungan dengan hal sederhana namun bermakna ini

Untuk mendapatkan pernikahan yang langgeng dan berjalan dengan baik, tentunya selalu diperlukan usaha lebih dalam menjaganya. Caranya pun tidaklah sulit. Apa sajakah cara sederhananya itu?

8,473 views   |   40 shares
  • Siapa yang bilang setelah menikah sebuah hubungan akan semakin terasa mudah? Justru sebaliknya. Pernikahan adalah permulaan di mana setiap pasangan diuji dengan seribu satu tantangan yang kadang tiada henti. Meskipun akan banyak tantangan yang membuat kita terkadang merasa putus asa menjalani pernikahan, anganlah pernah menyerah. Masih ada banyak cara yang dapat memperkuat hubungan pernikahan Anda. Untuk mendapatkan pernikahan yang langgeng dan berjalan dengan baik, tentunya selalu diperlukan usaha lebih dalam menjaganya. Sering kali kita melupakan cara-cara sederhana berikut:

  • Berbicara dengan lemah lembut

  • Cara paling sederhana yang dapat memperkuat hubungan pernikahan adalah dengan menjaga cara berbicara yang baik terhadap pasangan. Meskipun setelah menikah Anda semakin dekat dan terbuka satu terhadap yang lain, bukan berarti rasa hormat saat berbicara dengan pasangan Anda menjadi berkurang. Sering-seringlah berbicara dengan lemah lembut maksudnya tidak dengan nada tinggi termasuk mengunakan kata-kata kasar dan jika perlu bermanja-manjalah sedikit. Kata-kata yang manis dapat menyejukkan hati pasangan Anda. Contoh sederhananya, misalnya pasangan Anda meminta tolong pada Anda, "Sayang, ambilkan saya…." jangan hanya menjawab, "ok, ya, atau sip" tetapi jawablah dengan kata-kata lain seperti "Baik sayangku", atau "Dengan senang hati sayangku". Begitupun saat ngobrol dan sebagainya, berbicaralah dengan penuh lemah lembut. Jangan pernah berbicara kasar atau membentak pasangan Anda meskipun dia salah sekalipun.

  • Bermesraan

  • Bermesraan tidak berarti harus berduaan di ranjang atau di kamar. Bermesraan bisa dilakukan di mana saja, artinya bukan bermesraan yang selalu mengarah pada hubungan seks. Bermesraan adalah cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat hubungan pernikahan Anda. Misalnya dengan memberikan pelukan kepada pasangan yang ingin pergi kerja, mencium kening atau pipi pasangan Anda pada momen-momen tertentu, meluangkan waktu sesering mungkin untuk makan bersama, meranggulnya atau memegang tangannya saat jalan berdua di tempat umum, mengucapkan kalimat-kalimat sayang seperti, "aku mencintaimu" sesering mungkin, selalu kompak melakukan segala hal, dan sebagainya.

  • Bercanda bersama

  • Apa jadinya sebuah pernikahan jika di dalamnya terdapat pasangan suami istri yang sama-sama serius dalam segala hal? Yang ada hanya akan membuat pernikahan itu terasa menegangkan dan penuh tekanan. Untuk itu, salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan dalam menjalankan sebuah pernikahan adalah perlunya canda tawa. Meskipun Anda dan pasangan sedang melewati tantangan atau kesulitan, mohon senda gurau jangan pernah dilupakan. Bercanda sangat baik untuk mengurangi stres dan beban pikiran seseorang. Ketika Anda berdua dapat tertawa bersama dan menjadi lebih rileks, seberat apapun cobaan dalam pernikahan Anda akan terasa lebih ringan dan lebih mudah untuk Anda berdua lewati.

  • Advertisement
  • Berdoa bersama

  • Jangan pernah menganggap sepele hal yang satu ini. Justru inilah momen yang tepat untuk Anda berdua bersatu, sehati, sejiwa, sepikiran untuk bersyukur dan mendoakan kehidupan pernikahan yang lebih baik lagi. Sempatkan untuk melakukannya bersama minimal sekali sehari. Hal ini tidak hanya akan membuat kehadiran Tuhan selalu menyertai pernikahan Anda berdua, tetapi juga dapat membuat pernikahan semakin kuat.

  • Hal-hal di atas mungkin terdengar sangat sederhana, tetapi kadang tidak mudah untuk dilakukan. Semoga kita diberi kekuatan untuk menerapkannya.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Kuatkan hubungan dengan hal sederhana namun bermakna ini

Untuk mendapatkan pernikahan yang langgeng dan berjalan dengan baik, tentunya selalu diperlukan usaha lebih dalam menjaganya. Caranya pun tidaklah sulit. Apa sajakah cara sederhananya itu?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr