Pindah Rumah Tanpa Stres

Dalam hidup ini kita pasti mengalami pindah rumah paling tidak sekali, entah karena pekerjaan atau kuliah, atau perkawinan, atau karena membeli rumah baru dan banyak lagi alasan lainnya. Pindah rumah menyangkut banyak urusan, kerja keras, dan stres.

2,227 views   |   1 shares
  • Dalam hidup ini kita pasti mengalami pindah rumah paling tidak sekali, entah karena pekerjaan atau kuliah, atau perkawinan, atau karena membeli rumah baru dan banyak lagi alasan lainnya. Tidak peduli apakah kita pindah ke kota atau negara lain, atau tetap di kota yang sama, pindah rumah menyangkut banyak urusan dan kerja keras. Menurut pakar, stres yang ditimbulkan dari pindah rumah termasuk yang paling atas dalam daftar hal-hal yang mengakibatkan stres. Ada beberapa saran di bawah ini untuk mengurangi stres tersebut.

  • Persiapan

  • Kalau Anda beruntung mengetahui jauh sebelumnya bahwa Anda akan pindah rumah, Anda dapat membuat daftar apa saja yang harus Anda lakukan sebelum Anda pindah. Walau persiapan ini tidak akan menjamin 100% segalanya akan berjalan lancar, setidak-tidaknya Anda dapat membuat rencana cadangan seandainya rencana yang pertama gagal. Ketika penulis meninggalkan tanah air bersama keluarga untuk studi di negeri Paman Sam, kami sudah membuat persiapan beberapa bulan sebelumnya. Dari dokumen-dokumen penting yang harus diurus sampai persiapan barang-barang yang harus dibawa. Semua surat sudah beres bahkan jual beli rumah berjalan lancar, tetapi sehari sebelum berangkat kami menyadari bahwa tidak mungkin kami membawa semua koper yang memenuhi ruang tamu rumah kami. Kami akan kena denda besar karena membawa barang terlalu banyak. Terpaksalah kami tinggalkan koper-koper itu di rumah mertua dan kami pergi hanya membawa 2 koper besar.

  • Perjalanan

  • Apakah Anda cuma pindah 2 blok dari tempat Anda tinggal sekarang atau 200 km, Anda tetap harus memikirkan bagaimana mengangkut barang-barang Anda. Haruskah Anda menyewa truk atau memakai jasa biro angkutan, semua ini hendaknya dirancang jauh-jauh hari. Bisa saja perusahaan truk atau biro jasa yang perlu Anda sewa ternyata sedang sibuk sehingga tidak ada lagi kendaraan yang tersedia.

  • Pengepakan

  • Anda sekeluarga mungkin mengerjakannya sendiri atau Anda menyerahkannya kepada biro jasa untuk melakukan pengepakan barang-barang. Anda hendaknya menyusun barang menurut kamar, misalnya barang dapur dipisahkan dari barang ruang tamu atau kamar mandi. Sebaiknya Anda menyediakan label atau memakai spidol besar untuk memberi nama kardus-kardus sehingga di tempat yang baru Anda tidak perlu mengobrak-abrik semua kardus hanya untuk mencari handuk. Pengalaman pahit penulis ketika masih tinggal bersama orang tua, kami kehilangan sendok garpu sampai sebulan. Ternyata ketika mengepak lemari baju, kami melemparkan alat-alat makan itu di balik baju-baju. Akibatnya selama sebulan kami memakai sendok garpu plastik.

  • Advertisement
  • Pembongkaran

  • Ketika sampai di tempat yang baru, Anda tidak ingin menciptakan stres dengan membuat tempat tinggal Anda berantakan. Susunlah kardus-kardus di ruangan yang sesuai dengan labelnya. Kain-kain seprei dan baju di kamar tidur, handuk-handuk di kamar mandi atau lemari linen, panci dan piring serta alat-alat makan di dapur, dst. Bongkarlah kardus-kardus itu menurut prioritas, misalnya dapur harus diberesi lebih dahulu karena semua orang lapar sesudah letih mengangkut barang. Kemudian barang kamar mandi karena kita perlu cuci tangan, buang air dan mandi sehabis berkeringat mengangkat perabot.

  • Menyalakan listrik

  • Ini salah satu hal penting yang harus diingat. Sebelum keluar dari rumah lama Anda harus memutuskan sambungan listrik, telpon dan air supaya Anda tidak membayar sesuatu yang sudah tidak Anda gunakan lagi. Di rumah baru Anda tidak ingin tinggal dalam keadaan gelap karena lupa minta PLN menyalakan listrik.

  • Jangan lupa mengerahkan bala bantuan dari keluarga, teman, tetangga, dan siapa pun yang bersedia membantu entah dalam hal pengepakan, pengangkutan maupun pembongkaran. Ini salah satu hal penting untuk mengurangi stres.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Pindah Rumah Tanpa Stres

Dalam hidup ini kita pasti mengalami pindah rumah paling tidak sekali, entah karena pekerjaan atau kuliah, atau perkawinan, atau karena membeli rumah baru dan banyak lagi alasan lainnya. Pindah rumah menyangkut banyak urusan, kerja keras, dan stres.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr