Kiat saat terjebak macet bersama si kecil

Jalanan amat macet, padahal Anda sedang berkendara bersama anak-anak. Di tengah perjalanan, biasanya ada saja yang kelaparan, kehausan atau bahkan ingin buang air. Persiapkan segala kebutuhan sejak awal adalah kuncinya.

450 views   |   0 shares
  • Menjadi penduduk di kota besar, kita tidak dapat menghindari macet dalam keseharian. Hal ini membuat kita harus siap selalu dengan minuman atau cemilan dan musik untuk membunuh jenuh. Lalu, bagaimana jika harus berhadapan dengan macet ketika bepergian dengan anak-anak? Berikut tipsnya:

    1. Siapkan camilan ringan dan botol air minum berukuran besar. Tempatkan dalam kotak atau tas kain yang mudah dibuka dan letakkan di dekat tempat duduk anak.

    2. Siapkan mainan-mainan kegemaran anak dalam satu tas, berukuran tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil agar ia bisa menggenggamnya dengan baik dan tidak mudah terjatuh. Bawakan juga alat menggambar, atau buku bacaan yang tidak membosankan.

    3. Jika masih balita, tempatkan anak-anak di car seat-nya agar aman. Berikan penjelasan bahwa, sebosan apapun, keamanan adalah nomor satu.

    4. Jika anak Anda laki-laki, siapkan botol plastik kemasan kosong yang siap buang sebagai persiapan jika ia harus buang air kecil didalam mobil. Tetap persiapkan saja popok siap pakai dalam mobil, letakkan dalam jangkauan Anda, meski anak tak lagi pakai popok. Jika hasrat buang air sudah tak tertahankan, mereka bisa mengenakan sendiri popoknya. Beri tahukan bahwa dalam kondisi darurat mereka boleh buang air di popok.

    5. Bawa film kegemaran mereka yang bisa ditonton lewat perangkat di mobil. Anda bisa mengajaknya mengobrol sambil membahas isi film tersebut.

    6. Siapkan minyak alami yang wanginya bisa menenangkan, dan lagu-lagu yang juga bisa membantu anak merasa nyaman.

  • Persiapan-persiapan tersebut akan lebih baik jika dibarengi dengan manajemen waktu. Kini ada aplikasi peta di handphoneyang banyak membantu Anda mengatur rute dan waktu perjalanan.

  • Misalnya, sebelum berangkat, Anda sudah menyiapkan tempat tujuan. Cari di aplikasi jarak dari rumah ke tempat tersebut, dan ke tempat-tempat lain akan Anda kunjungi. Sesuaikan jarak dan waktunya dengan jam tidur anak, atau dengan kondisi biologis tiap anak.

  • Ada anak yang pada jam-jam tertentu lebih rewel jika bosan, atau ada jam khusus yang biasanya bisa diajak santai. Ada baiknya juga Anda memersiapkan kondisi anak sejak sebelum berangkat, misal mengajak anak bercerita bahwa hari ini kemungkinan rute perjalanan akan cukup jauh karena macet. Maka, ia harus bersabar dan tawarkan benda apa yang ingin dibawanya agar tidak merasa bosan saat macet. Ajak juga ia buang air dulu sebelum berangkat.

  • Advertisement
  • Hal penting lainnya, misalnya mengajak anak beraktivitas, dan melakukan hal yang menyenangkan bersama-sama sebelum harus menempuh perjalanan panjang dan melelahkan itu. Nanti setelah bermain, ajak lagi ia bicara dan katakan bahwa setelah bermain gembira ini akan ada perjalanan yang membosankan. Karena itu, bermain dulu sepuasnya, nanti harus siap duduk lama di mobil.

  • Jangan lupa juga memersiapkan kondisi mental dan fisik Anda sendiri. Tenangkan diri dan jangan biarkan perut lapar atau haus, karena Anda harus jadi yang paling kuat dan sehat. Anda juga harus jadi yang paling tenang dan bisa menenangkan. Sebab keamanan Anda dan anak-anak berada di tangan Anda.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Yasmina Hasni adalah seorang ibu dari satu anak lelaki, mantan jurnalis, blogger, yang suka bikin kue. Ia lulus dari FISIP Universitas Padjadjaran, pada 2006, dan kini tinggal di Bekasi bersama suami, anak dan lima ekor kucing. Twit saya

Situs: http://yasminahasni.com

Kiat saat terjebak macet bersama si kecil

Jalanan amat macet, padahal Anda sedang berkendara bersama anak-anak. Di tengah perjalanan, biasanya ada saja yang kelaparan, kehausan atau bahkan ingin buang air. Persiapkan segala kebutuhan sejak awal adalah kuncinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr