4 cara mudah mengetahui masa subur wanita

Pada saat seorang wanita sedang mengalami masa subur biasanya akan ditandai dengan terjadinya kontraksi dan rasa nyeri di daerah perut bagian bawah, hal ini karena disebabkan oleh aktivitas sel telur yang sedang mengalami peningkatan.

96,215 views   |   312 shares
  • Setiap pasangan menikah pasti sangat mengharapkan bisa segera dikarunia momongan. Akan tetapi, harapan tersebut terkadang tidak serta merta terwujud karena tidak melakukan hubungan badan saat istri sedang mengalami masa subur.

  • Masa subur adalah masa di mana sel telur terlepas dari ovarium, pada saat ini kondisi telur sudah matang dan siap dibuahi oleh sperma. Namun, jika sel telur tidak segera dibuahi, maka akan terlepas dengan sendirinya dari dinding rahim dan dikeluarkan pada saat menstruasi.

  • Nah, pertanyaannya kapan masa subur wanita biasanya terjadi? Sebuah penelitian menyebutkan bahwa masa subur pada wanita umumnya terjadi pada hari ke-12 sampai dengan hari ke-16 dihitung dari hari pertama saat mengalami menstruasi. Akan tetapi, masa subur pada setiap wanita terkadang tidak selalu sama.

  • Agar Anda tidak semakin bingung, seperti dikutip dari tabloid "Wanita Indonesia", berikut ini ada beberapa tanda yang dapat dikenali secara mudah untuk mengetahui apakah seorang wanita sedang mengalami masa subur atau tidak.

  • Suhu tubuh wanita mengalami peningkatan

  • Ketika sedang mengalami masa subur umumnya suhu tubuh wanita akan mengalami peningkatan. Untuk mengetahui hal ini Anda harus menggunakan alat termometer untuk mengukurnya. Setelah itu lakukan pencatatan angka yang tertera di termometer, kemudian bandingkan pada saat Anda sedang menstruasi dan saat Anda sedang tidak menstruasi, masa subur Anda biasanya terjadi pada suhu tertinggi dalam tiap bulannya.

  • Timbul rasa nyeri di perut bagian bawah

  • Pada saat seorang wanita sedang mengalami masa subur biasanya akan ditandai dengan terjadinya kontraksi dan rasa nyeri di daerah perut bagian bawah, hal ini karena disebabkan oleh aktivitas sel telur yang sedang mengalami peningkatan.

  • Terjadi perubahan tekstur dan lendir pada vagina

  • Untuk mengetahui hal ini perlu dilakukan percobaaan. Pertama, cuci bersih jari tangan Anda kemudian rabahlah daerah miss V untuk melihat apakah ada perubahaan yang terjadi. Perubahan yang dimaksud umumnya ditandai dengan berubahnya warna miss V menjadi lebih terang (merah muda) dan terdapat banyak lendir berwarna jernih, kental tapi tidak berbau. Selama masa subur jumlah lendir yang diproduksi oleh miss V akan semakin banyak, hal ini karena dipengaruhi oleh meningkatnya hormon esterogen di dalam tubuh wanita.

  • Menggunakan alat tes kesuburan

  • Selain ketiga tanda di atas saat ini di apotik-apotik sudah dijual secara bebas alat penguji kesuburan yang tentunya lebih mudah dan akurat, tetapi harganya memang masih terbilang cukup mahal berkisar diangka 200-500ribu per unitnya.

  • Advertisement
  • Mengetahui masa subur seorang wanita adalah sangat penting supaya proses kehamilan bisa cepat terjadi. Akan tetapi, selain mengetahui masa subur pada wanita pihak pria juga perlu menjaga kesehatan organ reproduksinya. Untuk itu, sperma yang akan digunakan untuk membuahi sel telur harus dalam keadaan sehat dan berjumlah banyak. Jagalah selalu dengan menerapkan pola hidup sehat dengan tidak merokok, mengonsumsi alkohol, atau obat-obatan berbahaya lainnya. Selain itu, pemilihan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan badan disarankan pada pagi hari antara pukul 04:00 hingga 07:00 pagi di mana pada saat ini kondisi sperma sedang banyak-banyaknya dan aktif.

  • Semoga harapan Anda berdua bisa segera menjadi kenyataan dan sambutlah buah hati Anda dalam ikatan kasih sayang orangtua dan keluarga yang bahagia.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

4 cara mudah mengetahui masa subur wanita

Pada saat seorang wanita sedang mengalami masa subur biasanya akan ditandai dengan terjadinya kontraksi dan rasa nyeri di daerah perut bagian bawah, hal ini karena disebabkan oleh aktivitas sel telur yang sedang mengalami peningkatan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr