Uitemate teknik mengapung di air yang telah menyelamatkan banyak orang

Meskipun Anda tidak pandai berenang usahakan agar tetap tenang dan jangan panik, berusahalah sesantai mungkin untuk menghemat tenaga Anda agar Anda tidak mengalami kram atau kelelahan.

6,977 views   |   11 shares
  • Melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air memang sangat menyenangkan, bayangkan saja Anda bisa melakukan surfing di atas ombak putih berkejaran, rafting di arus sungai deras, menyelam bersama ribuan ikan warna-warni, mengendarai jet ski, atau sekedar berenang bersama teman-teman di kolam renang umum. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki keahlian berenang kegiatan-kegiatan tersebut bisa nampak sangat menyeramkan.

  • Menurut sebuah survei pada tahun 2012 di Indonesia ada lebih dari 800 kasus orang tewas akibat tenggelam karena tidak bisa berenang, 45% di antaranya berusia di atas 60 tahun sementara sisanya adalah usia pelajar sampai usia 60 tahun. Hal ini memang patut disayangkan, padahal jika setiap orang memahami dengan baik teknik mengambang tentunya korban tewas akibat tenggelam bisa diminimalisir.

  • Berbicara mengenai teknik mengambang, sebuah metode yang sudah lama dikembangkan di Jepang mampu menyelamatkan ribuan nyawa sewaktu Tsunami dan banjir bandang menyerang negara tersebut beberapa waktu yang lalu. Teknik mengambang tersebut dikenal dengan istilah UITEMATE.

  • Prof. Hidetoshi Saito dari Universitas Teknologi Nagaoka adalah yang pertama kali mengembangkannya, beliau menjelaskan bahwa teknik Uitemate sebetulnya sangat sederhana namun efektif mencegah seseorang tenggelam. Teknik Uitemate sebetulnya meniru gerakan binatang berang-berang sewaktu berenang dengan cara memegang sesuatu yang mengambang seperti botol plastik kosong.

  • Ketika seseorang tercebur ke dalam air reaksi spontan yang biasa ditunjukkan adalah berusaha berenang meskipun dirinya tidak bisa berenang. Selain itu yang bersangkutan biasanya akan panik dan berusaha meraih sesuatu sambil melambai-lambaikan tangannya untuk mencari pertolongan. Padahal, menurut Prof. Saito cara demikian sebetulnya salah karena dengan terus bergerak dan melambai-lambaikan tangan justru akan membuat tubuh tidak bisa mengapung dan akhirnya kelelahan. Prof. Saito menasihati ketika mengalami kejadian semacam ini hal yang perlu dilakukan adalah berusaha tetap tenang dan hindari gerakan-gerakan berlebihan, baru kemudian gunakan teknik uitemate untuk menghemat tenaga sampai bala bantuan datang untuk menyelamatkan.

  • Seperti dikutip dari dunia www.berbicara.com, berikut ini adalah penjelasan mengenai teknik Uitemate tersebut:

  • Jangan panik, berusahalah tetap tenang dan santai

  • Advertisement
  • Meskipun Anda tidak pandai berenang usahakan agar tetap tenang dan jangan panik, berusahalah sesantai mungkin untuk menghemat tenaga Anda agar Anda tidak mengalami kram atau kelelahan.

  • Rentangkan tangan kaki dan badan menghadap ke atas

  • Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah mengarahkan tubuh Anda pada posisi menghadap ke atas seperti sedang tidur telentang, kemudian rentangkan tangan dan kaki serta pastikan kepala Anda tetap berada di udara agar bisa menghirup udara.

  • Arahkan pandang ke atas untuk melancarkan sistem pernafasan

  • Sekali lagi pastikan posisi kepala Anda menghadap ke atas agar air tidak masuk ke dalam hidung ataupun mulut Anda sehingga dapat menganggu sistem pernafasan.

  • Letakkan tangan di dada atau di samping Anda

  • Anda bisa merentangkan tangan Anda atau meletakkannya di depan dada Anda atau di samping tubuh Anda, lakukan cara ini terserah mana yang menurut Anda paling nyaman.

  • Pegang sesuatu yang mengambang seperti botol plastik, kayu, tas ransel, dan sebagainya

  • Pernahkan Anda menyaksikan seekor berang-berang mengapung sambil memakan sebutir buah apel? Nah, teknik Uitemate terispirasi dari teknik yang digunakan oleh binatang tersebut. Dekap erat botol kosong atau tas ransel Anda di depan dada Anda, sambil tetap pada posisi telentang tunggulah sampai bala bantuan datang untuk menyelamatkan Anda.

  • Hindari melakukan gerakan-gerakan berlebihan yang dapat membahayakan diri Anda

  • Memang rasa panik dan ketakutan akan Anda alami, tetapi sadarlah di sini nyawa Anda sedang dipertaruhkan. Oleh sebab itu, hematlah tenaga Anda dan jangan melakukan gerakan yang berlebih supaya Anda tidak cepat mengalami kelelahan.

  • Ada banyak orang harus kehilangan nyawa secara sia-sia karena tidak memiliki keahlian dalam berenang, dan kadang mereka yang pandai berenang sekalipun tidak luput dari bahaya tenggelam. Akan tetapi, selain teknik Uitemate yang telah dijabarkan di atas, cara terbaik untuk menghindari dari bahaya tenggelam adalah dengan selalu berhati-hati ketika sedang berada di perairan dalam, pastikan juga untuk selalu memakai jaket pelampung agar keselamatan Anda lebih terjamin.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Uitemate teknik mengapung di air yang telah menyelamatkan banyak orang

Meskipun Anda tidak pandai berenang usahakan agar tetap tenang dan jangan panik, berusahalah sesantai mungkin untuk menghemat tenaga Anda agar Anda tidak mengalami kram atau kelelahan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr