Menikah membuat Anda lebih sehat

Kenapa menikah bisa membuat status kesehatan Anda menjadi lebih baik?

2,343 views   |   5 shares
  • Anda sering sakit-sakitan? Sudah berobat ke sana ke mari tapi tetap saja tidak berpengaruh terhadap perkembangan kesehatan Anda? Saya di sini bukan sedang mempromosikan sebuah obat yang bisa menyembuhkan segala penyakit. Tapi, saya ingin memberikan sebuah saran yang mudah disebutkan tapi sulit dilaksanakan. Yaitu, segeralah menikah.

  • Percayakah Anda bahwa sebuah pernikahan dapat membuat hidup kita menjadi lebih sehat? Sebuah survey di Norwegia membuktikan bahwa perempuan yang memilih hidup mandiri, tidak menikah atau menjanda, akan mudah terserang 13 tipe kanker, seperti kanker payudara dan kanker paru-paru. Menikah juga bisa memperpanjang kesempatan hidup kita. Selain itu, menikah juga mengurangi penyakit yang berasal dari stres seperti penyakit jantung, stoke, dan lain sebaginya.

  • Kenapa menikah bisa membuat status kesehatan Anda menjadi lebih baik? Berikut beberapa alasannya:

  • Seks membuat seluruh hidup Anda lebih bergairah

  • Kita tahu, seks sebelum menikah hanya akan menyisakan perasaan bersalah yang berkesinambungan. Perasaan bersalah itu akan menggerogoti pikiran kita, sehingga lambat laun membuat kita stres dan tidak tenang. Kalaupun sudah kebal dari perasaan bersalah, bagaimana dengan lingkungan Anda? Bisakah mereka menerima? Terlebih bila Anda hamil di luar nikah. This is so shameful Right? Okelah misalkan Anda hamil dan masih bisa menikah dengan kekasih Anda, apakah Anda bisa dengan mudah menerima kondisi kehamilan Anda? Survey membuktikan, tidak.

  • Perasaan bersalah dan tekanan berbagai pihak membuat kesehatan Anda menurun. Teman saya pernah mengalami hal itu, dia sangat stres sampai bobot tubuhnya turun sebanyak 20 kilo. Jadi, untuk apa mengambil risiko seks di luar nikah bila kelak hanya akan menyulitkan Anda? Belum lagi ancaman penyakit kelamin apabila Anda berganti pasangan seks. Oh... Ladies, having sex after married is the best choice.Setuju? Sex after married terbukti ampuh meningkatkan kesehatan kita. Seks setelah menikah yang dilakukan secara rutin paling tidak seminggu tiga kali bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung.

  • Kegiatan suami istri yang satu ini bisa meningkatkan level antibodi kita, lho. Antibodi yang disebut dengan A atau IgA (immunoglobulin). Dengan antibodi inilah seseorang dapat diproteksi dari berbagai bakteri dan infeksi virus. IgA orang yang seks secara rutin akan lebih tinggi 30% dibandingkan dengan mereka yang tidak rutin melakukan seks.

  • Advertisement
  • Saat kita berorgasme, tekanan darah kita akan meningkat lima kali lebih tinggi dari jumlah tekanan darah normal. DHEA, sebuah steroid alami akan disekresi melalui seluruh tubuh saat kita sedang melakukan hubungan seks. Dan DHEA itu sudah dikenal sebagai hormon anti-penuaan. Jadi, jika ingin menjaga tubuh tetap bugar dan bebas penyakit, rajinlah melakukan seks yang sehat dan halal. Sehingga bisa meningkatkan level DHEA Anda.

  • Dengan rutin melakukan seks bersama suami Anda, Anda bisa menghilangkan 7.500 kalori dalam setahun. Napas Anda juga bisa lebih panjang. Otot dan tulang-tulang Anda menjadi kuat karena terlatih saat melakukan kegiatan seks.

  • Sekali lagi, hanya seks sehat dan halal yang dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesehatan kita para perempuan.

  • Menikah menjauhkan Anda dari depresi

  • Depresi merupakan salah satu pintu terbesar menuju penyakit. Sedih yang berlebihan bisa membuat urat-urat tubuh kita mengendur, saraf-saraf kita tidak berfungsi dengan baik, dan akhirnya menganggu organ tubuh yang lain.

  • Dengan menikah, hidup Anda akan berubah. Akan ada seseorang yang siap menerima kita apa adanya. Kita bisa leluasa menjadi diri kita sendiri di depan suami. Mungkin saat kita sedang bersama-sama dengan the girls, kita sering meggunakan topeng demi terlihat sempurna dan menarik.

  • Suami akan ada saat kita butuh teman bicara, sedangkan teman kita tidak selamanya ada di saat kita butuh. Setiap hari sepanjang masa, akan ada pria yang menyayangi kita, melindungi kita dan meyakinkan kita bahwa kita berharga. Dan kita, sebagai perempuan sangat perlu dengan namanya penghargaan. Cinta, kasih sayang dan perhatian akan membuat perempuan menjadi hidup.

  • Ya, semua itu bisa didapatkan dari sebuah pernikahan yang sehat. Pernikahan yang tidak terdapat unsur kekerasan di dalamnya. Pernikahan yang damai, saling mengasihi, saling menghargai dan mengerti tanggung jawab masing-masing.

  • Jadi, agar Anda bisa menjaga kesehatan jasmani dan rohani, buatlah hubungan yang baik dengan suami. Kesehatan jiwa sangat mempengaruhi kesehatan jasmani. Begitu juga dengan sehat jasmani, ia bisa mempengaruhi kesehatan jiwa.

  • M enikah membuat hidup lebih tertata

  • Sebelum menikah, mungkin kita sering ngopi-ngopi bersama teman hingga larut malam. Wisata kuliner, makan apa saja sampai perut tidak cukup lagi dan dompet cepat menipis. Berkaroke sampai suara serak. Pergi traveling sampai kehabisan uang. Hmm...menyenangkan, memang. Tapi lihatlah, betapa hidup kita sangat spontan.

  • Advertisement
  • Nah, setelah menikah ini, kita bisa hidup lebih tertata. Jika dulu kita bisa bangun siang, maka setelah memiliki suami, kita biasanya bangun lebih pagi. Menyiapkan sarapan (masak sendiri atau beli), menyeduh secangkir kopi, dan bersih-bersih rumah.

  • Setelah menikah, pola makan kita pun akan terjaga, karena kita harus menyediakan makanan untuk suami dan anak-anak kita. Kita juga biasanya jadi lebih peduli dengan kesehatan, apalagi jika sudah punya anak, paling tidak menu makanan kita pasti ada sayurannya. Ketika masih single, boro-boro sayuran, inget kalau kita belum makan saja sudah untung.

  • Dikutip dari buku "Keseimbangan Hidup Perempuan", oleh Irni Fatma Satyawati dan Asri Rakhmawati (Achi TM)

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Profil Penulis Irni, lulusan Sarjana Psikologi UBAYA. Saat ini menetap di Jepang mendampingi suami bersama dua buah hatinya. Aktif menulis di berbagai media dan buku Pengembangan Diri. Baginya menulis adalah media berbagi pada sesama.

Situs: http://www.irniis.com

Menikah membuat Anda lebih sehat

Kenapa menikah bisa membuat status kesehatan Anda menjadi lebih baik?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr