5 alasan mengapa penting mendulukan teman hidup daripada orangtua

Mendulukan teman hidup daripada orangtua adalah kunci suksesnya rumah tangga Anda. Bukan berarti tidak mengasihi dan menghormati orangtua, melainkan dulukanlah teman hidup Anda.

5,262 views   |   26 shares
  • Pengabdian terhadap teman hidup Anda sangatlah penting bagi suksesnya pernikahan. Sebuah pernikahan akan berkembang bila suami-istri meninggalkan orangtuanya dan memulai rumah tangga baru. Sejak saat itu mereka perlu menjadi nomor satu dalam hidup masing-masing. Ini bukan berarti mereka tidak menyayangi dan mempedulikan orangtua mereka, hanya berarti prioritas utama sudah bergeser dari orangtua ke teman hidup.

  • Inilah beberapa alasan mengapa hal ini begitu penting:

  • 1. Menunjukkan sikap hormat dan respek terhadap teman hidup Anda

  • Jika teman hidup Anda tahu dia lebih diutamakan daripada orangtua Anda, ikatan perkawinan akan lebih kokoh. Jika seorang istri terus-menerus lari ke orangtuanya dan bukan berembuk dengan suaminya lebih dulu, akan timbul perasaan kurang dipercaya. Begitu juga sebaliknya dengan suami. Bila Anda berbicara bersama tentang persoalan Anda dan mencari pemecahannya berdua, pernikahan mereka akan diperkuat. Boleh saja minta nasehat orangtua, tetapi sebaiknya datang berdua, jangan sembunyi-sembunyi. Bukan berarti Anda tidak boleh berbicara dengan orangtua tanpa pasangan hidup Anda. Janganlah membiasakan diri lari ke orangtua sebelum berembuk dengan teman hidup Anda.

  • 2. Tunjukkan kepada pasangan dan orangtua Anda bahwa pernikahan Anda kokoh

  • Jika salah satu terbiasa lari ke rumah ayah atau ibunya untuk mengeluh tentang pasangannya, ini dapat merusak rumah tangga. Seorang ibu yang putrinya baru menikah mengatakan sang putri terus menceritakan keburukan suaminya - hal-hal kecil yang mengesalkan hatinya seperti melemparkan baju kotor di mana-mana, kebiasaan nonton TV melulu, dan banyak lainnya. Mau tidak mau orangtua merasa putrinya menikahi seorang pria yang payah. Walau ada hal-hal istimewa yang dicintai si istri. Jika pandangan mereka keliru gara-gara Anda suka berkeluh-kesah, kemungkinan mereka tidak dapat memberi nasehat yang adil, bahkan bisa-bisa menyuruh Anda meninggalkannya. Kecuali memang terjadi kekerasan rumah tangga, nasehat ini bisa jadi mengakibatkan rumah tangga berantakan. Bila Anda mengutamakan teman hidup Anda, maka orangtua dan pasangan Anda akan menyadari betapa pentingnya pernikahan Anda bagi Anda.

  • 3. Menciptakan keintiman yang lebih mendalam dengan pasangan

  • Jika fokus Anda adalah pasangan Anda, maka kebutuhan masing-masing dapat terpenuhi. Akan timbul ikatan pengabdian di mana terbentuk cinta mendalam karena adanya perasaan dan pengalaman yang dibagi bersama. Keintiman ini akan membukakan pintu bagi hubungan yang lebih romantis. Seorang wanita bertutur tentang ibu mertuanya yang setiap malam menelepon suaminya. Katanya, "Saat anak-anak sudah tidur kami ingin menikmati saat-saat tenang bersama. Tetapi kami selalu diganggu oleh dering telepon dari mertua saya." Masalah ini terpecahkan ketika si suami memberi tahu ibunya untuk tidak menelepon malam hari. Dengan mengambil langkah ini si istri menyadari betapa pentingnya dia bagi suaminya.

  • Advertisement
  • 4. Pada saat-saat sulit Anda dapat bersandar satu kepada yang lain

  • Bila Anda saling memprioritaskan, Anda dan pasangan Anda akan merasa setia satu sama lain. Satu pasutri bercerita tentang saat suaminya kehilangan bisnisnya. Kata si suami, "Istri saya mendampingi sepanjang saat, memberi saya semangat, sampai saat terakhir ketika bisnis saya runtuh. Walau orang lain bahkan orangtua saya mengecam saya terlalu mengambil resiko, dia tetap membela saya." Tidak seorang pun mau gagal tetapi sungguh menenangkan mengetahui bahwa pasangan Anda tetap mendukung Anda.

  • 5. Bila orangtua Anda meninggal, pasangan Anda dapat menghibur Anda

  • Dengan hubungan yang erat pasangan Anda dapat menghibur duka Anda.

  • Hati-hati

  • Janganlah menjauhi orangtua Anda. Sertakanlah mereka dalam kehidupan Anda. Hubungan dengan orang tua yang penuh kasih dapat menolong memperkuat ikatan rumah tangga.

  • Artikel ini diterjemahkan oleh Irma Shalimar dari artikel asli berjudul 5 reasons why it's important to put your spouse before your parentsoleh Gary dan Joy Lundberg

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Gary adalah terapis keluarga dan pernikahan berlisensi sementara Joy adalah penulis dan penyair. Mereka sering mengadakan seminar dan menulis buku tentang hubungan, salah satunya "I Don't Have to Make Everything All Better".

Situs: http://garyjoylundberg.com

5 alasan mengapa penting mendulukan teman hidup daripada orangtua

Mendulukan teman hidup daripada orangtua adalah kunci suksesnya rumah tangga Anda. Bukan berarti tidak mengasihi dan menghormati orangtua, melainkan dulukanlah teman hidup Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr