Jangan ucapkan 8 hal ini kepada menantu Anda!

Hubungan dengan menantu seringkali memang tidak mudah, tetapi seiring berjalannya waktu hal tersebut bukan berarti tidak bisa diperbaiki.

6,605 views   |   17 shares
  • Sudut pandang artikel ini mungkin berbeda dari apa yang Anda harapkan. Saya belum menjadi seorang ibu mertua, tapi saya adalah seorang anak mantu dan saya memiliki banyak teman yang juga merupakan memantu. Dan kami telah mengumpulkan daftar hal-hal menjengkelkan apa saja yang pernah diucapkan oleh ibu mertua kepada kami.

  • Ada yang mengeluh, beberapa menantu perempuan memiliki hubungan yang harmonis dengan ibu mertua mereka. Mereka tidak keberatan ketika ibu mertua mereka memberikan nasehat yang tidak diminta atau menanyakan bagaimana mereka menjalankan pekerjaan rumah tangga. Sayangnya, hal tersebut tidak benar-benar dialami oleh setiap orang. Saran-saran tersebut hanya untuk mereka yang memiliki maksud baik, ibu yang luar biasa yang ingin mengetahui apa yang bisa dia lakukan untuk meningkatkan hubungan mereka dengan istri dari anak mereka (karena tidak ada hal yang bermanfaat sudah dia lakukan). Hindarilah mengucapkan hal-hal berikut ini dan Anda pasti akan memperoleh hasil yang positif.

  • Mengapa begitu caramu?

  • Anak mantu merasa seperti dikendalikan di dalam rumah tangganya sendiri. Selalu ditanya mengenai kebiasaan yang telah mereka lakukan sepanjang kehidupan pernikahan bisa sangat membingungkan dan menyakitkan. Jika anak mantu Anda tidak ingin segera mencuci piringnya, daripada terpaksa mencucikan semua peralatan makannya, lebih baik Anda tersenyum dan simpan rasa ingin tahu Anda hanya untuk Anda sendiri.

  • Begini cara saya melakukannya

  • Kecuali menantu Anda meminta saran dari Anda, sebetulnya dia tidak perlu mendengar pendapat dari Anda. Menantu Anda sebetulnya telah memiliki sumber-sumber informasi tersendiri, dan jika salah satunya bukan berasal dari Anda usahakan supaya tidak ikut campur. Tunggulah dengan sabar sampai diminta sebelum Anda memberikan nasehat.

  • Kesukaan anakku adalah..

  • Meskipun Anda tidak akan pernah berhenti mencintai anak Anda atau melupakan nama teman-teman baiknya sewaktu dia masih sekolah, menantu Anda tidak akan menghargai jika Anda mengambil setiap kesempatan untuk membutikan bahwa Anda lebih memahaminya dengan baik. Kenyataannya adalah anak menantu Anda mungkin lebih mengetahui anak Anda sekarang, dan mungkn Anda hanya akan mempermalukan diri Anda sendiri (dan anak Anda) dengan menyebutkan hal-hal yang disukainya sejak kecil.

  • Apakah kamu tahu anakmu suka jalan-jalan?

  • Ketika cucu Anda menghampiri pigura foto, Anda yang waswas. Jangan pernah membuat menantu Anda merasa bahwa Anda tidak senang dengan caranya mengasuh anak-anak (kecuali jika hal tersebut memang membahayakan). Dan sindiran bahwa Anda mengetahui lebih baik tentang anak-anaknya daripada dirinya itu sangat menyakitkan. Anggaplah menantu Anda sudah mengetahui banyak hal tentang anak-anaknya.

  • Advertisement
  • Saat aku masih muda, aku mengalami hal-hal yang jauh lebih sulit

  • Ya, tentu saja hal-hal berbeda ketika Anda pertama kali menikah, tapi apakah hal tersebut membuat kehidupan jadi lebih sulit? Tidak, hal tersebut hanya membuat perbedaaan saja. Mengatakan hal ini kepada menantu merupakan sindiran bahwa dia harus lebih bersyukur dengan kehidupannya, dan tentu dia tidak akan merasa dihargai. Ceritakan kepadanya mengenai tahun-tahun pertama pernikahan Anda sebagai pengalaman bersama, bukan sebagai sebuah pelajaran.

  • Kamu seharusnya tidak membiarkan anak-anak sering menonton TV

  • Sekali lagi, hal ini adalah keputusan pribadi tentang cara mengasuh yang tidak perlu Anda ucapkan. Bagaimana cucu Anda dibesarkan adalah terserah anak dan menantu Anda. Sekecil apa pun saran yang Anda berikan tidak akan bisa diterima, dan hanya akan lebih menghilangkan pengaruh Anda.

  • Dia tidak pernah melakukan hal itu dengan baik

  • Mengkritik putra Anda, bahkan jika dilakukan secara bercanda, bisa sangat menghina perasaan menantu Anda. Ketahuilah, menantu Anda adalah satu-satunya orang yang telah memilih putra Anda sebagai pasangan hidupnya dan dia akan dipahami sebagai pendamping hidup dan rekan sepanjang kehidupannya. Segala bentuk kritikan membangun yang Anda miliki hendaknya diberikan kepada putra Anda secara langsung. Pelanggaran terhadap hal ini seperti sebuah cara tercepat untuk menciptakan rasa permusuhan dengan menantu Anda.

  • Mengapa kalian tidak pindah rumah yang lebih dekat saja?

  • Dari semua pertanyaan yang bisa Anda ajukan, apa pun alasannya, hindari mengajukan pertanyaan yang satu ini. Hal ini adalah masalah pribadi dimana sebuah keluarga memilih untuk menetap dan bekerja. Mereka harus pergi ke mana rejeki mereka berada. Jika pekerjaan tersebut tidak berada di kota Anda, maka Anda harus belajar untuk menghadapinya. Saat ini, ada banyak cara untuk tetap bisa berkomunikasi jarak jauh, jadi hal ini bukanlah alasan Anda tidak akan pernah bisa lagi berkomunikasi dengan mereka.

  • Hubungan dengan menantu seringkali memang tidak mudah, tetapi seiring berjalannya waktu, hal tersebut bukan berarti tidak bisa diperbaiki. Sebelum dia menikahi putra Anda, Anda bisa menyelidiki saat calon menantu Anda dan putra Anda berkencan dan saling mengenal satu sama lain. Terapkan cara yang sama ini ke dalam hubungan Anda, dan pada waktunya nanti Anda berdua akan tumbuh semakin dekat satu sama lain.

  • Artikel ini diterjemahkan oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli berjudul 8 things never to say to your daughter–in-law oleh Katie Nielsen.

  • Advertisement
Klik pilihan berbagi di bawah ini

Katie Nielsen mengantongi gelar sarjana Bahasa Inggris dengan spesialisasi bidang teknik penulisan. Saat ini ia menyibukkan dirinya dengan mengajar dan menjadi penulis lepas. Anda dapat menghubungi Katie di

Jangan ucapkan 8 hal ini kepada menantu Anda!

Hubungan dengan menantu seringkali memang tidak mudah, tetapi seiring berjalannya waktu hal tersebut bukan berarti tidak bisa diperbaiki.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr