5 topik yang harus dibicarakan sebelum menikah

Pernikahan adalah komitmen yang serius. Melakukan diskusi dengan calon pasangan Anda tentu merupakan langkah yang sangat bijaksana demi meminimalisir masalah di masa depan.

4,413 views   |   15 shares
  • Anda pasti bahagia ketika sang kekasih menanyakan, "Maukah kau menikahiku?" Dan bahagia adalah reaksi pertama Anda. Tapi kemudian, Anda mulai berpikir apakah ini saat terbaik untuk menikah? Persiapan dan segala sesuatunya datang bersamaan tanpa diduga. Sudahkah Anda dan rekan membahas kehidupan sebagai suami dan istri? Apakah Anda berdua sudah memiliki tujuan yang sama? Di samping membahas acara pernikahan, alangkah bijaksana jika Anda juga membahas kehidupan sebagai sepasang suami-istri sebelum melangkah lebih jauh.

  • Berkat pernikahan pertama saya, saya belajar topik tertentu yang "perlu" dibahas jika saya memutuskan menikah lagi. Beberapa tahun berlalu, dan ketika saya menikah lagi, saya mengajak pasangan saya berdiskusi. Sebuah pembahasan yang cermat sebelum menikah telah membantu kami mengatasi masa-masa yang sulit.

  • Sebagian besar pasangan membahas kehidupan bersama sebelum tunangan atau ketika mereka menyadari hubungan mereka sangat serius. Tetapi ada beberapa orang yang pernah saya temui selama kehidupan saya menikah hanya karena fantasi. Sayangnya, pernikahan mereka akhirnya berakhir dengan kegagalan.

  • Berikut ini adalah 5 topik untuk dibahas bersama rekan Anda sebelum memutuskan menikah.

  • Masa lalu

  • Anda harus terlebih dahulu melupakan pengalaman pahit masa lalu. Banyak orang merasa tidak perlu mengkhawatirkannya, tetapi beberapa masih ada yang khawatir. Tanyakan pada diri Anda apakah masih ada masalah yang belum terselesaikan atau membuat Anda merasa tidak nyaman, yang berpotensi menganggu kehidupan pernikahan Anda. Satu-satunya hal yang harus Anda hindari adalah membuat masalah dalam pernikahan Anda yang bahagia berikutnya.

  • Tujuan

  • Apakah Anda saling menghargai impian masing-masing? Apakah Anda berdua bersedia untuk mendukung tujuan masing-masing? Sebagai pasangan menikah apakah gol-gol tersebut mudah disepakati ? Jika Anda menjawab "Ya" pada setiap pertanyaan tersebut, maka Anda dan pasangan Anda akan mampu bekerja sama sebagai tim. Bila tidak, Anda harus mengevaluasi kembali hubungan tersebut.

  • Tempat

  • Setelah menikah, Anda mulai menabung supaya bisa membayar uang muka rumah. Ketika Anda telah memiliki tabungan yang cukup, Anda dan pasangan akan mulai mencari rumah. Anda menyukai satu lokasi sedangkan pasangan Anda lebih menyukai lokasi yang lain. Anda ingin tinggal dekat dengan keluarga sementara pasangan Anda ingin tinggal sedikit lebih jauh. Jika tempat untuk tinggal tidak pernah dibahas, ketegangan akan muncul dalam pernikahan Anda. Oleh karena itu, bahaslah agar mencapai kata sepakat sehingga Anda berdua sama-sama merasa puas.

  • Advertisement
  • Peran sebagai orangtua

  • Anda tahu Anda ingin menjadi orang tua, tetapi apakah Anda yakin dengan pasangan Anda? Pasangan Anda mungkin dulu pernah bilang ingin bisa segera memiliki anak, tapi bisa saja dia berubah pikiran. Jika Anda tidak membawa topik tersebut sebagai jaminan, Anda akan menerima kejutan dalam kehidupan Anda – pasangan Anda tidak ingin memiliki anak. Peran sebagai orangtua bukan untuk setiap orang. Bahaslah masalah ini sebelum melangkah. Peran sebagai orangtua adalah sebuah tanggung jawab besar.

  • Keuangan

  • Seringkali, uang adalah penyebab permasalahan dalam pernikahan. Sebagai contoh, Anda memiliki penghasilan melebihi pasangan sehingga membuat Anda membayar lebih banyak tagihan-tagihan. Anda ingin menyimpan sendiri rekening tabungan Anda tapi pasangan ingin menggabung uang Anda berdua. Pasangan Anda ingin mengendalikan anggaran, tapi Anda merasa lebih nyaman menanganinya sendiri. Pembicaraan mengenai keuangan adalah sangat penting. Anda harus memiliki rencana keuangan bersama pasangan Anda sehingga tidak ada kejutan yang tak mengenakan di kemudian hari.

  • Pernikahan adalah sebuah komitmen yang serius. Berdiskusi dengan calon pasangan adalah sebuah langkah yang sangat bijaksana. Hal ini dapat membantu Anda terhindar dari kemungkinan mengalami kesulitan-kesulitan.

  • Artikel ini diterjemahkan oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli berjudul 5 topics to discuss before married oleh Mayra Bitsko.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Mayra Bitsko is a freelance writer, the author of A Second Chance and The Past Beckons and holds a master's degree in business administration-accounting.

5 topik yang harus dibicarakan sebelum menikah

Pernikahan adalah komitmen yang serius. Melakukan diskusi dengan calon pasangan Anda tentu merupakan langkah yang sangat bijaksana demi meminimalisir masalah di masa depan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr