Biarkan anak membantah (dalam batas tertentu)

Ada orangtua yang ingin agar anaknya selalu menurut. Menurut pakar psikologi, anak yang membantah sesungguhnya belajar untuk mempertahankan hak dan pendapatnya.

913 views   |   4 shares
  • Ada orangtua yang ingin agar anaknya selalu menurut. Menurut pakar psikologi, anak yang membantah sesungguhnya belajar untuk mempertahankan hak dan pendapatnya. Tetapi sebagai orangtua, bila anak kita membantah ketika kita memberitahu sesuatu demi kepentingannya sendiri, kita ingin marah. Kita merasa wewenang kita sebagai orangtua dilanggar. Walau sulit bagi Anda menahan amarah sebaiknya tetaplah bersikap tenang demi semua orang yang terlibat dan demi darah tinggi Anda.

  • Seni berbantah

  • Semasa remaja penulis mendapat julukan dari ibunda tersayang "tukang membantah." Kata penulis waktu itu "Setiap orang mempunyai pendapat sendiri." Sesungguhnya tidak ada salahnya mengemukakan pendapat asalkan dilakukan dengan rasa hormat. Anak yang masih belajar berbicara mungkin hanya dapat meneriakkan "tidak mau." Semakin besar mereka akan makin fasih menyatakan perasaan dan pendapatnya. Sebagai orangtua kita juga hendaknya menaruh respek terhadap perasaan dan pendapat itu. Anak Anda adalah manusia kecil yang sedang berkembang. Untuk menjadi dewasa anak-anak layak dibiarkan menjajagi apa yang terbaik untuk dirinya. Anda tidak ingin mereka menjadi "yes man" seperti robot, hanya melakukan apa yang diperintahkan kepada mereka, bukan?

  • Belajar negosiasi

  • Anda menyuruh anak Anda tidur jam 9 malam setiap hari. Dia protes dan di akhir pekan dia ingin tidur jam 10 malam. Apakah Anda akan berkeras dan melarangnya? Anak Anda ingin menetapkan batasannya sendiri dan dia mengajukan negosiasi. Dia setuju untuk tidur jam 9 di hari sekolah, tetapi di akhir pekan dia minta sejam mundur. Mintalah alasannya dan jelaskan mengapa Anda menetapkan peraturan Anda. Selama permintaannya tidak keterlaluan, Anda sebaiknya mengabulkannya. Kemampuan bernegosiasi seperti ini akan berharga di hari kemudian. Dia membutuhkan kemampuan ini ketika menghadapi dosen atau bosnya. Dia tahu apa yang layak dan tidak layak diminta.

  • Mampu menolak

  • Menolak tidak selalu berarti berontak bila masih dalam batas-batas tertentu. Bahkan dengan keberanian menolak peraturan Anda, anak Anda belajar menentukan yang terbaik bagi dirinya. Hal ini penting dalam pergaulan. Kita tahu bahwa tekanan teman-teman sebaya sangatlah besar. Jika mereka mengajaknya melakukan sesuatu yang tidak semestinya, seperti menggunakan narkoba misalnya, anak Anda akan mempunyai kemampuan dan keberanian untuk menolaknya.

  • Strategi orangtua

  • Tugas Anda sebagai orangtua adalah membimbing anak Anda, bukan memaksakan kemauan Anda. Ajarkan kepada mereka cara menolak yang baik. Tegas namun tidak diiringi kemarahan. Terapkan strategi yang berbeda dalam menghadapi penolakan seorang anak berusia 2 tahun dan seorang remaja. Untuk yang pertama Anda memerlukan bujuk rayu sedangkan untuk yang terakhir Anda dapat menggunakan tukar pendapat.

  • Advertisement
  • Pendapat ahli

  • Menurut pakar psikologi Joseph P. Allen yang mengepalai penelitian tentang ini di Universitas Virginia, "Orangtua hendaknya menganggap bantahan sebagai latihan dasar yang penting dan bukan sebagai penyebab kekesalan." Ketika anak-anak menguji wewenang Anda mereka sebenarnya sedang menetapkan kendali atas kehidupan mereka sendiri. Bukankah Anda lebih suka hal ini terjadi daripada kelak dia mengiyakan tekanan teman-temannya yang berkata "Ayolah semua orang juga melakukannya." Atau mengikuti bujukan seorang dewasa yang bertindak kurang benar terhadap anak Anda?

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Biarkan anak membantah (dalam batas tertentu)

Ada orangtua yang ingin agar anaknya selalu menurut. Menurut pakar psikologi, anak yang membantah sesungguhnya belajar untuk mempertahankan hak dan pendapatnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr