Tuhan, Apakah Engkau Ada? Bagaimana Mengetahui bahwa Tuhan Itu Ada

Tuhan selalu berbicara kepada kita dengan cara yang luar biasa, tapi seringkali, kita lupa mengenai pengalaman-pengalaman tersebut dan kembali ke dalam kehidupan sehari-hari kita.

4,194 views   |   1 shares
  • “Apakah Engkau ada Tuhan?” Pertanyaan ini diajukan oleh banyak orang pada setiap saat di dalam kehidupan mereka, ketika mereka mencari jawabannya atau ingin mengetahui bahwa mereka tidaklah sendirian. Beberapa orang meluangkan seluruh kehidupannya untuk mencari Tuhan, beberapa tidak pernah menemukan-Nya. Dan kemudian ada mereka yang begitu percaya kepada Tuhan dengan sungguh-sungguh, mengabdikan seluruh hidup mereka untuk melayani. Bagaimana orang-orang ini bisa begitu percaya bahwa Tuhan itu nyata, dan bagaimana orang lain bisa memiliki kesaksian bagi diri mereka sendiri? Berikut adalah lima cara untuk mengetahui bahwa Tuhan itu ada.

  • Bertanyalah kepada-Nya

  • Cara terbaik untuk mengetahui jika Tuhan itu ada adalah dengan menanyakan sendiri kepada-Nya. Dia telah berjanji bahwa siapa saja yang bertanya dengan hati yang sungguh-sungguh maka dia akan memperoleh jawaban. Tuhan itu nyata dan Dia ingin berbicara kepada kita umat-Nya. Jika Anda mulai bertanya kepada-Nya, Anda boleh yakin bahwa Tuhan akan hadir. Ketika Tuhan menjawab Anda, Anda tidak akan hanya tahu bahwa Tuhan itu ada, tapi Anda akan tahu bahwa Dia mengetahui Anda secara pribadi dan menjawab doa-doa Anda. Anda akan memperoleh sebuah pemahaman betapa penting dan berharganya doa dan menciptakan hubungan yang abadi dengan Pencipta Anda.

  • Bukalah hati Anda

  • Sangat penting ketika Anda mencari Tuhan Anda harus membuka hati Anda. Tuhan berbicara melalui pikiran dan hati. Firman-Nya bisa hadir ke dalam pikiran Anda atau jawaban-NYa mungkin bisa berupa perasaan yang menusuk hati Anda. Ada beberapa hal yang di luar pemahaman ilmu pengetahuan yang bisa dilihat dan didengar dan hanya bisa dirasakan dengan hati Anda. Cinta adalah sebagai contohnya. Cinta tidak bisa dilihat atau diraba, tapi bisa dirasakan dengan hati dan dengan cara beginilah bagaimana Anda bisa mengetahui itu ada. Hal ini ada di dalam hati Anda bahwa Anda akan menemukan Tuhan. Beginilah cara Tuhan berbicara kepada umat-Nya dan cara mencari-Nya, Anda harus terbuka terhadap hal-hal yang tidak terlihat, terhadap hal yang bericara kepada hati Anda.

  • Belajarlah dari-Nya

  • Tidak perlu dikatakan bahwa jika Anda ingin mengetahui lebih tentang orang-orang penting di dalam sejarah, Anda bisa belajar tentang mereka dengan mempelajari kehidupan dan ajaran mereka. Meskipun pengetahuan kita tentang Dia sangat terbatas, kita memiliki catatan sejarah dan dokumen-dokumen tentang kehidupan orang-orang saleh yang telah mengabdikan kehidupan mereka bagi Dia. Kita bisa belajar lebih banyak tentang Tuhan dengan mempelajari tentang orang-orang yang mengikuti-Nya. Semakin kita memiliki pemahaman tentang Tuhan, semakin dekat kita akan memahami-Nya.

  • Advertisement
  • Luangkan waktu di alam terbuka

  • Tuhan adalah sang pecipta alam semesta dan tidak ada bukti yang lebih hebat mengenai keberadaanya daripada yang ada di alam semesta. Luangkan waktu untuk merenung mengenai intisari lingkaran kehidupan, indahnya pepohonan dan bunga-bunga, dan luasnya lautan yang terbentuk dari setetes air. Mengagumi keunikan dari binatang-binatang, warna pada musim semi dan musim gugur atau indahnya kepingan salju. Itu semua tidak terjadi dengan sendirinya, ada Tuhan yang menciptakannya yang memerlukan waktu dan usaha untuk membuatnya masing-masing begitu menawan. Dengan mengagumi ciptan-Nya Anda bisa benar-benar merasakan kehadiran Tuhan.

  • Ingatlah

  • Tuhan selalu berbicara kepada kita dengan cara yang luar biasa, tapi seringkali, kita lupa mengenai pengalaman-pengalaman tersebut dan kembali ke dalam kehidupan sehari-hari kita. Ketika kita melupakan-Nya, kita mengijinkan keraguan dan kepedulian akan duniawi menarik kita menjauhi Tuhan sampai kita sekali lagi menjadi tidak percaya kepada-Nya. Jika kita ingin mengetahui bahwa Tuhan itu ada dan menginginkan-Nya berjalan bersama kita di dalam kehidupan kita, kita harus meluangkan waktu untuk berjalan bersama-Nya. Kita harus secara rutin berusaha untuk mencatat kejadian-kejadian ketika Tuhan berbicara sehingga kita bisa mengingatnya ketika suatu saat dunia menginginkan kita untuk masuk ke jalannya. Kita harus berusaha dengan keras setiap hari untuk menjaga komunikasi selalu terbuka dengan Tuhan sehingga Dia akan selalu mengingatkan kita mengenai keberadaan-Nya dengan berbicara ke dalam pikiran dan hati kita serta membawa kepada kita perasaan yang damai.

  • Tuhan itu ada. Dia nyata dan Dia sedang menunggu Anda untuk membuka hubungan komunikasi. Dia sangat mengasihi Anda. Luangkan waktu untuk bertanya pada-Nya jika Dia itu ada. Bukalah hati Anda kepada-Nya, belajarlah dari-Nya, luangkan waktu di alam terbuka, dan terutama, ingatlah Dia selalu. Jika Anda melakukannya, Anda akan tahu tanpa keraguan bahwa Dia ada dan bahwa kasih-Nya kepada Anda tak terbatas.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli “Are You there God? How to know God is real” karya Tiffany Fletcher.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Tiffany Fletcher, author of "Mother Had a Secret: Learning to Love my Mother and her Multiple Personalities".

Situs: http://motherhadasecret.blogspot.com

Tuhan, Apakah Engkau Ada? Bagaimana Mengetahui bahwa Tuhan Itu Ada

Tuhan selalu berbicara kepada kita dengan cara yang luar biasa, tapi seringkali, kita lupa mengenai pengalaman-pengalaman tersebut dan kembali ke dalam kehidupan sehari-hari kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr