"Bunda, kenapa Ayah harus bekerja?"

Pertanyaan ini umum ditanyakan anak-anak acapkali melihat ayahnya pergi bekerja. Lalu apa jawaban yang harus diberikan? Dan bagaimana caranya menunjukkan pada anak bahwa bekerja adalah hal yang wajib dilakukan ayahnya?

1,680 views   |   1 shares
  • Pernahkah si kecil bertanya, "Kenapa sih Ayah harus bekerja?" Apa yang Anda jawab?

  • Ratih Ibrahim, Psikolog dari Personal Growth menjelaskan bahwa jawaban dari pertanyaan itu adalah "karena orang dewasa harus bekerja untuk makan dan lainnya, tidak boleh meminta-minta lagi." Namun buku Passing The True Wealth To Your Children yang ditulis oleh Benny Santoso, Sally Azaria, David dan Jenny Tan menjelaskan lebih rinci.

  • Menurut buku ini, jika anak-anak sudah dapat memahami alasan orangtuanya pergi kerja untuk mendapatkan uang untuk makanan dan bertahan hidup, mereka sudah dianggap mendapat pemahaman yangg benar tentang bekerja. Sebab kepada anak-anak, orangtua tidak bisa menuntut anak-anak untuk memahami bahwa ayah atau ibunya bekerja dengan tujuan begini-begitu.

  • Namun, hal paling efektif adalah dengan mengajari mereka bekerja, tentunya bukan membuat anak-anak mencari uang karena itu melanggar hukum. Tujuan mengajari anak bekerja bukan karena orangtua tidak mau bertanggung jawab untuk memenuhi semua kebutuhan mereka, namun untuk mengajarkan pentingnya bekerja kepada anak.

  • Pada usia tertentu, seorang anak bisa saja diizinkan untuk bekerja sesuai dengan bidang yang mereka senangi. Misalnya dengan memberikan les privat, berjualan online, atau menjaga toko, sebaiknya toko milik orangtua. Jika orangtua sudah memiliki usaha, ajak anak ikut berpartisipasi dalam mengurus toko sudah bisa dilakukan sejak usianya masih kecil.

  • Dengan bekerja, anak-anak akan bisa merasakan sulitnya mendapatkan uang dan lebih menghargai uang. Anak-anak juga bisa merasakan bahwa mereka harus bertanggung jawab untuk keberhasilan mereka sendiri.

  • Meskipun demikian, masih banyak orangtua yang tidak melepaskan anak-anak mereka untuk menghasilkan uang. Mereka mengtakan bahwa anak masih terlalu kecil untuk memotong rumput di taman maupun pekerjaan-pekerjaan lainnya. Padahal, ada saatnya orangtua harus mengajarkan anak untuk mandiri, bekerja dan melakukan sesuatu yang berarti.

  • Saat anak meminta tambahan uang saku, saat itulah orangtua bisa mendrong anak untuk berlatih melakukan pekerjaan, dalam memenuhi keinginan dan kebutuhannnya. Sembari mereka bekerja, orangtua dapat mengajarkan tentang arti bekerja dan bertanggung jawab.

  • Selain itu, orangtua juga harus mengajarkan anak bahwa mendapatkan uang untuk bertahan hidup, tidak boleh curang. Ajarkan bahwa kecurangan hanya akan membatasi berkat Tuhan secara finansial. Tunjukkan bahwa uang bukan segala-galanya. Ada kalanya uang menjadi sangat tidak berarti jika dibandingkan dengan mahalnya kejujuran. Karena itu tekankanlah bahwa mereka harus mendapatkan uang dengan cara yang benar.

  • Advertisement
  • Lalu pekerjaan apakah yang cocok untuk anak-anak? Menurut buku ini, pekerjaan yang cocok untuk anak usia 11-12 tahun adalah:

    • memotong rumput,

    • menjaga binatang peliharaan tetangga ketika mereka keluar kota,

    • melakukan pekerjaan ekstra (selain tanggung jawabnya) di dalam rumah,

    • membuat sesuatu (pekerjaan tangan) dan menjualnya.

  • Sementara untuk anak-anak yang lebih kecil, mereka mungkin bisa ikut "bekerja" kepada orangtuanya dulu sebelum memulainya dengan bekerja pada orang lain. Seperti membantu cuci mobil, menjadi asisten ibu di dapur, menyiram tanaman, atau menemani ayah menjaga toko.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

"Bunda, kenapa Ayah harus bekerja?"

Pertanyaan ini umum ditanyakan anak-anak acapkali melihat ayahnya pergi bekerja. Lalu apa jawaban yang harus diberikan? Dan bagaimana caranya menunjukkan pada anak bahwa bekerja adalah hal yang wajib dilakukan ayahnya?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr