Penuntun Mudah untuk Sekolah Lanjutan

Banyak orang tua yang merasa tidak tahu apa yang harus dikerjakan bila anak-anak mereka memasuki hari pertama sekolah menengah lanjutan. Artikel ini menolong mereka untuk lebih percaya diri dalam menghadapi hari pertama bersama anak-anak mereka.

352 views   |   shares
  • Selamat datang di SMG! Itulah (Sekolah Menengah Gampang). Mempersiapkan tahun-tahun pelajaran sekolah menengah dapat membuat orang tua dan remaja pusing kepala. Berikut adalah cara praktis sebelum menginjak di negeri BFF teman akrab seumur hidup, buku sain setebal 7 cm, dan halo hormon.

  • Jangan panik

  • Ada beberapa bagian sekolah yang benar-benar dapat manakutkan, dan keselamatan/keamanan di sekolah adalah prioritas utama di tingkat nasional dan di setiap sekolah sekarang ini. Namun demikian, sekolah masih tetap tempat yang paling aman buat anak-anak Anda. Apakah anak Anda adalah seseorang yang bernyali besar? Melangkahlah ke sekolah menengah manapun pada hari pertama sekadar melihat-lihat apa kaum remaja menjadi takut karenanya. Mereka diam seribu bahasa, tidak dapat menemukan kelas mereka, mengintai kompetisi dengan gugup. Sebagai seorang guru, saya selalu mencoba menghilangkan ketakutan tersebut dengan mengakui kegugupan saya sendiri tentang hari pertama. Orang tua dapat menenangkan anak-anak mereka dengan melakukan lawatan keliling sekolah atau bertatap muka dengan guru. Biasanya, anak-anak kembali ke nyali mereka, berbalik ke perilaku normal yang aneh-aneh mereka dan siap untuk segera belajar.

  • Miliki sebuah visi

  • Cara terbaik lain untuk memulai tahun ajaran adalah menetapkan tujuan akademis. Tujuan tersebut mungkin berupa belajar lebih efektif atau memperbaiki kemampuan mengorganisasi (apakah Anda memiliki tas sekolah ajaib yang membuat PR menghilang?). Sempatkanlah juga untuk menetapkan harapan, termasuk etika telepon dan terhubung di internet. Memeriksa secara berkala tentang bagaimana visi sukses tersebut tercapai (bukan sekadar laporan).

  • Jadilah bintang membaca dan menulis

  • Anak Anda mungkin sangat baik di sekolah dasar. Nikmati dan pujilah hal itu, tetapi sekolah menengah merupakan bab baru dalam hidupnya. Doronglah anak Anda untuk membaca buku yang sulit, dan berkenalan dengan buku-buku yang setingkat kemampuan mereka. Lexile® adalah sumber baik untuk itu. Untuk orang tua anak lelaki, saya sangat menganjurkan membaca karya Dr. Jeff Wilhelm. Kemampuan menulis juga diharapkan meningkat di sekolah menengah dengan lebih sedikit mengarang dan lebih banyak pada menulis informasi atau teknik, jadi bersiaplah untuk itu. Harapan ini akan lebih ditekankan jika anak Anda masuk dalam program anak-anak berbakat. Penempatan ke dalam program yang tepat menjadi penting agar anak Anda berhasil – atau tidak di sekolah. Apakah program percepatan belajar sudah tepat untuk anak Anda? Akankah keputusan tentang mengikutkan atau menarik diri dari program khusus dapat merupakan gangguan dalam hidup anak remaja Anda. Tetap pikirkan kepentingan anak, biarkan kepentingannya menjadi pilihan mereka dan bahaslah dengan para guru tentang program yang paling tepat dalam mengambil keputusan secara kolektif.

  • Advertisement
  • Jangan tidak ada komunikasi

  • Beberapa orang tua menghilang dan berhenti berbicara dengan para guru di sekolah menengah, mereka lebih suka membiarkan anak-anak mengurusi nasib mereka. Mengapa demikian? Memang sulit melihat anak Anda berkomunikasi dengan efektif. Doronglah anak-anak berkomunikasi dengan guru mereka tentang nilai-nilai, tugas-tugas dan keprihatinan mereka. Bantulah mereka memahami bahwa berbicara berhadapan dan secara hormat masih tetap ada gunanya.

  • Ingatlah, di luar sana selalu ada belantara

  • Pertama-tama, ciptakan suasana aman dalam keluarga Anda untuk membicarakan apa pun. Tidak ada yang tabu. Masalah sekolah seperti penggertak, hubungan dan perubahan pada tubuh mereka, termasuk pertanyaan masalah seks, adalah terbaik ditangani orang tua. Guru dapat menjadi sekutu dalam hal ini, tetapi pada akhirnya, suasana keluarga yang mendukung merupakan pertahanan terkuat melawan hal-hal yang liar yang dialami kaum remaja di sekolah. Inti dari pembicaraan ini adalah pentingnya memilih teman secara bijaksana, baik yang ada di internet maupun langsung. Tanya kepala sekolah atau guru berapa banyak waktu yang mereka gunakan untuk hingga masalah sekolah dan Anda akan tahu berapa banyak jejaring sosial telah berubah dalam sekolah modern.

  • Baiklah, ibu dan ayah, Anda selangkah lebih dekat untuk bersiap-siap menghadapi tahun-tahun yang hebat remaja Anda.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Effian Kadarusman dari artikel asli “No sweat middle school guide” karya Afton Lambson.

Bantu kami menyebarkan

Afton Lambson is an Arizona native, BYU and U of U graduate, and educator in Salt Lake City, Utah.

Penuntun Mudah untuk Sekolah Lanjutan

Banyak orang tua yang merasa tidak tahu apa yang harus dikerjakan bila anak-anak mereka memasuki hari pertama sekolah menengah lanjutan. Artikel ini menolong mereka untuk lebih percaya diri dalam menghadapi hari pertama bersama anak-anak mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr