7 hal yang wajib dilakukan remaja yang diserang rasa malas belajar

Jangan biarkan saat-saat sekarang ini berlalu begitu saja tanpa arti. Rasa malas tidak dapat Anda hindari namun Anda dapat mengubahnya menjadi rasa yang penuh semangat jika Anda memikirkan ingin memiliki masa depan yang baik.

1,198 views   |   2 shares
  • Bukan hanya orang dewasa saja yang pernah merasa bosan dan jenuh dengan rutunitas pekerjaan mereka sehari-hari, anak di usia remaja juga dapat mengalami hal serupa. Hal itu sangat manusiawi dan biasa terjadi. Karena pada usia tersebut, perkembangan dan pola pikir remaja sudah mulai kompleks. Seringkali rasa ingin tahu untuk melakukan hal-hal baru membuat para remaja merasa rutinitas yang menyangkut urusan sekolah sangat membosankan. Mereka seperti merasa "mati gaya" dan ingin cepat-cepat lulus sekolah tanpa harus dibebani lagi dengan setumpuk tugas sekolah, segudang ekstra kulikuler, les dan segala kesibukan lainnya.

  • Para remaja dapat melakukan banyak hal untuk mengusir rasa malas dan kebosanan tersebut, sepert:

  • 1. Ikut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan

  • Banyak kegiatan positif yang dapat Anda lakukan. Daripada hanya menjadi siswa-siswi yang pasif, jadilah murid yang aktif dengan cara ikut berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. OSIS, panitia pentas seni, ikut klub seni atau olahraga, menjadi relawan sekolah adalah sebagian contoh kegiatan yang bisa Anda ikuti sekarang. Kegiatan-kegiatan tersebut bisa menghindarkan Anda dari pikiran-pikiran negatif, membuat waktu Anda lebih bermanfaat, menambah pengalaman dan melatih kemampuan sosial Anda. Dampaknya Anda dapat lihat pada saat Anda memasuki dunia kerja nanti, keaktifan Anda dalam berbagai kegiatan dapat menjadi kualifikasi bagi perusahaan untuk menjadikan Anda karyawan pada perusahaannya.

  • 2. Tetap bergaul seluas mungkin

  • Kembangkan pergaulan seluas mungkin. Bertemanlah dengan teman satu sekolahan, beda sekolah, teman di tempat les, tetangga, atau kenalan di mana pun Anda berada. Namun, tetaplah pandai dan selektif dalam memilih teman. Semakin banyak teman yang Anda miliki, semakin luas pula kesempatan Anda mengembangkan diri untuk masa depan Anda.

  • 3. Berkreasi dan selalu mengembangkan kreativitas

  • Setiap remaja tentu memiliki keahlian dan bakatnya masing-masing. Di usia seperti ini saat yang tepat untuk Anda mengembangkan keahlian dan kreasi agar tercipta sebuah kreativitas. Pengalaman dan prestasi yang Anda peroleh dari kreasi dan kreativitas membuat Anda tumbuh sebagai pribadi yang lebih percaya diri.

  • 4. Mengejar prestasi dalam segala bidang

  • Bukan hanya prestasi dalam bidang akademik saja yang dapat Anda raih. Jika itu baik untuk Anda, kejarlah prestasi dalam bidang apapun itu. Jangan anggap itu sebagai beban tetapi jalani dengan semangat. Setiap prestasi yang dapat Anda capai akan menambah daftar kelebihan Anda. Anda harus tekun dan giat dalam meraih apa saja yang bisa Anda raih.

  • Advertisement
  • 5. Mempertahankan prestasi akademis dengan hasil yang memuaskan

  • Nilai dan hasil akademis yang baik dan memuaskan selama Anda duduk di bangku sekolah akan menjadi "tiket" yang Anda perlukan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Begitu juga pada saat Anda melamar pekerjaan nanti. Perusahaan akan memperhatikan prestasi akademis Anda. Karena waktu tak bisa diulang lagi dan tentunya Anda tidak ingin menyesal dengan nilai-nilai yang kurang memuaskan, yang Anda bisa lakukan sekarang hanya memperbaiki. Jika saat ini masih ada kesempatan menikmati bangku sekolah, pakailah kesempatan yang ada dengan belajar yang rajin, tidak bermalas-malasan dan lakukan yang terbaik.

  • 6. Refresing otak

  • Jika kejenuhan, kebosanan dan rasa malas mulai datang menghampiri. Ayo lawanlah dengan kegiatan yang menyenangkan. Mungkin Anda membutuhkan refresing dan penyegaran kembali. Otak, pikiran dan tubuh seseorang juga membutuhkan istirahat dari setumpuk rutinitas sehari-hari. Cobalah dengan bermain game sejenak, hang out bersama teman-teman, nonton, makan atau sekedar mendengarkan musik favorit Anda. Setidaknya sederet kegiatan tersebut dapat mengembalikan gairah belajar Anda.

  • 7. Tulis target Anda

  • Jika seseorang memiliki target atau tujuan hidup, tentunya itu akan memacu dia untuk berusaha menggapainya. Anda pasti memiliki target yang ingin Anda capai. Misalnya, ingin masuk ke universitas favorit, ingin menjadi pemaik musik terkenal, ingin lulus dengan predikat rangking 1. Semua target tersebut bisa Anda tuliskan dalam list Anda.

  • Jangan biarkan saat-saat sekarang ini berlalu begitu saja tanpa arti. Rasa malas tidak dapat Anda hindari namun Anda dapat mengubahnya menjadi rasa yang penuh semangat jika Anda memikirkan ingin memiliki masa depan yang baik.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Melisa adalah lulusan Sarjana Ekonomi UNMER. Saat ini menetap di Sulawesi Barat. Pekerjaannya adalah sebagai istri dan ibu dari kedua buah hatinya. Gemar menulis sejak masih SD, dan menurutnya menulis adalah sarana tepat untuk berbagi pengalaman.

7 hal yang wajib dilakukan remaja yang diserang rasa malas belajar

Jangan biarkan saat-saat sekarang ini berlalu begitu saja tanpa arti. Rasa malas tidak dapat Anda hindari namun Anda dapat mengubahnya menjadi rasa yang penuh semangat jika Anda memikirkan ingin memiliki masa depan yang baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr