Pentingnya menjaga kesehatan demi produktivitas di hari tua

Akan tetapi, hal yang setiap hari selalu saya upayakan dan paling penting adalah menghindari stres. Saya selalu berusaha membuat hari-hari saya menyenangkan, saya berusaha berpikir secara positif dan sebisa mungkin menghindari pikiran negatif.

872 views   |   2 shares
  • Di sebuah panti Jompo di kota Malang ada seorang nenek berusia sekitar 80 tahun sedang duduk termenung di sebuah kursi roda, di sampingnya nampak perawat sedang asyik menyisir rambutnya yang panjang sambil sesekali mengajaknya berbicara tentang sesuatu. Nampak jelas ketika masih muda nenek tersebut pasti sangat cantik.

  • Di sisi lain di bagian dalam panti juga tinggal seorang nenek yang kemungkinan usianya sama atau mungkin sedikit sebih tua. Namun, nenek tersebut di usianya yang telah senja nampak masih lincah tanpa mengenakan alat bantu berjalan apapun. Dia juga masih sangat cekatan merapikan tempat tidurnya, membawa pakaian kotor ke mesin cuci dan menuangkan air ke dalam gelas untuk membuat sebuah minuman.

  • Di hari yang sama seorang dosen sekaligus ahli nutrisi dari Universitas Brawijaya Malang mengadakan sebuah kegiatan bakti sosial mengunjungi panti tersebut, dia bersama puluhan mahasiswanya melakukan berbagai macam kegiatan seperti membersihkan panti, memasak, mencuci pakaian, mendongeng untuk para penghuni panti dan ada juga yang memperbaiki beberapa kursi roda yang telah rusak.

  • Di akhir kegiatan dosen tersebut mengajak seluruh mahasiswanya berkumpul bersama, dia memberikan pertanyaan apakah selama kegiatan berlangsung mereka memperhatikan ada sesuatu yang unik dari panti tersebut. Para mahasiswa menjawab sekenanya, tetapi tidak satu pun dari mereka memahami dan menjawab dengan tepat pertanyaan dari dosen tersebut.

  • Akhirnya, karena tidak seorang pun mampu menjawab dengan tepat dosen tersebut pun menjelaskan. Kehidupan ini ibarat mendaki sebuah gunung, di usia kalian saat ini bisa dikatakan kalian sedang menikmati masa kejayaan kalian. Kalian sedang berada di puncak gunung dan menikmati keindahan alam yang ada di bawahnya. Namun, kejayaan tersebut tidak akan berlangsung lama karena kalian harus segera turun sebelum malam tiba. Nah, para nenek dan kakek yang kalian lihat di panti ini dulu pernah menikmati masa kejayaan seperti yang kalian nikmati saat ini. Akan tetapi, saat ini mereka telah "turun gunung" dan menikmati usia senja mereka.

  • Ada yang unik dari panti ini, katanya! Kemudian dosen tersebut melalui alat pengeras suara memanggil sebuah nama, "Ibu Ruth Haryati", mohon datang ke depan. Nampak, seorang wanita tua berjalan dengan tegap maju ke depan dan menemui dosen tersebut.

  • Dengan suaranya yang tegas dan jelas dia memperkenalkan diri. Nama saya Ruth Haryati, "ucapnya kepada seluruh mahasiswa yang hadir dalam kegiatan bakti sosial tersebut." Umur saya sekarang sudah 85 tahun dan memiliki 4 orang anak yang saat ini semuanya sedang berada di luar negeri untuk kuliah dan menikah. Suami saya telah meninggal 15 tahun yang lalu karena stroke dan karena tidak memiliki sanak saudara di kota Malang, akhirnya saya memutuskan untuk tinggal di panti ini sampai anak saya yang ke empat selesai kuliah.

  • Advertisement
  • Setelah perkenalan tersebut, muncul sebuah pertanyaan dari salah seorang mahasiswi. "Ibu Ruth apa resep ibu sehingga bisa tetap sehat di usia ibu yang sekarang?" Ibu Ruth akhirnya menjelaskan. Bahwa kesehatan dan umur panjang sejatinya adalah anugerah dari Tuhan, tetapi setiap orang sebetulnya diberi kesempatan yang sama, sehingga bisa memiliki kesehatan sampai usia tua.

  • Sejak muda saya terbiasa bangun pagi dan langsung berdoa untuk mengucap syukur kepada Tuhan karena masih diberi napas kehidupan. Kemudian saya segera meminum air putih hangat 2 gelas di pagi hari dan setelahnya melakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan. Saya sangat peduli dengan makanan sehat, saya memenuhi kebutuhan tubuh akan serat alami secara rutin dengan cara mengonsumsi buah dan sayuran. Saya juga tidak suka mengonsumsi karbohidrat berlebihan ataupun meminum minuman panas seperti kopi, teh, alkohol, merokok dan mengurangi asupan gula.

  • Akan tetapi, hal yang setiap hari selalu saya upayakan dan paling penting adalah menghindari stres. Saya selalu berusaha membuat hari-hari saya menyenangkan, saya berusaha berpikir secara positif dan sebisa mungkin menghindari pikiran negatif. Ketika saya merasa kesepihan saya menelepon anak-anak saya dan bericara dengan cucu-cucu saya. Saya juga bersosialisasi dengan seluruh penghuni panti dan memberikan bantuan dan juga bercerita bersama mereka.

  • Sebelum menutup, ibu Ruth menasihati. Intinya, ketika masih muda jangan sembrono memperlakukan tubuh kalian. Tetapi, sejak sekarang berusahalah untuk selalu hidup agar ketika tiba masa tua kalian nanti, kalian tetap bisa mandiri dan menikmatinya tanpa harus menyulitkan orang lain.

  • Seluruh peserta yang hadir memberikan tepuk tangan, ada yang bersalaman dan bahkan ada yang memeluk erat ibu Ruth. Akhir kegiatan bakti sosial yang sangat bermanfaat dan semoga kita semua bisa belajar dari pengalaman-pengalaman ini kemudian mampu menjaga kesehatan supaya ketika tua nanti kita tetap bisa produktif.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Saya adalah seorang karyawan di salah satu bank swasta terkemuka di Indonesia. Saya juga saat ini sedang menempuh kuliah untuk mengejar gelar sarjana saya. Untuk mengisi waktu luang saya memanfaatkannya dengan menulis dan membaca.

Pentingnya menjaga kesehatan demi produktivitas di hari tua

Akan tetapi, hal yang setiap hari selalu saya upayakan dan paling penting adalah menghindari stres. Saya selalu berusaha membuat hari-hari saya menyenangkan, saya berusaha berpikir secara positif dan sebisa mungkin menghindari pikiran negatif.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr