Suka bicara sendiri apakah "gila"? Adakah manfaatnya?

'Bicara sendiri' untuk apa yang sedang Anda pikirkan, sungguh sangat membantu mempertajam ingatan dan pemahaman atas suatu masalah.

2,195 views   |   6 shares
  • Seseorang pernah memberikan pernyataan bahwa kalau dia tidak 'bicara sendiri', maka tidak ada orang lain yang akan mau mendengarkannya. Hal ini tampaknya aneh, namun ada benarnya. 'Bicara sendiri' untuk apa yang sedang Anda pikirkan sungguh sangat membantu mempertajam ingatan dan pemahaman atas suatu masalah. Bisa saja sewaktu Anda sedang 'bicara sendiri' panjang lebar di area umum tampaknya aneh, tetapi tenanglah karena semua itu sesungguhnya akan meringankan Anda dari hari-hari yang melelahkan. Simak manfaatnya di bawah ini.

  • 1. Otak Anda bekerja lebih efisien

  • Anda dan saya seringkali berbelanja kebutuhan rumah tangga di pasar tradisional maupun supermarket dan tiba-tiba lupa dengan barang yang harus dibeli. Sebuah tulisan yang diterbitkan oleh the Quaterly Journal of Experimental Psychologymenunjukkan bahwa orang yang berbelanja dan selalu berbicara berulang-ulang tentang barang yang mau dibeli lebih cepat menemukan barang tersebut. Tetapi sebaliknya mereka yang berbelanja diam saja akan lebih lama menemukan barang yang dicari. Jadi Anda perlu 'bicara sendiri' agar tidak ada barang penting yang terlewatkan.

  • 2. Ikuti yang dilakukan anak-anak

  • Sewaktu Anda dikelilingi anak-anak, Anda dapat melihat bahwa mereka tidak pernah berhenti berkata-kata. Sebenarnya inilah cara mereka belajar perbendaharaan kata. Apa yang mereka lakukan menolongnya dalam proses belajar dan mengatasi kesulitan secara berurutan. Nah, bila Anda melakukan hal yang sama, otak akan dilatih untuk menyelesaikan permasalahan secara sistimatis.

  • 3. Mengatur pikiran-pikiran yang ada

  • Di era modern seperti sekarang ini, ada jutaan informasi yang masuk ke otak kita. Semua ini dapat menyebabkan otak kita terus 'berputar' sehingga bisa menimbulkan imsonia (susah tidur). Berbicara sendiri membantu menyaring informasi yang masuk, memilah-milah mana yang penting mana yang tidak, lalu membuang yang tidak penting. Fokus pada hal-hal penting akan memaksimalkan energi terbatas yang Anda miliki dan akhirnya dapat diatasi.

  • 4. Meraih tujuan yang diinginkan

  • Salah satu cara agar memudahkan Anda mengerjakan tanggung jawab yang Anda miliki adalah dengan membuat 'daftar tugas'. Walaupun cara ini dianggap efektif, perlu diperhatikan agar dijaga daftar tersebut tidak semakin panjang dan membuat Anda kewalahan. 'Bicara sendiri' kepada daftar tugas dapat membantu Anda membuat prioritas mana yang perlu didahulukan dan membangun percaya diri bahwa hal-hal itu bisa dicapai. Seorang ahli jiwa menyatakan bahwa mengucapkan tujuan Anda dengan bersuara akan membuat Anda fokus untuk mencapainya.

  • Advertisement
  • 5. Menghilangkan tekanan hidup

  • 'Bicara sendiri' akan mengatur pikiran serta menyusun prioritas tugas-tugas Anda, dengan demikian pikiran Anda tidak selalu 'berputar-putar' mencari cara bagaimana bisa menyelesaikan semuanya. Hal ini akan membuat Anda merasa rileks. Seorang teman menceriterakan pengalamannya menghadapi ujian skripsi dengan cara menyusun pertanyaan dan menjawabnya sendiri. Setelah melakukannnya beberapa kali, cara ini membuatnya memilki rasa percaya diri dan tanpa beban. Di akhir ujian, dia mendapatkan nilai A dan membuat para dosen penguji kagum karena semua pertanyaan dapat dijawab dengan meyakinkan.

  • 6. Memupuk kemandirian

  • Mereka yang suka 'bicara sendiri' menumbuhkan kemampuan dalam diri sendiri tanpa harus selalu mencari bantuan dari luar. Mereka mampu menganalisa dan menemukan pemecahan masalah secara independen tanpa harus merepotkan orang lain. 'Bicara sendiri' mendorong Anda mampu mendengarkan suara hati, mengetahui apa yang Anda inginkan. Singkatnya, mereka yang 'bicara sendiri' dapat memahami dirinya lebih baik lagi.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Suka bicara sendiri apakah "gila"? Adakah manfaatnya?

'Bicara sendiri' untuk apa yang sedang Anda pikirkan, sungguh sangat membantu mempertajam ingatan dan pemahaman atas suatu masalah.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr