Edukasi penting bagi anak untuk menjaga dirinya sendiri

Saat ini semakin banyak kejahatan pada anak. Ajar anak-anak kita untuk pintar membaca gerak gerik orang-orang yang mulai mencurigakan. Berikut edukasi yang dapat kita sampaikan kepada mereka agar mereka dapat menjaga dan melindungi diri mereka.

1,435 views   |   7 shares
  • Anak-anak adalah titipan Tuhan yang harus kita jaga, rawat, lindungi dan besarkan dengan penuh kasih sayang. Anak-anak merupakan anugerah yang harus kita syukuri keberadaannya. Sebagai orangtua kita tentu menginginkan anak-anak kita selalu terjamin keselamatannya. Sayangnya orangtua juga memiliki keterbatasan. Kita tidak bisa menjaga mereka setiap saat. Banyak hal yang perlu dikomunikasikan kepada mereka terkait keselamatan mereka sendiri. Kita perlu memberikan edukasi secara terus menerus tentang bagaimana cara menjaga diri sendiri sejak mereka kecil. Jangan pernah berpikir bahwa kejahatan hanya dilakukan oleh orang yang tidak kita kenal saja dan tidak mungkin dilakukan oleh orang terdekat kita, justru yang sering terjadi pelaku kejahatan adalah orang-orang yang mereka kenal atau bahkan dekat dengan kehidupan mereka. Ajar anak-anak kita untuk pintar membaca gerak gerik orang-orang yang mulai mencurigakan.

  • Berikut beberapa hal yang dapat kita sampaikan kepada anak-anak agar mereka dapat menjaga dan melindungi dirinya sendiri :

  • 1.Beri pendidikan seksualitas. Ajari anak untuk mengenal bagian-bagian tubuh intimnya yang tidak boleh orang lain sentuh. Beri penjelasan dengan bahasa yang mudah dimengerti agar anak dapat mengerti maksudnya dan tahu sebab akibatnya.

  • 2.Mengajari anak untuk menutup auratnya. Tidak memperbolehkannya memperlihatkan atau mempertontonkan bagian tubuh yang bersifat privasi kepada orang lain. Hal ini untuk mencegah keinginan seseorang melakukan pelecehan terhadap anak kita.

  • 3.Ingatkan pada anak untuk tidak menerima atau menolak ajakan dari orang asing. Katakan pada anak untuk tegas bahkan jika perlu teriak minta tolong sekencang-kencangnya ketika ada orang mengajak pergi dengan paksa.

  • 4.Ajarkan anak untuk menghapal alamat rumah, nama ayah ibu dan nomor handphone orangtuanya atau nomor telepon penting lainnya yang dapat membantu. Hal tersebut dapat berguna ketika anak dalam keadaan darurat dan membutuhkan pertolongan.

  • 5.Jelaskan pada anak untuk tetap tinggal di dalam sekolah bersama guru atau tidak keluar dari lingkungan sekolah sampai orang kepercayaan kita menjemput. Mungkin kita orangtua masih sibuk bekerja dan tidak sempat menjemput, tetapi tentukan orang yang betul-betul kita percaya untuk antar jemput anak kita sekolah.

  • 6.Mengajarkan anak untuk menjadi anak yang baik dan sopan terhadap orang lain, namun tidak mudah dirayu. Ajarkan juga untuk tidak sembarangan menerima makanan, mainan, barang, uang atau pemberian lainnya dari orang yang tidak dikenal. Itu bisa menjadi modus para pelaku kejahatan untuk menarik perhatian anak.

  • Advertisement
  • 7.Ajari anak untuk bisa mengenali atau mengingat ciri-ciri orang yang mencurigakan atau orang yang berusaha berlaku tidak sepantasnya terhadap mereka. Pernyataan anak tersebut sangat membantu kita jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang akan membahayakan kesalamatan anak.

  • 8.Bekali anak dengan pertahanan diri melalui ilmu bela diri. Ini sangat membantu anak dalam situasi darurat. Setidaknya dengan adanya kekuatan fisik yang memadai anak dapat melakukan perlawanan jika ia merasa dirinya terancam.

  • 9.Mengajari anak untuk mengunci pintu dan jendela dan tidak membukakan pintu ketika ada orang asing datang.

  • 10.Tanamkan rasa cinta dan komunikasi yang baik kepada anak-anak agar mereka bisa menjadi anak yang berani, percaya diri dan tegas dalam mengambil sikap. Ajarkan anak untuk selalu terbuka dan jujur menceritakan setiap kejadian, perasaan yang dialaminya pada saat tidak sedang bersama Anda. Hal itu sangat berguna bagi kita untuk mengetahui kejadian apa saja yang dialami mereka sepanjang hari.

Bantu kami menyebarkan

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

Edukasi penting bagi anak untuk menjaga dirinya sendiri

Saat ini semakin banyak kejahatan pada anak. Ajar anak-anak kita untuk pintar membaca gerak gerik orang-orang yang mulai mencurigakan. Berikut edukasi yang dapat kita sampaikan kepada mereka agar mereka dapat menjaga dan melindungi diri mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr