Haid pertama kali? Jangan khawatir itu normal

Darah menstruasi tidak selalu berwarna merah karena darah yang dikeluarkan bukan 100% darah, melainkan campuran dari selaput lendir rahim dan juga sel darah yang telah mati.

1,512 views   |   0 shares
  • Apa itu haid? Haid, menstruasi atau biasa disebut sebagai datang bulan adalah sebuah periode penting dalam sistem reproduksi wanita, di mana terjadi perubahan fisiologi di dalam tubuh yang terjadi secara berkala karena dipengaruhi oleh perubahan hormon baik Esterogen maupun Progesteron.

  • Siklus menstruasi pada wanita umumnya terjadi dalam kurun waktu 28 hari sekali. Akan tetapi, tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, bahkan ada beberapa wanita mengalami menstruasi setiap 20 sampai 30 hari sekali dengan masa menstruasi selama 5 hingga 15 hari. Namun, jika darah yang keluar selama menstruasi melebihi 7 hari, maka perlu segera memeriksakan diri supaya bisa diketahui apakah darah yang dikeluarkan merupakan pertanda penyakit atau bukan.

  • Bagi setiap wanita mengalami masa haid adalah normal. Namun, ternyata masih ada banyak wanita memperoleh informasi yang salah ketika mengalami haid pertamanya. Berangkat dari hal itu, seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan dr. Bramundito, SpOG dari Rumah Sakit Pondok Indah ingin memberikan sedikit penjelasan secara mudah.

  • 1. Haid adalah proses terlepasnya selaput lendir rahim karena dipengaruhi oleh siklus hormonal.

  • 2. Tidak ada patokan khusus kapan seorang anak perempuan akan mendapatkan haid pertamanya. Sebagai contoh, menurut dr. Bramundito ada seorang anak perempuan mengalami haid pertamanya pada usia 9 tahun dan ada pula yang baru mendapatkan haid pertamnya pada usia 14 tahun. Perlu diketahui juga, bahwa haid hanya akan terjadi jika hormon seks wanita telah berkembang dan terjadi ovulasi sebagai pertanda bahwa sel telur telah matang dan siap untuk dibuahi.

  • 3. Ada kekhawatiran dari sebagai besar orangtua jika mengetahui anak perempuannya mengalami haid pertama ketika usianya masih cukup muda. Namun menurut Bram, selama jumlah sel telur yang dimiliki berjumlah banyak dan normal hal tersebut tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

  • 4. Bagaimana mengetahui haid normal? Haid dikatakan normal bisa dilihat dari berapa lama proses haid berlangsung (5-7hari). Akan tetapi, jika haid berlangsung lebih dari 7 hari harap segera memeriksakan diri ke dokter karena bisa saja sedang terjadi gangguan hormonal.

  • 5. Ada beberapa penyebab mengapa proses haid menjadi terganggu dan biasanya karena disebabkan oleh faktor stres atau karena sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu (KB).

  • 6. Dokter sangat tidak mengajurkan berhubungan seks saat wanita sedang mengalami haid, hal ini karena leher rahim (serviks) sedang terbuka sehingga memungkinkan darah yang dikeluarkan bisa masuk kembali ke dalam vagina.

  • Advertisement
  • 7. Jangan berenang ketika sedang haid sebab tekanan di dalam air sangat tinggi, sehingga bisa menghambat proses keluarnya darah. Selain itu, faktor kebersihan adalah alasan utama mengapa berenang saat haid sangat tidak dianjurkan.

  • 8. Karena selama haid kondisi kesehatan tubuh cenderung menurun, maka sebisa mungkin hindari berolahraga berat dan pilih olahraga ringan saja.

  • 9. Menurut dr. Bramundito ketika haid sedang tidak lancar usahakan supaya tidak sembarangan mengonsumsi obat, hal ini karena belum diketahui secara pasti apakah komposisi obat yang dikandung memiliki khasiat untuk mengatasi haid yang terganggu.

  • 10. Darah menstruasi tidak selalu berwarna merah karena darah yang dikeluarkan bukan 100% darah, melainkan campuran dari selaput lendir rahim dan juga sel darah yang telah mati.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Haid pertama kali? Jangan khawatir itu normal

Darah menstruasi tidak selalu berwarna merah karena darah yang dikeluarkan bukan 100% darah, melainkan campuran dari selaput lendir rahim dan juga sel darah yang telah mati.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr