Anak Anda Juga Dapat Menjadi Seorang Pahlawan Super

Setiap sifat baik yang dimiliki seorang pahlawan super juga dapat dimiliki anak-anak kita. Berikut adalah beberapa sifat tersebut.

1,433 views   |   shares
  • Suatu pernyataan harus dibuat tentang apa yang sebenarnya membuat seseorang menjadi pahlawan super. Apakah kostumnya? Kemampuan untuk terbang? Berlari dengan cepat? Mengangkat mobil di atas kepalanya? Atau apakah sifat seorang pahlawan super yang dimilikinya seperti keberanian, belas kasih, dan keinginannya untuk mewujudkan dunia yang lebih baik?

  • Apa yang akan terjadi jika seorang pahlawan tidak memiliki sifat-sifat baik ini? Terlepas dari kemampuan supernya, dia adalah orang biasa dengan beberapa kekuatan luar biasa. Namun tidak seorang pun akan mengaguminya dan ingin menjadi seperti dia. Yang seseorang lakukan dengan kemampuannya adalah hal yang menjadikan orang itu seorang pahlawan super.

  • Pahlawan super tahu cara membuat orang merasa berharga. Dan untungnya, setiap sifat baik yang dimiliki seorang pahlawan super juga dapat dimiliki anak-anak kita. Berikut adalah beberapa sifat tersebut.

  • Keberanian

  • Hidup membutuhkan keberanian. Setiap hari. Dan itu datang dalam berbagai bentuk. Bagi sebagian orang, pergi ke sekolah membutuhkan keberanian, atau bagi yang lainnya, berdiri di depan banyak orang membutuhkan keberanian. Keberanian adalah semacam kekuatan, kuasa atau niat untuk menghadapi keadaan yang menakutkan. Ajarkan anak-anak Anda bahwa bahkan dalam momen sekecil apa pun, kita dapat menjadi pahlawan super.

  • Belas Kasih

  • Belas kasih adalah kemampuan untuk memahami keadaan emosional orang lain atau diri sendiri. Itu memberikan niat di dalam diri seseorang untuk mengurangi penderitaan orang lain. Bawalah anak-anak Anda berjalan-jalan dan tunjukkan seorang anak yang tidak bahagia atau mungkin seekor anak anjing yang tersesat. Carilah cara-cara untuk memperlihatkan belas kasih baik kepada saudara maupun kepada teman. Sayangnya, banyak penderitaan di sekitar kita jika kita bersedia melihatnya.

  • Tidak Egois

  • Ini adalah sifat yang sulit diajarkan kepada anak-anak. Tidak egois berarti kita bertindak tanpa berpikir bagaimana kita akan diuntungkan atau diberikan hadiah. Satu cara untuk mengajarkan sifat tidak egois adalah untuk memperlihatkan kepada anak-anak bahwa tindakan mereka akan menjadikan orang lain bahagia. Misalnya, mintalah seorang kakak membacakan cerita kepada adiknya meskipun bagi si kakak cerita itu membosankan. Ajarkan kepada si kakak bahwa tindakannya adalah untuk membantu mendatangkan kebahagiaan bagi orang lain. Berikan kesempatan kepada anak-anak untuk membantu sesama, baik bekerja di dapur umum, menyumbangkan waktu mereka di toko baju bekas, atau apa pun yang berarti mereka mungkin harus mengorbankan sesuatu yang penting bagi mereka, seperti waktu atau uang, untuk kepentingan sesama.

  • Advertisement
  • Tidak Menghakimi

  • Seorang pahlawan super tidak akan menjadi seorang pahlawan jika dia menghakimi orang lain. Dapatkah Anda membayangkan Superman memilih untuk tidak menolong seseorang hanya karena dia tidak suka pakaian yang dikenakan orang itu? Kita tidak akan pernah tahu bagaimana seorang anak dibesarkan, dan kita tidak akan pernah tahu apa masalah yang dialami orang lain. Ajarkan anak-anak untuk memperlakukan orang lain dengan cara yang sama mereka ingin diperlakukan.

  • Rendah Hati

  • Pahlawan super selalu rendah hati. Ketika mereka memenangkan pertarungan, mereka tidak memamerkan kemenangan mereka. Mereka diam-diam menghilang ke kegelapan malam, tahu bahwa besok akan ada pertarungan selanjutnya. Menjadi rendah hati berarti melakukan pekerjaan terbaik yang dapat Anda lakukan sementara juga menghormati orang lain di sekitar Anda. Ajarkan anak-anak untuk selalu berkata “kerja bagus” kepada orang lain dan bahkan bersedia membantu teman-teman mereka mencapai gol mereka tanpa pamrih.

  • Jadi kali lainnya anak Anda mengungkapkan keinginan untuk menjadi seperti seorang pahlawan super, jelaskan bahwa mereka juga dapat menjadi seorang pahlawan super – pahlawan super kehidupan nyata.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Natalia Sagita dari artikel asli "Tell your children they can be superheroes, too" karya Rachel McClellan.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Rachel McClellan, is an experienced author. She has written several books. Her most recent book is Confessions of a Cereal Mother.

Situs: http://www.rachelmcclellan.com

Anak Anda Juga Dapat Menjadi Seorang Pahlawan Super

Setiap sifat baik yang dimiliki seorang pahlawan super juga dapat dimiliki anak-anak kita. Berikut adalah beberapa sifat tersebut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr