Bebas stres meskipun bekerja di rumah? Ini rahasianya!

Sebenarnya bekerja di rumah dapat menyenangkan jika Anda berhasil menciptakan lingkungan kondusif dan nyaman agar Anda dapat tetap fokus saat bekerja.

566 views   |   1 shares
  • Semakin banyak orang terutama kaum hawa yang memilih untuk bekerja di rumah terutama setelah menikah. Alasannya pun beragam, karena keinginan suami, karena ingin dekat dengan anak-anak, karena ingin fokus mengurus keluarganya dan masih banyak lagi pertimbangan lainnya. Sebagian orang mungkin lebih senang bekerja di rumah daripada harus pergi ke kantor karena dapat menghemat biaya dan tenaga. Tetapi sebagian lagi merasa kesulitan karena beberapa alasan seperti belum terbiasa bekerja di rumah, takut dengan ada banyak gangguan dari anak-anak atau lingkungan yang tidak memadai yang membuatnya tidak nyaman bekerja di rumah.

  • Sebenarnya bekerja di rumah dapat menyenangkan jika Anda berhasil menciptakan lingkungan kondusif dan nyaman agar Anda dapat tetap fokus saat bekerja. Anda hanya perlu membuat suasana kerja menarik dengan melakukan beberapa rahasia di bawah ini.

  • Membuat dateline kerjaan

  • Hal penting yang harus dilakukan bagi para pekerja di rumah adalah membuat dateline pribadi. Karena Anda tidak memiliki atasan, Andalah yang menjadi atasan bagi diri Anda sendiri. Untuk itu buatlah dateline kerja dan upayakan untuk selalu mencapainya. Misalnya, dalam sehari, Anda tentukan sendiri, berapa jam Anda ingin bekerja, misalnya dari jam 9-12 siang (saat anak-anak Anda sekolah) atau berapa lama Anda dapat mencapai dateline pekerjaan Anda, misalnya Anda membutuhkan 3-5 jam untuk menyelesaikan pekerjaan Anda setiap harinya. Dengan melakukan ini, akan membuat Anda lebih fokus dan konsisten dalam bekerja di rumah.

  • Dekorasi tempat kerja yang nyaman

  • Salah satu cara terbaik menciptakan suasana kerja yang nyaman di rumah adalah dengan mendekorasi tempat kerja Anda senyaman dan menarik mungkin. Misalnya dengan mendekor layaknya tempat kerja yang sesungguhnya, ada meja, kursi kerja, komputer, kebutuhan menulis secukupnya, dan berikan setuhan manis untuk menyemangati Anda seperti menaruh bunga, atau foto orang terkasih di meja kerja Anda agar Anda semakin semangat. Usahakan pula untuk tidak memiliki tempat kerja yang terlalu nyaman seperti di kamar, atau ruangan dengan suhu udara atau AC yang dingin karena dapat mempengaruhi semangat kerja Anda.

  • Bijaksanalah dengan waktu

  • Hal yang harus Anda hindari saat bekerja di rumah adalah membuang waktu. Jangan sia-siakan waktu bekerja Anda di rumah hanya untuk browsingatau bermain media sosial seperti melihat Facebook, Twitter, Instagram, Path dan sebagainya sebelum Anda menyelesaikan pekerjaan Anda. Fokuslah dahulu pada dateline kerjaan Anda, setelah Anda menyelesaikan pekerjaan, barulah Anda melakukan hal itu. Langkah ini sangat baik untuk meminimalisir pemborosan waktu Anda.

  • Advertisement
  • Refresing sejenak

  • Meskipun bekerja di rumah, Anda juga memerlukan waktu istirahat sejanak untuk menyegarkan diri Anda di sela waktu bekerja. Jika Anda mulai bosan, segeralah mengalihkan kebosanan Anda dengan melakukan hal lain, misalnya, menonton, menggerak-gerakkan badan, makan, atau bahkan membersihkan rumah. Jangan membiarkan bosan melanda Anda saat bekerja di rumah, karena jika Anda tidak mengatasinya dengan segera itu hanya akan membuat Anda tertekan dengan pekerjaan Anda dan juga membuat Anda stres.

  • Jangan mengisolasi diri

  • Tidak dapat dipungkiri, bekerja di rumah sangat rentan menimbulkan stres. Salah satu penyebabnya yang paling sering terjadi tanpa Anda sadari adalah karena Anda mengisolasi diri. Jangan biarkan hal ini terjadi karena hal ini tidak hanya dapat membuat Anda stres tetapi juga dapat membuat Anda menjadi orang yang kurang bersosialisasi dengan lingkungan luar. Meskipun Anda bekerja di rumah, bukan berarti Anda hanya boleh menghabiskan waktu di rumah terus menerus. Luangkan pula waktu untuk berinteraksi dengan teman-teman atau terhubung dengan orang lain baik lewat telepon, chattingatau nongkrong bersama teman-teman atau keluarga Anda. Cara ini tidak hanya dapat memberikan Anda ide-ide dan pengalaman baru tetapi juga mampu meningkatkan dorongan energi agar Anda semakin semangat bekerja di rumah.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Bebas stres meskipun bekerja di rumah? Ini rahasianya!

Sebenarnya bekerja di rumah dapat menyenangkan jika Anda berhasil menciptakan lingkungan kondusif dan nyaman agar Anda dapat tetap fokus saat bekerja.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr